feature ulasan aplikasi background eraser

Ulasan Aplikasi Background Eraser

Hai, Mamah!

Ketemu lagi dengan penulis dalam pembahasan aplikasi editor foto pada ponsel. Kalau sebelumnya penulis membahas tentang aplikasi InShot, kali ini pembahasan aplikasi editor terkait dengan stiker digital. Penasaran ngga sih bagaimana membuat stiker-stiker custom yang sering berseliweran di grup WhatsApp? Ada stiker personel K-Pop favorit Mamah, ada cuplikan gambar aktor/aktris yang ditambahi dengan tulisan-tulisan lucu, bahkan ada foto Mamah dijadikan stiker! hehe.. bercanda ya, Mah. Tentunya membuat stiker dengan foto Mamah harus seiizin Mamah ya.

Saat ini, siapapun bisa membuat stiker suatu objek dari foto/gambar menggunakan ponsel dengan cara yang cukup mudah. Caranya adalah siapkan foto/gambar yang objeknya ingin dijadikan stiker, lalu edit dengan menghapus latar belakang objek menjadi transparan kemudian ditambahkan tulisan atau efek jika perlu. Spesifikasi stiker lainnya, seperti ukuran file dan dimensi, tentunya mengikuti ketentuan dari aplikasi WhatsApp ya.

Lalu, bagaimana sih menghapus latar belakang objek agar transparan? Latar belakang objek pada foto/gambar dapat dihapus dengan feature “penghapus (eraser)” pada aplikasi editor. Namun, tidak semua aplikasi editor pada ponsel memiliki feature penghapus ini. Kalaupun ada biasanya, sih, mode penghapusnya tidak lengkap. Pada tulisan kali ini, penulis tidak membahas secara spesifik bagaimana membuat stiker dan mengunggahnya ke WhatsApp, melainkan membahas salah satu aplikasi favorit penulis untuk menghapus latar belakang objek pada foto/gambar menjadi transparan.

Disclaimer: ulasan aplikasi ini murni pendapat pribadi penulis dan bukan merupakan endorse

Background Eraser

Aplikasi favorit penulis bernama “Background Eraser” buatan handyCloset Inc. Seperti namanya, fungsi  aplikasi ini utamanya hanya untuk menghapus latar belakang objek foto/gambar atau area tertentu menjadi transparan. Bagi yang belum tahu kegunaan foto/gambar transparan, selain menjadi stiker di aplikasi WhatsApp, bisa juga untuk membuat bingkai foto (twibbon), dan juga bisa ditambahkan ke dalam suatu foto sebagai objek tambahan, misalnya menambahkan penampakan sosok mahkluk tak kasat mata pada suatu foto. Ini merupakan contoh iseng saja ya, Mah.

Aplikasi Background Eraser ini sederhana dan mudah digunakan. Tersedia juga penjelasan yang mudah dipahami tentang bagaimana menggunakan aplikasi tersebut disini

Kelebihan Background Eraser

Menurut penulis, aplikasi ini memiliki beberapa nilai lebih jika dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya yang pernah penulis gunakan.

Menampilkan gambar dengan latar belakang transparan digaleri foto

Ketika hendak memilih gambar/foto pada galeri, aplikasi ini menampilkan preview gambar/foto sesuai formatnya. Sehingga bisa tahu mana saja foto yang sudah memiliki latar belakang transparan dan mana yang belum. Hal ini memudahkan pengguna agar tidak bingung saat memilih gambar digaleri.

preview gambar

Mencantumkan ekstensi atau jenis format foto atau gambar saat membuka galeri foto

Dari gambar di atas, terlihat jenis format gambar pada preview gambar dari galeri. Format gambar tidak hanya JPEG dan jika ada foto serupa dengan format berbeda bisa membuat bingung saat memilih dari galeri gambar ketika hendak mengedit.

Mendeteksi tepi dari objek

Aplikasi ini memiliki feature spesial yang dapat mendeteksi tepian objek foto/gambar dimana area diluar tepi objek bisa otomatis dihapus. Feature ini dinamakan mode “star” dan diberi simbol bintang (★). Mode ini sangat memudahkan pengguna saat menghapus latar belakang yang bersinggungan dengan tepi objek agar tidak ikut terhapus.

sumber https://support.en.handycloset.app/2020/09/i-eraser-1.html?m=1

Kekurangan Background Eraser

Walaupun aplikasi ini gratis, tapi sayangnya tidak ada pilihan langsung untuk upgrade menjadi aplikasi tanpa iklan. Upgrade aplikasi dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi Background Eraser Pro di Apple Store maupun Google Play.

Demikian ulasan singkat mengenai aplikasi Background Eraser. Jadi semakin banyak ya aplikasi yang harus diunduh dan diinstal diponsel. Padahal memory ponsel sudah makin menipis akibat koleksi foto keluarga dan artis favorit. Harapan penulis sih semoga nanti akan ada satu aplikasi editor foto yang paket komplit (dan gratis).

Selamat mencoba ya, Mah!

Default image
xichyx
Articles: 3

2 Comments

  1. Aku juga suka nih pake background eraser selain menggunakan yang ada di Canva pro langsung. Biasanya yang manual begini bisa lebih rapi juga sih pinggirannya dihapusnya.

  2. Trimakasih mamah Annisaa atas informasinya mengenai app Background Eraser. Saya jadi tahu bagaimana meme dan stickers di WA dibuat.

    Btw, kalimat “…menambahkan penampakan sosok mahkluk tak kasat mata…” , membuat ngakak. Wkwk, bisa saja ya mamah Annisaa ngasi contohnya.

    Aamiin, semoga harapan ada satu aplikasi editor foto yang paket lengkap dan free, bisa terwujud.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: