Mamah Gajah Ngeblog

Mamah Gajah Ngeblog (MGN) adalah subgrup dari komunitas ITB Motherhood khusus blogging. MGN berisi ibu-ibu alumni kampus Institut Teknologi Bandung yang memiliki kegemaran menulis di blog.

Tentang Mamah Gajah Ngeblog

Mulai eksis tanggal 2 Januari 2021, tujuan komunitas Mamah Gajah Ngeblog adalah agar Mamah anggota dapat saling silaturahmi dan saling berbagi ilmu sehingga bisa memperluas wawasan juga meningkatkan kapasitas diri sebagai blogger bersama-sama.

Kegiatan MGN

Kegiatan komunitas Mamah Gajah Ngeblog

Tantangan Blogging Bulanan

Salah satu kegiatan Mamah Gajah Ngeblog per bulan adalah Tantangan Blogging Bulanan
dimana tiap anggota ditantang untuk menulis artikel blog sesuai tema per bulan dan ketentuannya. Kegiatan ini memiliki target dan reward tertentu.

Buah karya kolaborasi bersama hasil tantangan blogging bulanan MGN adalah E-Book Fiksi ITB “Di Balik Ganesha 10”, yaitu kumpulan setoran tantangan MGN bertemakan Fiksi ITB.

menulis blog basic dasar

List Blog Mingguan

Kegiatan mengisi list, mengunjungi dan dianjurkan mengomentari artikel blog member yang mengikuti list mingguan dengan periode yang ditentukan. Kegiatan ini bertujuan untuk saling menyemangati kegiatan blogging, menambah kunjungan serta komentar, juga membuka mata pada tulisan blog lainnya.

MGNgariung

MGNGARIUNG adalah kegiatan kumpul-kumpul online bersama member untuk temu kangen, ngobrol dan sharing bersama. Tak terbatas dari itu, MGNGARIUNG juga bisa dimaksudkan mengumumkan informasi baru seperti pengumuman juara tantangan dan launching e-book bersama.

Sharing Ilmu

Sewaktu-waktu Mamah Gajah Ngeblog mengadakan sharing ilmu blogging yang bisa dipelajari anggota bersama-sama. Berikut beberapa sharing yang telah diadakan MGN:

Sharing Ilmu Blogging Untuk Pemula : Bagaimana cara memulai blog? Langkah apa yang harus dilakukan dan apa yang harus diperhatikan? Tonton di klip di atas ini.

SEO

Mengenal Search Engine Optimization – SEO adalah upaya optimasi agar website atau tulisan kita dalam rangking tinggi di mesin pencari internet. Biasanya, goal ambisiusnya adalah bisa masuk Google Page One atau halaman pertama mesin pencari Google. Kenapa penting ada di halaman pertama? Yuk dibaca sampai habis supaya lebih kenal menggunakan SEO ini.

Mgngariung menemukan gaya menulis blog sendiri.webp

Menemukan Gaya Menulis Blog Sendiri: Ada banyak blog tersebar di dunia, tapi bagaimana blogger bisa menemukan gaya menulis blognya sendiri? Apa saja yang harus dilakukan dan apa tantangannya? Nonton di Instagram Mamah Gajah Ngeblog ini.

E-Book Karya MGN : “Ilusi Di Balik Ganesha 10”

Ditulis oleh 24 Mamah member dan berisi 24 kisah fiksi berlatar kampus Institut Teknologi Bandung, “Ilusi Di Balik Ganesha 10” launching di bulan Februari 2023. Baca 24 ceritanya disini.

Kolaborasi

Mamah Gajah Ngeblog juga berkolaborasi dengan subgrup komunitas ITB Motherhood lainnya dengan semangat mengembangkan diri secara positif.

Workshop Menulis ITBMHTV x MGN x MAGATA bersama Astrida Hara : Penulis Buku Astrida Hara berbagi ilmu di Workshop “Mengubah Kegelisahan Menjadi Karya” di channel ITBMH TV Official yang dimana peserta workshop adalah member Mamah Gajah Ngeblog dan Mamah Gajah Bercerita (MaGaTa). Tonton videonya disini.

Liputan Livestream ITBMHTV x MaGaTa x MGN “Menembus Penerbit Mayor” : Thessalivia, salah satu mamah gajah yang bukunya diterbitkan oleh Gramedia berbagi tips untuk mamah gajah lainnya tentang apa yang dia lakukan untuk menembus penerbit mayor. Baca liputannya disini.

MGN dan MaGaTa

Instagram Live MaGaTa x MGN “Menulis dan Ngeblog : Serupa Tapi Tak Sama” : Dalam undangan live bersama Instagram Mamah Gajah Bercerita ini, narasumber Risna selalu admin MGN dan host Ilma membahas mengenai perbedaan kedua subgrup MaGaTa dan MGN yang sering dianggap mirip tapi tak sama. Baca selengkapnya disini.

Instagram
E-mail
Twitter
FB Page