mamah gajah ngeblog setahun

Tulisan Terpopuler Setahun Pertama MGN

Tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini di Indonesia. Dengan semangat dari Ibu Kartini, para mamah gajah yang hobi ngeblog, yang bertemu sejak Januari 2021 sepakat untuk membuat blog bersama. Namanya kumpulan mamah gajah yang suka ngeblog, ga seru dong kalau ga punya blog bersama. Pada tanggal 21 April 2021, resmi diluncurkan situs MamahGajahNgeblog.com ini.

Tujuan awal dari ngeblog bareng ini sudah tentu untuk menjadi proyek bersama dalam mengisinya, selain untuk memberikan wadah bagi para mamah gajah yang suka ngeblog tapi masih ragu-ragu untuk membuat blog dengan top level domain (TLD). Dengan adanya blog bersama yang sudah TLD ini, tentunya secara tidak langsung bisa melihat perbedaan blog yang gratisan dan blog TLD.

Cara belajar yang terbaik itu tentu saja dengan langsung dipraktikkan. Mamah Gajah Ngeblog belajar dunia blogging, sambil mengisi blog bersama. Blog bersama ini hasil dari patungan para mamah, yang hasilnya ternyata cukup untuk membeli domain dan hosting untuk 4 tahun. Walaupun saat ini yang sudah pasti dibayar untuk 4 tahun, tapi harapannya tentu saja situs ini akan terus ada untuk waktu yang cukup lama.

Ada Tulisan Apa Saja di Blog Mamah Gajah?

Setahun sudah tak terasa usia mamahgajahngeblog.com ini. Para mamah gajah ngeblog mengisi blog ini bergantian sesuai dengan kesempatan yang dimiliki. Ada 2 sampai 3 tulisan yang biasanya dihadirkan setiap minggunya. Selain tulisan seputar ITB, tentunya para mamah gajah berusaha menuliskan hal-hal yang diharapkan bisa berguna untuk pembacanya.

Sejauh ini, total ada 119 tulisan yang sudah dipublikasikan. Tulisan ini merupakan tulisan ke-120. Artinya rata-rata ada sekitar 10 tulisan setiap bulannya. Secara bergantian, para mamah mengisi tulisan dan tentunya dikoordinir oleh mamah Andina dan dibantu dengan mamah yang juga bergantian menjadi editor. Mengurus blog bersama ini membuat para mamah jadi semakin sering bekerjasama dan semakin saling mengenal tentunya.

Topik tulisan yang ada di blog Mamah Gajah Ngeblog terbagi menjadi beberapa kategori. Mamah bebas memilih mau menulis apa. Intinya sih kami menulis untuk berbagi. Berbagi dengan mamah lain ataupun dengan siapapun yang membutuhkan informasi yang dituliskan.

Tulisan Populer dan Tulisan Menarik Lainnya Setahun Pertama MGN

Dari 119 post yang sudah dipublikasikan, ada berbagai tulisan yang menarik dan mengundang banyak pembaca. Berikut ini saya akan menuliskan beberapa artikel yang terpopuler alias banyak dibaca dan juga tulisan lain yang juga menarik untuk dibaca.

5 Fitur Menarik pada Aplikasi InShot

Tulisan tentang fitur aplikasi InShot ini ditulis oleh mamah Icha, selain menuliskan tentang fitur InShot, mamah Icha juga menuliskan tentang Aplikasi Background Eraser dan Ulasan Film Korea Sweet and Sour juga.

Aplikasi InShot adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk mengedit video dan bisa dilakukan di ponsel. Jaman sekarang ini dengan semakin banyaknya sosial media seperti Facebook, Instagram dan TikTok, edit video sudah menjadi kebutuhan banyak orang.

Sedangkan Aplikasi Background Eraser, sesuai namanya untuk menghapus latar belakang, biasanya juga dikombinasikan untuk untuk edit foto dan video. 

Mengenal Kembali ITB Bagian 1 dan 2

ITB Sekarang

Nah, 2 tulisan ini spesial ditulis mamah Restu yang sehari-harinya masih berkutat di kampus gajah yang berlokasi di Ganesa 10. Sekian tahun belakangan ini, kampus ITB memang banyak perubahan, tulisan mamah Restu ini seperti obat rindu untuk para mamah yang sudah lama tidak berkesempatan melihat kampus.

Kenapa sampai 2 bagian? Tentunya karena ada begitu banyak perubahan yang terjadi. Di Mengenal Kembali ITB Bagian 1 Mamah Restu, bercerita tentang perbedaan ITB dulu dan sekarang, mulai dari penamaan jurusan sampai dengan perubahan denah kampus dan perubahan nama gedung-gedung yang ada. Sedangkan di tulisan Mengenal Kembali ITB Bagian 2, lebih ke sisi pelayanan akademik, mulai dari tips untuk mamah yang bercita-cita anaknya masuk ITB, sampai dengan kampus baru ITB yang lokasinya di Cirebon dan Jatinangor. Jadi, sekarang ini ITB bukan hanya di jalan Ganesa 10 saja!

Selain menuliskan 2 tulisan tersebut, mamah Restu juga ada menuliskan berbagai tulisan lainnya yang juga masuk dalam 10 artikel terpopuler dikunjungi adalah yang berjudul Hari-Hari Pantang Menyerah Seorang Ibu. Tulisan tersebut berisikan hasil wawancara dengan salah seorang anggota MGN lainnya. Jadi memang kisah nyata sehubungan dengan peringatan International Never Give Up Day di tanggal 18 Agustus.

Bertanam di Rumah: Sekali Tanam, Panen Berkali-kali

Tulisan dari tentang Bertanam di Rumah ini, dituliskan oleh mamah Dini Yudison. Mamah Dini terkena demam tanaman sejak pandemi. Ada berbagai tanaman yang kalau ditanam di rumah bisa dipanen berkali-kali. Lumayan memang ya, bisa hemat uang belanja. 

Beberapa tanaman yang dibahas dalam tulisan tersebut misalnya Pohpohan, Pepaya Jepang, Bayam Brazil, Bayam Malabar, Tarbangun/ Bangun-bangun, dan Telang. Wuih, sumber serat dan vitamin ini tanamannya. Buat Mamah yang penasaran langsung saja baca tulisan Mamah Dini ya.

Selain menulis tentang hobi bertanam, mamah Dini juga menuliskan tips tentang Vacum Cleaner. Buat yang masih bertanya-tanya apakah Vacum Cleaner ini diperlukan atau tidak, bisa langsung baca juga tulisannya.

Streamyard, Mudahnya Siaran Langsung Tanpa Instal Aplikasi

Nah, kalau tulisan ini merupakan tulisan saya. Salah satu pengaruh pandemi adalah saya belajar banyak tentang livestreaming. Kenalan dengan Streamyard juga karena ada kebutuhan livestream. Buat yang penasaran, sebenarnya ada 2 tulisan tentang Streamyard yang sudah saya tuliskan. Pertama tulisan Streamyard, Mudahnya Siaran Langsung Tanpa Instal Aplikasi, dan berikutnya tulisan Menjadwalkan Siaran di Youtube dengan StreamYard,

Seperti sudah disebutkan, ada banyak sekali hal yang saya pelajari di masa pandemi ini. Kebutuhan untuk berkomunikasi melalui internet membuat saya jadi belajar banyak tentang WhatsApp, Telegram dan juga Skype. Kalau mau membaca berbagai tulisan saya, umumnya masuk kategori tekno selain tentang blogging.

Review The Man Who Knew Infinity

Salah satu tulisan mamah Andina yang membahas film romansa dan dunia Matematika. Film yang berjudul The Man Who Knew Infinity (2015) yang merupakan adaptasi dari buku. Film ini bercerita tentang ahli Matematika yang memang beneran ada dan bukan tokoh fiksi. Srinivasa Ramanujan, ahli Matematika dari India yang berkontribusi di ataranya teori bilangan dan barisan tak hingga.

Selain menulis review film ini, mamah Andina ada juga menulis 3 Rekomendasi Film tentang Literatur. Yang juga perlu kamu baca adalah tulisan tentang seputar dunia blogging. 

Ada 2 tulisan seputar blogging dari mamah Andina yang perlu dibaca: 7 Elemen Dasar yang Harus Ada dalam Artikel Blog, dan Mau Buat Blog? Perhatikan Hal-Hal Ini Dulu.

Seluk Beluk Attachment Parenting

Salah satu tulisan yang juga mengundang banyak perhatian pembaca adalah tulisan dari mamah Rijo Tobing, tentang Seluk Beluk Attachment Parenting. Semua dibahas tuntas ditulisan ini, mulai dari birth bonding, breastfeeding, baby wearing, bedding close to baby, belief in the language value of baby’s cry, beware of baby trainers dan balance.

Selain menulis tentang attachment parenting, tulisan mamah Rijo yang juga menarik untuk dibaca adalah Tips Menghadapi Interview Kerja, dan Tips Belajar Musik untuk Orang Dewasa.

Benarkah Perempuan Identik dengan Belanja?

Tulisan dari mamah Irene Cynthia ini cukup unik, karena sebelumnya ada survey kecil-kecilan di kalangan mamah gajah, untuk mendapatkan data dalam menuliskan Benarkah Perempuan Identik dengan Belanja?

Kebanyakan orang berasumsi kalau perempuan tak bisa dipisahkan dengan belanja. Tapi, di kalangan mamah gajah, ternyata belanja itu bukan sekedar hobby dan tidak selalu berkonotasi negatif. Langsung saja baca tulisannya kalau penasaran ya.

Salah satu tulisan mamah Irene Cynthia yang juga ramai dikunjungi berjudul Menyongsong Rembang Senja, tulisan yang mengingatkan kita kalau kita perlu melakukan berbagai investasi untuk mempersiapkan hari tua. Bukan hanya investasi finansial, tapi juga investasi kesehatan, emosional, relasi dan komunitas, pengetahuan dan hobi, dan yang juga terpenting: investasi iman!

Mamah Gajah, Ngeblog Yuk!

Ngeblog yuk!

Ada begitu banyak tulisan yang sudah dituliskan oleh para mamah gajah ngeblog di mamahgajahngeblog.com ini. Tentunya tulisannya masih akan bertambah, karena ada begitu banyak yang ingin dibagikan. Meniru semangat Ibu Kartini, menulis itu membagikan buah pikiran kita.

Terimakasih untuk semua mamah yang sudah berkontribusi menulis selama setahun ini. Semoga tetap bisa berkontribusi ke depannya ya, Mah! Untuk mamah yang belum berkontribusi dan ingin ikut berkontribusi, jangan ragu-ragu bergabung dengan kami. Atau kalau ingin tahu apa saja sih kegiatan mamah gajah ngeblog ini, langsung saja baca di halaman Tentang MGN.

Buat para pembaca tulisan ini, dari semua tulisan yang pernah di baca di blog ini, adakah tulisan yang paling berkesan? Kalau ada, bisa tulis di komentar supaya kami tahu tulisan apa yang banyak menarik perhatian para pembaca. Segala masukan yang membangun juga kami nantikan untuk membuat blog ini semakin baik lagi di kemudian hari. Terimakasih.

Risna
Risna

WordPress Blogger, tinggal di Chiang Mai Thailand. Sedang hobi desain Canva dan Kinemaster selain menonton Film dan drama Korea.

Articles: 21

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.