Tantangan Blogging MGN April 2023: Landmark Kota (Dalam dan Luar Negeri) yang Sudah atau Ingin Dikunjungi

Pffiuh tantangan Maret sudah terlewati dengan lancar dan mengasyikkan. Ada beragam life hacks yang bisa dipraktekkan segera nih Mah. Alhamdulillah.

Untuk tema tantangan April, setelah dikocok, terpilihlah “Landmark Kota (Dalam dan Luar Negeri) yang Sudah atau Ingin Dikunjungi” . Tema ini merupakan ide Mamah Aiti yang ‘rumahnya’ ada di Aity’s Zone.

Secara definisi, landmark kota adalah fitur fisik atau bangunan ikonik atau terkenal di suatu kota atau daerah tertentu. Landmark kota biasanya dianggap sebagai simbol kota yang memainkan peran penting dalam identitas kota dan daya tarik turis.

Contoh landmark yang terkenal di dunia antara lain: Giant’s Causeway di Irlandia, Machu Picchu di Peru, Piramida Agung Giza di Mesir, atau Burj Khalifa di Dubai. Sementara di Indonesia, landmark kota yang ikonik termasuk bangunan bersejarah Monumen Nasional (Monas) di Jakarta, masterpiece arsitektur Candi Borobudur di Magelang, dan Gunung Bromo yang eksotis di Jawa Timur.

Seperti biasa, Mah, untuk tantangan kali ini pun kebebasan menulis ada di tangan Mamah. Mau menceritakan tentang landmark yang sudah pernah dikunjungi; yang pengen banget dikunjungi tapi belum kesampaian; yang pernah mampir dalam mimpi Mamah. Semua boleh. Bahkan Mamah juga boleh menciptakan karakter fiksi dan hubungannya dengan landmark kota nyata yang ingin diangkat kisahnya.

Mungkin Mamah berharap bisa melihat Sacre-Coeur Basilica secara langsung sesudah menonton “John Wick 4”, atau ingin sekedar menjejak kenangan dengan jalan-jalan mengelilingi kampus tercinta ITB. Monggo ya Mah, dituliskan.

Ohya Mah, terkait dengan keagamaan, kali ini Mamah diperbolehkan mengulas landmark yang merupakan tempat beribadah umat beragama. Bagaimanapun ada banyak landmark religi, baik di kota suci masing-masing agama, maupun di kota lain yang terlalu memikat untuk dilewatkan.

Akan tetapi untuk menjaga netralitas dan supaya tetap sesuai tema, mohon agar landmark yang dipilih adalah yang bisa dikunjungi oleh semua orang dan dituliskan dalam konteks sejarah maupun arsitektur/landscape-nya saja Jika ada makna spiritual dari tempat tersebut, yang sangat ingin Mamah ceritakan, silahkan Mamah simpan sebagai ide tulisan di lain kesempatan ya Mah.

Selain itu, mohon perhatikan juga ketentuan tantangan yang berlaku berikut ya Mah.

Ketentuan Umum Tantangan Blogging MGN

  • Peserta telah menjadi anggota Mamah Gajah Ngeblog dan mengisi formulir pendaftaran member 2023
  • Tulisan minimal berjumlah 500 kata dan maksimal 1000 kata (tidak termasuk caption foto)
  • Peserta menulis tulisan blog sesuai dengan tema Tantangan Blogging bulanan MGN yang telah ditentukan
  • Peserta hanya bisa menyetor 1 link tulisan yang berisi ketentuan lengkap Tantangan MGN
  • Periode menulis dari tanggal 31 Maret hingga 14 April. Formulir ditutup pada tanggal 14 April jam 23.59 WIB
  • Memberikan link ke halaman ini di anchor text ‘Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog’
  • Menaruh banner Tantangan Blogging MGN 2023 dalam artikel. Download banner di sini
  • Mengisi formulir setoran Tantangan Blogging MGN. Jika terkendala mengisi form di bawah, bisa mengisi melalui link ini
  • Peserta mengutamakan mengisi formulis setoran, kemudian mengisi list blogwalking di dalam grup Telegram Mamah Gajah Ngeblog
  • Tanggal 15 hingga tanggal 19 April periode voting 4 kategori (relatable, unik, enak dibaca dan surprise reward)
  • Juara favorit dihitung dari total 3 kategori (relatable, unik, dan enak dibaca)
  • Peserta dipersilahkan membagikan/mengkampanyekan pada umum untuk memilih tulisannya dalam form voting agar terpilih sebagai tulisan populer

Hadiah Tantangan Blogging MGN

  • 5 Penyetor Tercepat mendapatkan badge menarik
  • 10 Penyetor Tercepat mendapat tambahan poin, maksimal pengumpulan adalah 3 hari. Lima penyetor pertama akan memperoleh poin setara 3 votes dan 5 penyetor kedua memperoleh poin setara 2 votes
  • 10 Juara Favorit yang terpilih mendapatkan badge menarik
  • 5 Mamah juara lainnya mendapatkan badge masing-masing sesuai kategorinya
  • Konsisten menyetor artikel Tantangan Blogging MGN per bulan mendapatkan E-certificate setahun
  • Mamah Host yang rajin mendapatkan badge menarik

Penutup

Baiklah, Mah. Mari kita bersenang-senang dengan mencurahkan gagasan dan ilham menjadi sebuah tulisan tantangan yang ciamik.

Ohya, tantangan April kali ini akan ada surprise gitf-nya lho. 🙂

Selamat berkarya, Mamah!



Sri Nurilla
Sri Nurilla

Wanita Indonesia

Articles: 45

8 Comments

  1. […] Tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan April kali ini tentang Landmark Kota dalam negeri dan luar negeri yang pernah dikunjungi atau ingin dikunjungi. Saya jadi putar otak, Landmark Kota mana nih yang akan diangkat. Akhirnya memutuskan Kota Banyuwangi saja, sebagai ibukota Kabupaten Banyuwangi, sebuah kabupaten di ujung timur pulau Jawa. […]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *