menonton film di rumah

Tema Tantangan MGN Juni: Film Keluarga

Halooo. Siapkah Mamah dengan tantangan baru di bulan ini? Siaaap, doong.

Mungkin mamah dan tentunya para juri tantangan MGN Mei ‘cukup kenyang’ dengan tema bulan lalu 🙂 Nah, bulan ini mari kita rileks bersama kerabat dengan tema FILM KELUARGA.

Simak ketentuan penulisannya di bawah ini:

Ketentuan Tantangan MGN Juni 2021

Tema Tantangan Juni 2021: FILM KELUARGA

Ketentuan:

– Peserta telah menjadi member ITB Motherhood dan member Mamah Gajah Ngeblog. Daftar jadi member Mamah Gajah Ngeblog disini http://bit.ly/FormMamahGajahNgeblog

– Tulisan dibuat pada periode bulan Juni 2021
– Tema artikel berupa Film bergenre Family (Keluarga) atau bercerita tentang keluarga genre bebas

– Durasi film minimal atau kira-kira 60 menit.
– Artikel menyebutkan sinopsis cerita film dan ulasan tentang film yang dipilih.
– Minimal 500 kata
– Menyebutkan Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog dalam artikel
– Memasukkan hyperlink https://mamahgajahngeblog.com/tema-tantangan-mgn-juni-film-keluarga/ ke dalam teks ‘Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog’
– Memasukkan banner Tantangan Blogging Bulanan MGN. Download disini jika belum http://bit.ly/BannerTantanganMGN
– Submit tulisan di form Tantangan MGN Juni sebelum deadline artikel 30 Juni 2021 pk 24.00 WIB

– Membagikan tulisan setoran ke social media (facebook/instagram/twitter) dan tag akun Mamah Gajah Ngeblog dengan caption menarik (Ketentuan tambahan dan tidak diwajibkan)

Hadiah Tantangan MGN Juni 2021

Menyetorkan Artikel Tantangan MGN Juni 2021

Untuk menyetorkan artikel, peserta mengisi formulir setoran di bawah ini. Peserta dapat bergabung jika sudah mengisi form member.

Nah, itu tadi ketentuan tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan Juni ini. Ditunggu setorannya ya, Mah!

Data Setoran Tantangan MGN Juni 2021

Pemenang Tantangan MGN Juni 2021

Kesan dan Pesan Juri Tantangan MGN Juni 2021

Andina:
Menurutku reviewnya bagus-bagus, jadi punya banyak rekomendasi film. Beberapa masih ada yg ‘keterusan’ menulis spoiler tanpa aba-aba, dan masih ada yg kurang terstruktur (tidak ada subjudul). Oya, menulis sinopsis sebaiknya tidak usah terlalu detil, jd ringkas saja dan tentunya jgn sampai habis diceritain (orang jd udah ga ada poin nonton krn udah tahu endingnya).

Restu:
Sudut pandang yang diambil untuk reviewnya menarik menarik. Bahkan untuk film yang sama pun karena POV-nya berbeda jadi bisa lihat dari sisi yang berbeda. Buat teknis ada yang masih lupa banner 🙈 jadi tidak bisa diikutkan ke penilaian. Masih ada yang kurang konsisten dalam menyebut diri aku – saya.

Ada juga yang kalimatnya bersayap panjang sampai beberapa koma 😬 Tapi ini soal selera sih ya. Lalu terakhir, kalau saya pribadi menyarankan untuk menyebutkan tempat nonton film yang diulas entah legal streaming atau cara nonton yang lain. Jadi kalau ada yang tertarik nonton bisa langsung cuss menuju tempat tujuan 😄

Shanty:
Dimensi foto dan peletakannya coba lebih diperhatikan. Jangan terlalu mungil juga. Enak dilihat kalau lebar foto sama dengan lebar tulisan. Biasanya sekitar 1200-an px. Tinggi bisa menyesuaikan. Banyak yang suka pakai proporsi 9:16 (1280 x 720 px). Pilih opsi original size.

Jangan lupa, biar loadingnya nggak berat pastikan ukurannya nggak lebih dari 100-an kb. Google selalu suka dengan website yang loadingnya cepat.

Tambahan juga soal kedisiplinan menggunakan HEADING yang tepat untuk subjudul. Masih banyak yang secara SEO menggunakan Heading 3 untuk subjudul atau tidak menggunakan Heading 1 untuk judul utama.

Anggun:
Menjadi juri tantangan bulan ini seru sekali. Alhamdulillah, selain menambah list tontonan, karena blogwalking ke banyak tulisan jadi membuka mata juga cara menulis blog yang menarik itu gimana.

Untuk ulasan, sudah banyak ditulis teteh-teteh lainnya. Di beberapa review ada yang menceritakan dengan detil adegan per adegan, bahkan ditulis pula spoiler akhir cerita. Kalau seperti itu kan jadinya ga penasaran lagi buat ditonton… hehe.

Setelah jadi pembaca juga jadi menyadari, sub judul itu sangat penting untuk sebuah tulisan yang panjang. Membacanya jadi bisa ngarenghap dulu dan jadi tau oh paragraf ini tuh lagi membahas ini loh.

Ika:
Seru karena pemilihan filmnya variatif. Menarik juga memperhatikan teknik mengulas setiap orang yang berbeda-beda. Ada yang fokus dengan banyak quotes, banyak snapshot dan ada yang malah kebanyakan spoiler. 😁

Untuk estetika, menurut saya akan lebih bagus kalau semua unsur itu seimbang. Jadi ga terlalu sumpek baca tulisan melulu, atau kebanyakan gambar dan quotes. Gambar sebaiknya jangan terlalu kecil, apalagi kalau ada text yang bisa dibaca. Memakai sub-judul (seperti kata teh Anggun) juga perlu supaya tulisan tetap terlihat menarik dan provokatif, membuat pembaca betah melanjutkan untuk terus membaca sampai akhir.

Selamat kepada para pemenang! See you in the next challenge 🙂

Default image
Mamah Gajah Ngeblog
Komunitas Anggota @itbmotherhood yang Hobby Menulis di Blog
Articles: 5

13 Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: