5 Fitur Menarik Pada Aplikasi InShot

Semenjak berkembangnya teknologi pada handphone dan meningkatnya kebutuhan untuk komunikasi melalui foto atau video di media sosial, editing foto dan video menjadi bagian kegiatan yang tidak terpisahkan. Kegiatan ini menjadi tidak asing lagi bagi kita yang awam di dunia grafis karena sudah dimudahkan dengan aplikasi-aplikasi editor foto dan video yang user friendly, salah satunya adalah InShot.

Aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk editing foto dan video kelas amatir tapi rasa pro dan dapat diunduh gratis tapi sebagai kompensasinya ada iklan dan tidak semua fitur bisa digunakan. Mamah bisa membeli atau berlangganan aplikasi InShot Pro di-App Store atau Google Play. Versi pro akan memberikan akses penuh kepada mamah (user) untuk menggunakan fitur-fitur berbayar serta bebas dari watermarks dan iklan.

InShot memiliki fitur-fitur cukup lengkap untuk melakukan editing foto dan video seperti crop, rotate, filter, effect, pengaturan komposisi warna, penambahan suara pada video, pengaturan kecepatan pada video, dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa hal yang menarik dari aplikasi ini yang bisa menjadi nilai tambah yaitu

1. Latar belakang pada kanvas

Selain ukuran kanvas dapat diubah mengikuti template yang ada atau sesuai keinginan (custom), latar belakang kanvas juga bisa diganti dengan warna solid/gradien, pola, maupun gambar dari galeri foto. Bahkan latar belakang foto bisa diberikan sentuhan efek buram (blur).

Gambar di bawah ini merupakan contoh penggunaan latar belakang yang diberikan efek buram. Latar belakang tidak harus menggunakan gambar yang sama dengan gambar utama. Mamah bisa menggunakan gambar apapun yang sudah tersimpan digaleri foto.

2. Stiker

Editing foto dan video dengan InShot juga bisa menambahkan stiker. Tidak hanya stiker gambar, stiker animasi (.gif) juga bisa ditambahkan pada video yang di-edit. Mungkin fitur ini sudah sering mamah gunakan pada aplikasi media sosial Instagram Story, dimana pengguna sangat dimudahkan untuk memberikan berbagai macam stiker. Pilihan stiker yang ada pada aplikasi ini tidak kalah banyak tapi sebagian besar berbayar walaupun ada yang bisa didapat dengan menonton iklan. Jika seandainya mamah memiliki stiker sendiri atau gambar yang tidak ada dalam aplikasi, mamah bisa mengunggahnya (lihat gambar di bawah).

Fitur stiker ini dapat digunakan mamah untuk membuat twibbon (istilah yang digunakan untuk menggambarkan postingan dengan bingkai) dengan cara mengunggah template bingkai (.png) sebagai stiker.

3. Draf pada editing Video

Sama seperti saat membuat artikel pada blog dimana ada kalanya artikel belum bisa diselesaikan dan disimpan sebagai draf atau konsep, editing video pun juga begitu. Fitur draf ini sangat bermanfaat karena selain tidak perlu menyelesaikan editing video dalam satu waktu, pengguna bisa mengedit video yang lain atau mengganti mode menjadi editor foto atau menutup aplikasi.

4. Multi edit pada editing foto

Berbeda dengan video, pada mode editing foto tidak ada fitur draf melainkan fitur multi edit. Sedikit mirip fungsinya dengan draf, dimana pengguna bisa melakukan editing beberapa foto sekaligus disatu waktu tapi, tidak bisa mengganti ke mode editing video maupun menutup aplikasi.

5. Picture-in-Picture (PiP)

Familiar kan dengan program televisi Dunia Dalam Berita di TVRI dimana pada sudut kanan bawah ada video orang dengan bahasa isyarat bagi tuna rungu? Nah, itulah yang dimaksud Picture-in-Picture (PiP). Tidak hanya Dunia Dalam Berita di TVRI, tentunya masih banyak lagi contoh serupa aplikasi PiP. Fitur ini terdapat pada aplikasi InShot, dimana mamah bisa menambah satu atau lebih video dalam satu frame dengan video utama yang sedang di edit.

Demikian sedikit ulasan mengenai aplikasi foto dan video editor, InShot. Tentunya masih banyak lagi hal menarik dari aplikasi ini. Bagi mamah yang belum pernah menggunakan InShot, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini sebagai perbandingan dengan aplikasi editor yang biasa mamah gunakan. Jangan lupa bagikan pengalaman mamah dikolom komentar ya!

Default image
Annisaa Rachmawati
Articles: 2

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: