Wordpress Mobile Application

Ngeblog “On The Go” Dengan Aplikasi WordPress Mobile

Kalau Mamah ingin bisa ngeblog kapan saja dan di mana saja, aplikasi Wordpress Mobile wajib diinstal di gawai mamah. Pastikan punya koneksi internet ya, Mah!

Tahukah Mamah Bloger, kalau kita bisa ngeblog dari ponsel dengan mudah kapan saja dan di mana saja melalui gawai ponsel kita?

Ngeblog itu salah satu cara melatih kebiasaan menulis, juga menebar manfaat buat pembaca. Terkadang kita merasa tidak sempat duduk di depan komputer untuk menulis, padahal kita bisa menulis sedikit demi sedikit.

Adanya aplikasi mobile ini mempermudah mengupdate blog ketika kita sedang tiba-tiba punya ide, atau sekedar ingin memperbaiki kesalahan pengetikan yang kita temukan dari tulisan kita.

Sesuai dengan judul, hari ini saya ingin menuliskan tentang menggunakan aplikasi WordPress mobile untuk ngeblog dari mana saja dan kapan saja.

Memang menulis di ponsel itu tidak senyaman menulis di komputer, tapi ada kalanya ketika kita sedang menunggu atau terjebak kemacetan, kita punya ide untuk menuliskan sesuatu.

Siapa tahu setelah membaca ini jadi pingin punya blog wordpress sendiri, tapi mau versi gratisan saja. Langsung saja daftar dan bikin blog gratisan dengan domain berakhiran wordpress.com. Lalu nantinya, bisa mengupdate melalui aplikasi mobilenya.

Instalasi WordPress Mobile

Cara instalasi aplikasi WordPress mobile sangat mudah, langsung ke Google playstore untuk gawai android, atau iStore untuk gawai iOs. Atau bisa juga mengunjungi wp.com/app dari perangkat mobile Anda, dan ikuti langkahnya.

Mulai menggunakan WordPress Mobile

Setelah instalasi berhasil dilakukan, selanjutnya tentu saja memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk situs blog kita.

Ada 2 cara menambahkan blog ke aplikasi wordpress mobile, dengan cara login menggunakan email yang kita pernah daftarkan ke wordpress.com, atau memasukkan nama situs kita. Jika kita belum punya akun wordpress.com, kita bisa juga mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Cara lain tentunya dengan memasukkan situs wordpress kita yang sudah kita miliki. Untuk contoh saya akan menggunakan akun saya di situs mamahgajahngeblog.com ini.

Saya akan memasukkan situs mamahgajahngeblog.com di bagian site address, dan memasukkan username berupa email dan password untuk masuk ke blog ini. Kalau saya lupa password, selalu ada pilihan untuk Reset password.

Fitur Andalan dari Aplikasi WordPress Mobile

Aplikasi WordPress Mobile cukup lengkap dan hampir bisa melakukan semua yang dilakukan lewat browser di komputer. Tidak ada alasan untuk tidak sempat menulis, dengan adanya aplikasi ini terinstal di gawai ponsel kita.

halaman depan wordpress mobile
halaman depan wordpress mobile

Menulis Draft Tulisan Sampai Publikasi

Aplikasi WordPress mobile menyediakan blok editor seperti halnya di komputer. Kita bisa memulai tulisan baru atau meneruskan draft yang sudah kita kerjakan di komputer. Nantinya, kita bisa menyimpannya dan meneruskan lagi di komputer.

Pastikan kita memiliki koneksi internet agar draft yang kita simpan tersinkronisasi untuk dilanjutkan di gawai manapun. Akan tetapi, seandainya kita sedang tidak terkoneksi ke internet, kita tetap bisa melanjutkan mengedit tulisan kita untuk disinkronisasi kemudian.

Memulai tulisan baru

editor block wordpress
Edito blok di wordpress mobile

Untuk mulai menulis posting baru, kita bisa lakukan langsung dari menu berwarna biru yang ada tanda plus nya.

Bisa dilihat dalam editor WordPress Mobile sudah jelas di mana kita bisa menulis judul dan menambahkan paragraf ataupun blok lainnya.

Seperti halnya di komputer, di aplikasi WordPress Mobile kita bisa melihat editornya juga menggunakan editor blok. Kita bisa menambahkan paragraf baru, ataupun jenis blok lainnya.

Mengubah format blok

Cara mengubah format blok bisa dilihat pada gambar diatas. Misalnya saja untuk mengubah format paragraf menjadi format heading.

Tentunya caranya kita pilih blok yang ingin formatnya diubah, lalu pilih titik tiga di sebelah kanan dari blok tersebut. Berikutnya bisa dipilih format mana yang ingin kita pilih.

Mengubah format teks

ubah menjadi bold
Mengubah format teks menjadi bold

Editor yang tersedia cukup lengkap, kita bisa mengubah formating teks menjadi miring, huruf tebal ataupun mengubah penomoran heading (misalnya subjudul menjadi subsubjudul).

Pada gambar diatas, contohnya adalah memberi format cetak tebal pada kata yang dipilih. Kita bisa juga mengubah format tulisan miring atau memberi garis bawah.

Jika ingin memberi tautan ke halaman lain, kita juga bisa melakukannya dengan memilih kata yang ingin diberi tautan lalu memilih lambang tautan.

Simpan ke draft atau publikasikan

Fitur WordPress mobile untuk menulis ini cukup lengkap untuk kita bisa menulis dari awal, sampai mempublikasikannya langsung ataupun dijadwalkan. Tapi yang tidak kalah penting diketahui tentu saja menyimpan tulisan sebagai draft.

menyimpan draft
Pilih save untuk menyimpan ke draft

Untuk mempublikasikan, tentunya bisa langsung pilih Publish dari bagian kanan atas. Akan tetapi, jarang loh sekali duduk bisa mengerjakan sampai siap untuk dipublikasikan. Untuk menyimpannya dan akan dilanjutkan kemudian, pilih tiga titik yang ada di sebelah menu publish, dan pilih menu Save.

Mengunggah Gambar dari Gawai

Salah satu kemudahan yang saya suka dari aplikasi ini adalah, ketika saya ingin menambahkan gambar dari ponsel saya, bisa dilakukan dengan mudah.

Ada 2 cara untuk memasukkan gambar ke dalam tulisan melalui aplikasi ini, dari galeri kita pilih gambar dan bagikan ke aplikasi wordpress untuk dimasukkan ke media library.

Cara lainnya tentu saja dari dalam draf kita bisa menambahkan gambar, lalu memilih gambar untuk diunggah ke media library.

Memonitor Komentar yang Masuk

Untuk bloger yang suka blogwalking dan saling meninggalkan komentar, aplikasi WordPress mobile juga memberi notifikasi akan adanya komentar yang masuk. Kita bisa memeriksa apakah ada komentar yang perlu dimoderasi, atau bahkan kalau ada yang nyasar masuk ke spam folder.

komentar di wordpres mobile
Bisa melihat komentar yang masuk, belum dibalas ataupun yang dimoderasi

Dari aplikasi ini kita bisa melihat komentar masuk yang masih belum ditampilkan dan atau komentar yang belum dibalas.

Mengunjungi Tulisan Bloger Lain

Kalau kita ingin mencari bahan bacaan untuk inspirasi, kita juga bisa mencari tulisan dengan topik yang kita inginkan dari bagian Reader. Selain itu kalau lagi iseng, bisa lihat di bagian discover. Untuk blogpost yang pernah kita simpan juga akan terlihat di aplikasi ini.

Contoh di bawah ini adalah tulisan dengan topik wordpress yang saya temukan di aplikasi WordPress mobile.

membaca blog wordpress lain
Membaca blog lain dari WordPress Mobile

Atau, jika ada blog teman sesama pengguna WordPress yang rutin kita kunjungi, kita bisa ikuti untuk mendapatkan notifikasi langsung ketika ada tulisan terbaru dari blog tersebut.

Kalau ingin mengomentari tulisan yang kita ikuti juga bisa langsung dari aplikasi WordPress Mobile. Jadi aplikasi ini teman baik bloger yang aktif dan punya lingkaran pertemanan di WordPress juga.

Untuk mamah yang ikut ngeblog di blog mamahgajahngeblog, dengan aplikasi ini juga bisa membantu membaca artikel terbaru, mengomentari dan tentunya untuk ikut berkontribusi untuk menulis di situs mamahgajahangeblog.

Ngeblog Yuk!

Di masa di rumah saja ini, salah satu cara untuk berkarya dan mendokumentasikan kegiatan kita tentunya dengan menulis. Kalau Mamah suka ngeblog, tapi tidak ingin mengurus blog sendiri, mamah bisa bergabung dengan kami dan menulis di blog MamahGajahNgeblog.

Kalau masih bingung tentang apa yang perlu diperhatikan dalam membuat blog, kita bisa belajar sama-sama di komunitas mamahgajahngeblog.

Kira-kira gimana nih, para mamah yang udah punya blog WordPress, sudahkah menggunakan aplikasi WordPress Mobile ini untuk mengelola blog nya kapan saja dan di mana saja?

Default image
Risna
WordPress Blogger, tinggal di Chiang Mai Thailand. Sedang hobi desain Canva dan Kinemaster selain menonton Film dan drama Korea.
Articles: 8

2 Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: