Pengumuman Juara Tantangan Blogging MGN November “Pelajaran Hidup di Tahun 2021”

Walaupun banyak pengalaman mengharu biru yang dilalui para mamah di tahun 2021 ini, namun alhamdulillah puji syukur, semua mamah berhasil melaluinya dengan lapang dada. This shall pass, kata suatu pepatah bijak. Dan, ya, semua mamah juga sepakat bahwa naik turunnya suatu perjalanan hidup adalah ujian yang akan membuat ‘naik kelas’. Tidak berada di level beginner terus, tetapi makin naik ke level intermediate atau bahkan advance.

Tidak hanya itu saja, dari semua 21 tulisan mamah yang masuk Tantangan Blogging MGN November dengan tema Pelajaran Hidup di Tahun 2021 kali ini terdapat benang merah, yakni:

  1. Bergabungnya mamah dengan MGN mengasah kemampuan menulis dan mengingatkan untuk kembali ‘menghidupkan’ blognya.
  2. Mamah selalu melibatkan Yang Maha Kuasa dalam setiap detail yang terjadi dalam hidupnya.
  3. Semua kesulitan terdapat suatu berkat dan pelajaran yang membuat para mamah makin dewasa dan bijaksana.

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Setuju kan, Mah, jika kita tidak harus mengalami suatu hal sendiri? Belajar dari pengalaman orang lain juga menambah perbendaharaan rasa syukur kita dan ‘keahlian’ kita dalam menghadapi dunia.

Itulah yang saya pribadi dapatkan (dan kemungkinan besar para mamah semua) setelah membaca tulisan para mamah.

Pelajaran hidup pun dapat diperoleh lintas usia, seperti Mamah Dewi yang mendapat value dari sang putri tercinta sebagai sumber inspirasi beliau dalam mencintai AlQuran.

Pada akhirnya, kita hanya bisa bersyukur padaNya, seperti quote yang dituliskan Mamah Alfi, dari sebuah lirik lagu meaningful milik grup band D’Masiv, “Syukuri apa yang ada, hidup adalah anugerah, tetap jalani hidup ini, melakukan yang terbaik, Tuhan pasti kan menunjukkan, kebesaran dan kuasaNya, bagi hambaNya yang sabar, dan tak kenal putus asa…”

Terima kasih sudah berbagi pengalaman berharganya ya Mah! Hat off untuk mamah semua!

Data Setoran Tantangan MGN November 2021

  1. Restu Eka Pratiwi http://www.restuekapratiwi.com/2021/11/things-i-remember-about-2021.html?m=1
  2. Andina Rezki https://www.sunglowmama.my.id/dear-2021-pelajaran-darimu/
  3. Dewi Laily Purnamasari https://dewilailypurnamasari.wordpress.com/2021/11/04/cinta-mewarnai-perjalananku-pada-tahun-2021/
  4. Agitha Yusuf https://chupauchup.wordpress.com/2021/11/30/2021-belajar-menjadi-arsitek-kembali/?preview=true
  5. Risnawaty https://risna.info/2021/11/06/belajar-dan-berkarya-di-tahun-2021/
  6. Riskawati Chandra https://ibuchandrariska.wordpress.com/2021/11/30/menjelang-akhir-2021/
  7. Anggun Oktari http://bagjasugema.blogspot.com/2021/11/kilas-balik-2021.html
  8. Afina Raditya https://brightsightrads.wordpress.com/2021/11/29/kilas-balik-tahun-2021/
  9. Nessia Adista http://echaadista.blogspot.com/2021/11/syukur-dan-sabar-di-tahun-2021.html?m=1
  10. May Sari Hendrawati https://sereleaungu.com/pelajaran-hidup-di-tahun-2021/
  11. Sari Rochmawati https://rochma-writer512.blogspot.com/2021/11/menyadari-dan-menerima-takdir-baik-dan.html
  12. Nurul Nanda Khoiriyah https://nandaamakusa.blogspot.com/2021/11/belajar-dari-luka-dan-ujian-di-2021.html
  13. Marati Husna https://maratihusna.com/2021-rewind
  14. Yulianti Haratulisanah http://www.haratulisanah.com/2021/11/pengalaman-hidup-di-tahun-2021.html
  15. Nurfitri Anbarsanti https://anbars.net/2021-failures-self-esteem/
  16. Alfi Prajawati Ajiejah https://athousandtraces.blogspot.com/2021/11/bersyukur-untuk-2021.html
  17. Dearni Irene Purba https://notingly.com/2021/11/30/hidup-ini-adalah-kesempatan/
  18. Ayu Hernasari Hardi https://ayuhardi.wordpress.com/2021/11/30/dua-ribu-dua-puluh-satu/
  19. Mutiara Laksminingrum Sidharta https://mutilaksmi.blogspot.com/2021/11/tahun-2021-ku.html
  20. Sri Nurilla Fazari https://fsrinurillacom.wordpress.com/2021/11/30/thank-you-2021-next/
  21. Heidyanne R. Kaeni http://heidykaeni.blogspot.com/2021/11/hidupku-di-tahun-2021.html

Terima kasih untuk mamah juri bulan November yang bertugas: Mamah Dea, Mamah Mutiara, Mamah Yuli, Mamah Sari, dan Mamah Heidy.

Kelima mamah juri sampai bingung menentukan tulisan mana yang menempati posisi 10 besar, saking nilainya mepet-mepet karena semua tulisan menyampaikan hikmah hidup yang luar biasa.

“Kalau hadiahnya banyak, semua jadi juara yak,” Mamah Juri Yuli menimpali.

Baiklah, mari kita simak bersama daftar peringkat 10 besar artikel terbaik, 5 tulisan terfavorit, dan 5 penyetor tercepat.

10 Besar Artikel Terbaik Tantangan Blogging MGN November 2021

  1. May Sari: “Pelajaran Hidup di Tahun 2021” https://sereleaungu.com/pelajaran-hidup-di-tahun-2021/
  2. Riskawati Chandra: “Menjelang Akhir 2021” https://ibuchandrariska.wordpress.com/2021/11/30/menjelang-akhir-2021/
  3. Sri Nurilla Fazari: “Thank You, 2021! Next?” https://fsrinurillacom.wordpress.com/2021/11/30/thank-you-2021-next/
  4. Afina Raditya: “Kilas Balik Tahun 2021” https://brightsightrads.wordpress.com/2021/11/29/kilas-balik-tahun-2021/
  5. Nessia Adista: “Syukur dan Sabar di Tahun 2021” http://echaadista.blogspot.com/2021/11/syukur-dan-sabar-di-tahun-2021.html?m=1
  6. Restu Eka Pratiwi: “Things I Remember About 2021” http://www.restuekapratiwi.com/2021/11/things-i-remember-about-2021.html?m=1
  7. Anggun Oktari: “Kilas Balik 2021” http://bagjasugema.blogspot.com/2021/11/kilas-balik-2021.html
  8. Andina Rezki: “Dear 2021, Ini Pelajaran Darimu” https://www.sunglowmama.my.id/dear-2021-pelajaran-darimu/
  9. Risna: “Belajar dan Berkarya di Tahun 2021” https://risna.info/2021/11/06/belajar-dan-berkarya-di-tahun-2021/
  10. Dewi Laily Purnamasari: “Cinta Mewarnai Perjalananku Pada Tahun 2021” https://dewilailypurnamasari.wordpress.com/2021/11/04/cinta-mewarnai-perjalananku-pada-tahun-2021/

Lima Juara Favorit

  1. Sri Nurilla F: “Thank You 2021! Next?” https://fsrinurillacom.wordpress.com/2021/11/30/thank-you-2021-next/
  2. Restu Eka Pratiwi: “Things I Remember About 2021” http://www.restuekapratiwi.com/2021/11/things-i-remember-about-2021.html?m=1
  3. DIP: “Hidup Ini Adalah Kesempatan” https://notingly.com/2021/11/30/hidup-ini-adalah-kesempatan/
  4. Nurfitri Anbarsanti: “2021 Failures Self Esteem” https://anbars.net/2021-failures-self-esteem/
  5. Sari Rochmawati: “Menyadari dan Menerima Takdir Baik dan Buruk” https://rochma-writer512.blogspot.com/2021/11/menyadari-dan-menerima-takdir-baik-dan.html

Lima Penyetor Tercepat

  1. Dewi Laily Purnamasari: “Cinta Mewarnai Perjalananku Pada Tahun 2021” https://dewilailypurnamasari.wordpress.com/2021/11/04/cinta-mewarnai-perjalananku-pada-tahun-2021/
  2. Sari Rochmawati: “Menyadari dan Menerima Takdir Baik dan Buruk” https://rochma-writer512.blogspot.com/2021/11/menyadari-dan-menerima-takdir-baik-dan.html
  3. Andina Rezki: “Dear 2021, Ini Pelajaran Darimu” https://www.sunglowmama.my.id/dear-2021-pelajaran-darimu/
  4. Nurul Nanda Khoiriyah: “Belajar Dari Luka dan Ujian di 2021” https://nandaamakusa.blogspot.com/2021/11/belajar-dari-luka-dan-ujian-di-2021.html
  5. Risna: “Belajar dan Berkarya di Tahun 2021” https://risna.info/2021/11/06/belajar-dan-berkarya-di-tahun-2021/

Komentar Juri

Setelah 10 kali MGN mengadakan Tantangan Blogging, kemampuan menulis para mamah gajah makin baik, dari segi konten, estetika, dan teknis. Hal tersebut terbukti dari makin singkatnya catatan juri.

Dalam Tantangan November ini, para mamah juri menggarisbawahi hal-hal yang mengurangi nilai teknis, sebagai berikut:

  1. Beberapa menulis tautan dalam bentuk aslinya, bukan hyperlink.
  2. Beberapa orang menulis kata kunci tidak sama persis dengan yang diminta.
  3. Beberapa orang menyematkan tautan yang salah. Waktu diklik, malah masuk ke halaman tantangan September.

Tidak ketinggalan, Mamah Juri Mutiara juga menekankan agar meskipun terkesan sepele, kita belajar sama-sama untuk mengikuti ketentuan penulisan. (Wah, saya pribadi setuju dengan hal ini, karena ketaatan adalah kunci keberhasilan)

Selamat untuk para mamah yang menjadi juara, namun sesungguhnya semua yang sudah ‘menaklukkan’ Tantangan Blogging MGN adalah JUARA. Yang belum disebut, tetap semangat ya, Mah! Masih ada kesempatan di tahun depan.

Sampai ketemu lagi di Tantangan Blogging MGN bulan Januari 2022, Mah!

“2022, Let’s Break A Leg!!” — meminjam quote memorable favorit Mamah Afina —

Sri Nurilla
Sri Nurilla

Wanita Indonesia

Articles: 19

5 Comments

  1. Yay, semoga 2022 makin banyak mamah yang semangat menuliskan apa saja yang bisa jadi pelajaran untuk sesama, terutama dari mamah untuk mamah. Makasih mah Uril sudah meresumekan hasil pengumuman bulan ini.

    Bulan Desember libur tantangan, semoga nggak jadi kosong blog nya ya mamah semua. Semangat memasuki 2022 dengan ide-ide tulisan berikutnya!

  2. selamat ya para mamah kesayangan yang telah bersama-sama mengikuti tantangan dari bulan ke bulan … kalian semua juara.

    mahjurnya juga keren nih bisa ada inovasi pemilihan pemenang favorit dengan cara blogwalking … jadi bisa baca semua artikel walau tak jadi juri he3 …

    salam semangat

  3. Aku senang banget baca tulisan-tulisan Mamah Gajah Ngeblog ini, benang merahnya MGN. Senang agak haru karena bisa ajak mamah2 nulis blog, walau semua kembali ke parah Mamah sih dari niatnya. Makasih juga teh Uril sudah ikut aktif ya

  4. Nuhun teteh2 juri yg luar biasa. Sbg yg msh blm serius ngeblog sptnya kemampuan baca, nulis, dan memahami bacaan tehjur smua luar biasa. Keren2 kisah teteh2 di bulan ini terutama para juara hehe. Benang merahnya relate banget hehehe. Nuhun Teh Uril udah merangkum semuanya 😀

Tinggalkan Balasan ke RisnaCancel Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: