rambut rontok melahirkan

Merawat Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Merawat Rambut Rontok Setelah MelahirkanSetelah melahirkan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh ibu. Salah satunya adalah rambut rontok. Saya juga sempat shock melihat banyak rambut berserakan di lantai, tersangkut di sisir, belum lagi di kamar mandi. Rambut rasanya jadi lebih tipis dan rapi.

Umum Dialami Para Ibu

Kalau Mamah juga mengalami ini jangan kaget dan panik kaya saya ya Mah, karena ternyata 87% perempuan mengalami postpartum hairloss. Hal ini terjadi akibat kekurangan hormon esterogen yang berpengaruh terhadap siklus pertumbuhan rambut.

Kerontokan ini umumnya dimulai 2 bulan pasca melahirkan hingga 4-5 bulan. Namun jika berlanjut, berarti harus mulai mengkaji aspek lain nih, Mah selain dari faktor menyusui dan perubahan kadar hormon estrogen. Misalnya, faktor genetik, inflamasi kulit kepala (seboroik), stres, obat-obatan, dan malnutrisi.

Perawatan Rambut Rontok

Kalau siklus tumbuh rambutnya berubah dan lebih sering rontok, perawatan dan cara keramasnya juga harus diubah dong?

Sebenarnya sih tidak ada perawatan khusus yang berbeda hanya saja memang harus lebih diperhatikan agar rontoknya tidak semakin parah.

Apa saja yang diperhatikan? Tentu saja, faktor risiko kerontokan secara umum seperti nutrisi, kandungan sampo, dan manajemen stres, juga frekuensi keramas.

Nah loh, frekuensi keramas ternyata berpengaruh ya?

Iya, menurut Mamah Dara, kebutuhan setiap orang itu berbeda, jadi memang tidak setiap orang harus keramas setiap hari. Tergantung aktivitas juga karakteristik kulit kepalanya. Kalau frekuensinya tidak tepat, alih-alih sehat dan bersih, rambut malah jadi rentan rontok.

Kalau soal kandungan sampo, ternyata ada beberapa bahan yang wajib dihindari untuk menyelamatkan rambut rontok. Nah, untuk tahu lebih detailnya, silakan cek pembahasannya di kanal ITB Motherhood TV (ITBMH TV) ya, Mah! Semuanya dibahas dengan detail bersama Mamah Dara Farhaniza CEO dari Yagi Natural.

Tonton videonya di sini ya, Mah!

Kalau pengalaman Mamah gimana, nih? Perawatan rambut seperti apa yang dilakukan untuk mengurangi kerontokan pasca melahirkan? Bagikan di kolom komentar ya, Mah!

Laksita Kharima
Laksita Kharima
Articles: 12

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *