melatih menulis rutin

Menebar Manfaat, Konsisten Menulis, dalam Media Tantangan Blogging Bulanan

Sebagai komunitas blogger, Mamah Gajah Ngeblog (MGN) mengadakan tantangan blogging bulanan bagi para anggotanya yang dimulai sejak bulan Februari 2021 lalu.

Mamah Gajah Ngeblog

Sebagai komunitas blogger, Mamah Gajah Ngeblog (MGN) mengadakan tantangan blogging bulanan bagi para anggotanya. Tantangan ini bertujuan mendorong para Mamah anggota MGN untuk rutin menulis, setidaknya satu kali dalam sebulan, dalam berbagai tema yang sudah disiapkan untuk periode satu tahun ke depan.

Tantangan blogging ini efektif berjalan per Februari 2021 lalu, dengan ‘Alasan Kembali Ngeblog’ sebagai tema pertama yang diangkat. Tema alasan kembali ngeblog diusung karena banyak dari anggota MGN yang sudah vakum dari kegiatan blogging, bahkan banyak di antaranya yang vakum hingga bertahun-tahun.

Bulan kedua, bertepatan dengan dies natalis Institut Teknlogi Bandung, tantangan blogging mengusung tema ‘Alasan Kuliah di Jurusan Masing-masing’. Sebuah tema yang pastinya sangat nostalgic, terbukti dengan tingginya antusiasme para Mamah dalam menceritakan kisah-kisah mereka.

Apa yang bisa didapatkan peserta dari tantangan ini?

Seperti umumnya tantangan, pasti ada penghargaan yang diberikan kepada peserta terbaik. Tidak tanggung-tanggung, ada tiga kategori penghargaan yang disiapkan oleh kru, meliputi penghargaan untuk tiga penyetor tulisan tercepat, penghargaan untuk 10 tulisan terbaik, dan penghargaan untuk 5 tulisan favorit.

Dalam kategori penghargaan 3 penyetor tulisan tercepat, peraih penghargaan ditentukan dari anggota yang paling awal menyetorkan tulisannya melalui Google Form. Kemudian, 10 tulisan terbaik dipilih oleh juri dengan pertimbangan penilaian yang sudah ditentukan. Adapun 5 tulisan favorit ditentukan melalui voting oleh seluruh anggota MGN—baik yang mengikuti tantangan maupun tidak—terhadap 10 tulisan terbaik yang telah diputuskan oleh dewan juri. Oh ya, tentu saja anggota yang tulisannya masuk dalam kategori 10 terbaik, tidak ikut melakukan voting.

Ilustrasi menulis blog (Foto oleh NeONBRAND diambil dari Unsplash)

Siapa jurinya?

Yang menjadi juri untuk bulan pertama tantangan ialah founder MGN bersama para admin WhatsApp Group (WAG). Kemudian, 5 peraih penghargaan tulisan favorit berperan sebagai juri untuk tantangan bulan berikutnya. Begitu seterusnya setiap bulan.

Ada juri, berarti ada hadiahnya juga?

Ada, dong. Hadiah bertaburan dalam event tantangan blogging bulanan ini. Hadiah-hadiahnya disiapkan oleh donatur dari kalangan anggota MGN sendiri. Jenis hadiahnya pun beragam, mulai dari buku, pakaian, hingga makanan.

Kini, tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog memasuki bulan ketiga, dengan tema ‘Menulis Resensi Buku yang Memuat Tokoh/Cerita Perempuan atau yang Ditulis oleh Perempuan Inspiratif’. Pasti Mamah pembaca sudah pada bisa menebak deh, tema ini diangkat berkaitan dengan apa? Yup, betul sekali, tema bulan ini berkaitan dengan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April mendatang :-).

Tantangan blogging bulanan ini adalah langkah awal komunitas MGN untuk membawa kebaikan bagi para anggotanya, dan juga bagi para penikmat blog di luar komunitas. Diharapkan, banyak manfaat yang bisa dipetik dari tulisan-tulisan para Mamah anggota MGN, dengan semakin seringnya mereka menulis di blog-nya masing-masing.

Write down who you were, who you are, and what you want to remember. -Natalie Goldberg-

One comment

  1. […] yang akhirnya vakum dari kegiatan blogging. Karena itulah, ketika menemukan komunitas MGN dengan tantangan blogging bulanannya, antusiasme mereka langsung tak terbendung untuk kembali […]

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: