5 Film Action Pilihan Untuk Dinikmati di Hari Ayah Nasional, dari Jason Momoa’s hingga Van Damme’s

“Papa, Papa, ada nyamuk nakal nih!” kata si gadis kecil yang sedang bermain di pinggir kolam sambil menggaruk lengannya.
Ohh Sayang, Sayang, sini Papa peluk kamu. Hush hush pergi sana nyamuk nakal! Papa akan melindungimu dari nyamuk ini, Sayang..” jawab sang ayah, Benjamin Arellano-Felix, terhadap putri kecilnya, Ruth, sembari memeluknya dengan penuh kasih sayang.

Ya! Bahkan pria seperti Benjamin, bos kartel narkoba Tijuana-Mexico yang terkenal kejam dan brutal pun menjalankan perannya sebagai ayah dengan sangat baik. Dia paham bahwa posisi seorang ayah, seperti halnya posisi ibu, merupakan tonggak dalam perkembangan emotional well-being anak. Keberadaannya dalam memberikan rasa aman jiwa dan raga adalah hal yang sangat penting bagi Ruth, putrinya. Tentu, dia tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini dan ingin selalu hadir ketika sang putri membutuhkannya.

Tiba-tiba saya teringat dengan tindakan ayah saya yang seanalog dengan pria yang sekarang ‘tinggal’ di penjara Amerika Serikat tersebut. Ketika duduk di bangku SMP, ada seorang kawan laki-laki yang nakalin saya. Begitu saya cerita ke Papah, tanpa banyak pertimbangan, beliau langsung datang ke sekolah untuk menemui kawan saya tersebut. Beliau berkata padanya agar tidak ‘macam-macam’ lagi terhadap saya. Guru dan beberapa teman yang melihat kejadian tersebut tidak berkutik, terdiam semuanya. Mungkin karena ayah saya memasang tampang menyeramkan demi melindungi putrinya. Sejak hari itu, saya tidak takut lagi untuk masuk sekolah. Terima kasih ya Papah. I love you, Papah.

Wah sungguh kesempatan yang tepat untuk mengucap rasa cinta kepada ayah kita, dan mengajak anak-anak kita untuk mengekspresikan sayangnya kepada sang ayah di Hari Ayah Nasional yang akan jatuh 3 hari lagi, pada tanggal 12 November.

Ide menonton film bersama keluarga bisa menjadi pilihan seru untuk bercengkrama satu sama lain di hari spesial tersebut. Berikut adalah 5 film menarik yang dapat ditonton di Netflix yang mengisahkan bagaimana seorang ayah ‘memberikan segalanya’ untuk sang buah hati.

1. Braven (2018)

(Dibuat dengan CANVA)

Meskipun skor di IMDB hanya 5.9, tapi film yang dibintangi Jason Momoa ini sangat seru, terutama bagi mamah pecinta film penuh aksi. Adalah Joe Braven, seorang tukang tebang kayu yang hidup adem ayem bersama istri, putri, dan ayahnya. Suatu ketika mereka ingin berlibur di kabinnya yang berada di tengah hutan. Tidak tahunya, kabin yang selama ini kosong, digunakan oleh teman Joe untuk menyimpan kokain milik pengedar narkoba besar. Kemudian, para penjahat tersebut memburu keluarga Braven. Joe bersama sang ayah, mengerahkan semua kemampuan yang mereka miliki untuk menghadapi mereka. Dan saat mengetahui putrinya dalam keadaan bahaya, Joe habis-habisan menyelamatkannya, berkorban penuh tanpa memperdulikan dirinya bisa mati dalam prosesnya.

Duh saya tidak habis pikir dengan para penjahat tersebut. Seharusnya mereka berterima kasih kepada keluarga Braven karena ‘sudah mau dititipin’ narkoba. Tetapi, ini kok malah berniat membunuh Joe Braven sekeluarga.

2. Sweet Girl (2021)

(Dibuat dengan CANVA)

Film ini juga diperankan oleh Jason Momoa, yang lagi-lagi berperan sebagai ayah yang baik dan badass. Beliau memang cocok membawakannya. Saya pun selalu merasa ‘aman dan tenang’ kalau beliau menjadi pemeran protagonis utama, karena para penjahat pasti kalah melawannya.

‘Sweet Girl’ mengisahkan tentang Ray Cooper yang dengan sabar dan penuh kasih sayang mendampingi istrinya yang menderita kanker stadium akhir, serta tetap menjalankan perannya sebagai ayah untuk putrinya, Rachel. Setelah beberapa lama, sang istri meninggal dunia. Ray Cooper menyalahkan sebuah perusahaan farmasi karena tidak jadi memasarkan obat kanker yang digadang-gadang manjur dan membuatnya ingin mencari tahu ‘apa’ dan ‘kenapa’-nya. Karena tindakannya, hidup dia dan putrinya berada dalam bahaya. Pihak perusahaan farmasi tersebut tidak mau bisnisnya ‘diobok-obok’ dan menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi mereka berdua. Keringat dan darah Ray keluarkan tanpa beban demi keselamatan Rachel, putrinya.

Walaupun terdapat twist yang berhubungan dengan kepribadian ganda, namun film ini suskes menggambarkan karakter ayah yang membanggakan.

3. Taken (2008)

(Dibuat dengan CANVA)

Wah saya yakin banyak mamah yang sudah menonton film ini dan memasukkannya ke list film favorit sepanjang masa. Nilainya pun cukup tinggi di IMDB, 7.8!

Liam Neeson, sama halnya dengan Jason Momoa, selalu sempurna memerankan karakter seorang ayah yang hebat dan bisa diandalkan. Di film ini, beliau bermain sebagai Bryan Mills, seorang mantan agen CIA yang harus menyelamatkan Kim, putrinya yang diculik ketika sedang bertamasya di Paris. Diketahui bahwa penculik putrinya yang sangat dia cintai tersebut adalah jaringan mafia Albania yang spesialisasinya human trafficking (perdagangan manusia). Bisa dibayangkan bagaimana kalutnya orangtua menghadapi masalah seperti ini.

Keahlian yang diperoleh Bryan selama menjadi agen CIA membuatnya bisa memburu para penjahat dan menyelamatkan putrinya SENDIRIAN! Atau yang dikenal dengan istilah ONE MAN SHOW. Sungguh sial nasib mereka karena dipertemukan dengan bapak-bapak middle-aged yang ‘mengerikan’.

Dua kata, BAGUUUUUUS BANGET!

4. The Last Mercenary (2021)

(Dibuat dengan CANVA)

Para penggemar Van Damme harap merapat. Kemampuan kingboxing-nya (dan split-nya) masih terlihat mengagumkan di usianya yang ke 60 tahun. Alur cerita film bergenre komedi action berbahasa Perancis ini pun tidak mengecewakan dan cukup menghibur. Tidak menyangka kalau beliau bisa beradegan kocak, terutama saat memakai wig berwarna pirang

Film The Last Mercenary ini memiliki beberapa kesamaan dengan film Taken. Sang ayah sama-sama seorang mantan agen yang punya skill mematikan. Sama-sama berlokasi di negara Perancis. Sama-sama seorang ayah yang rela mengorbankan hidupnya buat anaknya.

Van Damme berperan sebagai Richard Brumere, yang harus menyelamatkan putranya, Archibald, yang ditangkap oleh penegak hukum Perancis karena diduga terlibat dalam pengedaran senjata dan narkoba. Masalah yang dihadapi Archibald berbahaya dan rumit, dia harus bersinggungan dengan mafia. Dan, ya, ayah to the rescue!

Saya sedikit meneteskan air mata menontonnya, karena salut dengan ketulusan Richard Brumere dalam mengayomi putranya yang baru pertama kali ditemuinya.

5. War of The Worlds (2005)

(Dibuat dengan CANVA)

Satu lagi film action yang saya yakin banyak mamah yang menyukainya, ‘War of The Worlds’. Dari segi pemerannya yang top-notch, dimainkan oleh Tom Cruise yang tampan dan Dakota Fanning kecil yang cerdas dan menggemaskan. Dari segi alur ceritanya yang apik, yang diadaptasi dari novel karya H.G. Wells dengan judul yang sama. Dari segi cinematic-nya yang terlihat sangat nyata. Dari segi keseruan dan tegangnya, membuat para penonton ikut dag dig dug dan selalu waspada selama 2 jam filmnya berjalan. Dari segala sudut, film ini tidak ada celanya. Memang layak difavoritkan banyak penikmat film.

Mungkin Ray Ferrier tidak menduga bahwa akhir pekan yang seharusnya dia habiskan dengan bahagia tanpa hambatan bersama kedua anaknya, Robbie dan Rachel, menjadi agenda yang menakutkan. Pada hari itu planet bumi didatangi oleh para alien yang sangat jelas bermaksud jahat. Dengan menggunakan kendaraan robot berkaki tiganya, para alien tersebut menghancurkan seisi kota New York dan membunuh para manusia dengan laser. Sudah seperti kiamat, kepanikan melanda semua penduduk, begitu banyak manusia bertebaran lari ke sana kemari tanpa arah demi menghindari tembakan robot.

Ray mati-matian melindungi kedua anaknya serta membawa mereka ke Boston, area aman yang sudah dilindungi pihak militer yang juga sekaligus merupakan kota tempat sang ibu tinggal. Dia rela berbuat hal-hal yang membahayakan, melanggar banyak aturan, hingga membunuh seseorang demi menjaga kedua buah hatinya. Tetapi semua pasti ada hikmahnya, berkat kejadian menegangkan ini, Rachel dan (terutama) Robbie menjadi lebih dekat dan makin sayang kepada sang ayah yang sudah bercerai dengan sang ibu.

Bagi mamah yang sudah pernah menonton, tidak ada salahnya menonton film SciFi ini lagi. Saya menjadi lebih paham dengan konfliknya setelah menonton untuk kedua kalinya. Sedangkan untuk para mamah yang belum menonton, segera tentukan hari untuk menikmatinya bersama keluarga tercinta.

Penutup

Bagaimana, Mah? Apakah diantara film tersebut, ada yang sudah membuat Mamah tertarik? Tentunya, pendampingan kedua orangtua diperlukan jika usia putra putri belum cukup untuk menikmati adegan berantem, kekerasan, dan keberadaan darah di sana sini yang biasa disajikan film bergenre action. Oleh karena itu, rekomendasi 5 film di atas bisa menjadi pilihan untuk ditonton Mamah bersama keluarga tecinta di akhir pekan ini. Jangan lupa siapkan cemilan yang banyak ya, Mah!

Ohya, Mah, share di kolom komentar, yuk, kalau ada film recommended yang berbeda (baik yang berjenis penuh aksi atau lainnya) yang PAS ditonton di Hari Ayah Nasional.

Default image
Sri Nurilla
Wanita Indonesia
Articles: 3

8 Comments

  1. Dari 5 film yang disebut aku baru nonton 2: Taken dan War of the Worlds. Pengen nonton 3 yang lain, tapi bisa ditonton di mana ya film2 tersebut?

  2. Aku belum nonton semua, karena ga terlalu suka film action hehe. Terimakasih rekomendasinya Uril, kayanya yang sweet girl menarik juga.

  3. Waaaah aku kebayang Papanya Uril datang dengan muka tegas menegur teman yang ganggu 😍😍 bapak idaman 🤭

    Papaku meski statusnya prajurit berseragam tapi kayaknya kalau anak perempuannya ada yang ganggu gak akan sampe datang ke sekolah.. err, tapi itu kayaknya lebih karena akunya yang udah preman duluan sifatnya. Jangan2 aku yang ganggu orang 😆

  4. Duh Teh, ayah teteh juara, ya.

    Btw ini pas banget topiknya sama kejadian hari ini. Si little princess di rumah kami yang baru sebulan ini sekolah, cerita kalau dia kesulitan berteman …. Pas kuceritain ke suami, dia cemasnya bukan main. Sampai-sampai paksu mau ikut njemput anak ke sekolah, buat mengamati gimana interaksi anak kami sama teman-temannya. Paksu yang biasanya pendiam di rumah, hari ini ngasih banyak sekali saran ke si kecil buat berteman. Ini so sweet banget buat aku…. 🥰

    Filmnya aku cuma pernah nonton Taken. Penasaran banget sama The Last Mercenary karena ada unsur komedinya. Wars of The World, meski kurang minat karena sci-fi, tapi juga pengen nonton deh, soalnya ada Tom Cruisenya, hahaha ….

  5. asyiikkkk … thanks ya teh
    no.5 mupeng banget nih.
    aktornya mantap … eh itu film tahun 2005 ya, aku kok gak ngeh ya? oya aku nonton narnia, madagascar, harry potter di tahun itu bareng bocil.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: