mgn-featured-image-zero-waste-2024.jpg

Yuk Ikutan Zero Waste Blog Challenge!

Yuk Ikutan Zero Waste Blog Challenge! – Halo Mamah! Dalam rangka Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79, Mamah Gajah Ngeblog mengadakan blog challenge dengan tema “Zero Waste“.

Sebagai ibu, kita memegang peran penting dalam keluarga dan masyarakat. Kita selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk keluarga, dari merencanakan menu sehat hingga mendidik anak kita dengan nilai-nilai yang baik. Tapi, pernahkah kita berpikir bahwa kita juga bisa memberikan dampak positif bagi bumi yang akan mereka warisi?

Melalui tantangan ini, mari kita bersama-sama belajar dan berbagi cara kreatif untuk mengurangi limbah dan menjalani gaya hidup lebih ramah lingkungan.

Zero waste adalah sebuah praktek hidup yang berkesadaran dan bijak dalam mengkonsumsi. Salah satu strategi yang mudah diingat adalah prinsip 3AH yakni Cegah, Pilah, Olah, yang dipopulerkan oleh Ibu DK Wardhani.

Dengan menerapkan prinsip zero waste, kita tidak hanya membantu menghemat sumber daya alam, tetapi juga memberikan teladan positif bagi anak kita tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Selain itu, hidup dengan lebih sedikit limbah berarti hidup dengan lebih sedikit barang, yang dapat membantu kita fokus pada hal-hal yang benar-benar penting.

Dalam semangat Hari Kemerdekaan, mari tunjukkan bahwa cinta tanah air tidak hanya melalui upacara dan perayaan, tetapi juga dengan menjaga kelestarian lingkungan.

Mamah Gajah Ngeblog mengajak Mamah untuk bergabung dalam tantangan blog ini. Tulis dan bagikan pengalaman serta tips Mamah tentang bagaimana menerapkan gaya hidup zero waste dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Pengalaman Pribadi: Bagikan perjalanan Mamah menuju gaya hidup zero waste. Apa yang memotivasi Mamah untuk memulai? Apa tantangan yang Mamah hadapi dan bagaimana cara mengatasinya?
  2. Tips Praktis: Seperti mulai dari mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, membuat kompos, hingga memilih produk ramah lingkungan.
  3. Strategi untuk Memulai: Terutama bagi Mamah yang belum pernah mempraktekannya. Misalnya, menceritakan langkah yang paling ingin dilakukan Mamah, alasan belum bisa memulai, juga kendalanya.
  4. Resep Zero Waste: Misalnya, memanfaatkan sisa-sisa sayuran untuk membuat kaldu, atau membuat kudapan dari kulit buah yang biasanya dibuang.
  5. DIY (Do It Yourself): Bisa berupa tutorial membuat tas belanja dari kain bekas, sampo alami.

Bebaskan gagasan Mamah! Masih banyak lagi perihal zero waste lifestyle yang bisa Mamah kembangkan.

Syarat dan Ketentuan:

  1. Mamah peserta merupakan anggota ITB Motherhood
  2. Mencantumkan narasi sesuai ketentuan jumlah kata
  3. Platform blog bebas dan minimal berusia 3 bulan
  4. Boleh menampilkan foto untuk melengkapi cerita, dengan menyertai sumber jika bukan dokumentasi pribadi
  5. Boleh menonton ulang IG live MGNgariung “Chit Chat Zero Waste Untuk Indonesia”, juga boleh mencari referensi lain praktik minim sampah sebagai referensi
  6. Tulisan harus hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan ke media lain
  7. Tulisan tidak boleh mengandung unsur politik, SARA, dan pornografi
  8. Periode menulis dari tanggal 9 September hingga 24 Agustus 2024
  9. Tulisan minimal berjumlah 500 kata
  10. Wajib mengikuti akun Instagram Mamah Gajah Ngeblog
  11. Jangan lupa untuk membagikan artikel Mamah di Instagram dengan tagar #MGNZeroWasteBlogChallenge #MGNBlogChallenge2024
  12. Mengisi formulir Zero Waste Blog Challenge berikut

Semua Mamah peserta akan memperoleh badge keikutsertaan yang didesain apik oleh Mamah Andina.

Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri atas: Mamah Admin MGN, Mamah Jade, dan juri tamu Ibu Hani, seorang penulis buku dan blogger senior.

Tiga artikel terbaik akan mendapatkan hadiah menarik! Produk-produk sustainable karya Mamah Jade seperti kompos (cair/ padat), sabun lerak, eco-enzym, notes/ wadah dari kertas daur ulang, sapu tangan sebagai pengganti tisu, dan kelas belajar zero waste.

Penutup

Tunggu apa lagi, Mah? Mari bergabung dalam tantangan ini dan bersama-sama kita ciptakan perubahan positif bagi Indonesia sebagai bentuk cinta tanah air.

Semoga semangat zero waste ini bisa menjadi langkah kecil kita untuk menjaga bumi. Selamat menulis, Mamah!


Mamah Gajah Ngeblog
Mamah Gajah Ngeblog

Komunitas Anggota @itbmotherhood yang Hobby Menulis di Blog

Articles: 21

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *