livestream-streamyard

Menjadwalkan Siaran di YouTube dengan StreamYard

Dulu, saya sering penasaran kok bisa ada thumbnail image di YouTube untuk siaran langsung yang sudah dijadwalkan. Ternyata dengan layanan StreamYard, hal ini bisa dilakukan dengan mudah. Kalau kamu termasuk yang ingin tahu caranya, yuk baca tulisan ini sampai selesai.

Pasti sering dong melihat ada undangan untuk menonton siaran langsung di YouTube pada waktu dan jam tertentu. Walaupun siarannya belum berlangsung, tautan untuk ke halaman tersebut sudah tersedia dan ada gambar thumbnailnya. Saya hanya tahu cara melakukan penjadwalan dan memasang thumbnail langsung dari halaman YouTubenya. Saya akhirnya mencari tahu cara melakukan di Zoom ataupun StreamYard dan akhirnya menemukan kalau di Streamyard caranya lebih mudah daripada di Zoom Meeting.

Sebelum mengenal StreamYard, saya pernah mencoba siaran langsung ke YouTube menggunakan Zoom Meeting, tapi untuk bisa siaran langsung dari Zoom Meeting, tentunya harus menggunakan akun berbayar alias Zoom Pro. Untuk siaran langsung dari StreamYard ini, bisa dilakukan dengan akun gratisnya saja.

Buat yang belum tahu apa itu Streamyard, bisa baca dulu tulisan tentang StreamYard, layanan yang memydahkan siaran langsung tanpa harus instalasi aplikasi. Semua cukup dilakukan dari browser saja.

Setelah belajar siaran langsung dari StreamYard, saya sempat bertanya-tanya apa bedanya siaran langsung dari Zoom Meeting dan StreamYard, ternyata cukup banyak bedanya. Perbedaan signifikan tentunya dari bentuk siaran langsungnya. Kalau Zoom Meeting itu seperti masuk ruangan bersama-sama dengan sekian ratus orang lainnya yang hadir di studio rekaman, kalau StreamYard itu yang hadir di studio rekaman hanya pengisi acara, operator dan pengarah acara.

Di tulisan ini saya akan menuliskan khusus untuk menjadwalkan siaran langsung di YouTube melalui StreamYard, termasuk mendapatkan alamat undangan untuk pengisi acara dan peserta. Ketika menunggu siaran, peserta sudah bisa melihat ada thumbnail/ cover di alamat streaming YouTube yang diberikan.

Langkah untuk menjadwalkan siaran langsung di StreamYard

Pertama tentunya kita perlu menyiapkan judul tayangan, file thumbnail untuk siaran langsung kita dan deskripsi dari acara yang akan ditayangkan. Setelah itu, kita juga perlu memastikan kalau StreamYard kita sudah terkoneksi untuk menyiarkan ke kanal YouTube kita.

1. Ciptakan Broadcast Baru

menciptakan broadcast baru di streamyard
Membuat siaran baru dari StreamYard

Untuk memulai broadcast yang baru, pertama kita harus login terlebih dahulu. Seperti biasa masukkan alamat email dan masukkan kode yang dikirimkan ke alamat email kita. Lalu, pilih upcoming broadcast – create new broadcast.

2. Pilih kanal YouTube tujuan

tujuan broadcast streamyard
Pilih tujuan broadcast ke YouTube channel yang diinginkan

Kalau kita sudah pernah menambahkan beberapa tujuan, kita bisa memilih ke kanal mana siaran dilakukan. Tentunya kita bisa menambahkan terlebih dahulu tujuan broadcast kalau belum ada dalam pilihan. Kita juga harus memiliki akses login ke kanal tujuan broadcast tersebut.

3. Isi deskripsi dan unggah gambar thumbnail yang sudah disiapkan.

Selain mengatur deskripsi, jadwal siaran dan thumbnail, kita juga bisa mengatur jika ingin siarannya privat atau unlisted (untuk kalangan terbatas). Biasanya saya memilih unlisted, supaya yang bisa menonton hanya yang memiliki tautannya saja. Yang terpenting dari langkah ini tentunya jangan lupa pilih create broadcast.

Kalau misalnya ada yang ingin diganti dari deskripsi ataupun jadwal penayangan, tidak perlu khawatir, kita selalu bisa mengubahnya kemudian dari daftar siaran yang akan dilakukan di StreamYard.

Mendapatkan tautan siaran langsung

halaman depan broadcast
Daftar jadwal broadcast di halaman depan StreamYard

Jika ingin mengubah jadwal atau deskripsi siaran kita bisa melakukan Edit. Kita akan kembali ke halaman yang berisi deskripsi, jadwal dan gambar thumbnail sebelumnya.

Setelah mengatur jadwal siaran, ada 2 hal yang diperlukan. Alamat undangan untuk pengisi acara siaran dan juga alamat penonton untuk bisa menonton siaran langsung. Cara mendapatkan alamat ini ada 2 cara, bisa dari halaman depan maupun dari dalam studio siaran.

Undangan untuk pengisi acara

Untuk mendapatkan alamat yang bisa dikirimkan ke pengisi siaran, dari halaman depan StreamYard klik 3 titik di kanan tombol Enter Studio dan pilih Invite a guest. Lalu kita bisa mengirimkan alamatnya dengan cara menyalin alamat tautannya, atau melalui e-mail dan messenger.

undangan ke studio
Salin alamat untuk dikirimkan

Mendapatkan alamat untuk menonton siaran langsung

Untuk melihat alamat tautan di YouTube, dari halaman depan kita bisa pilih menu View on YouTube.

tampilan thumbnail di youtube
Tampilan di YouTube.

Kalau kita view on YouTube, kita akan bisa melihat berapa jam lagi siaran tersebut akan tayang dan kita bisa mendapatkan alamat siarannya dengan cara klik button share seperti biasa.

Cara lain, kita bisa masuk ke dalam studio siaran dan memilih menu di sudut kanan atas, dan pilih View on YouTube.

studio streamyard
Studio. siaran StreamYard

Jangan lupa, walaupun sudah dijadwalkan, ketika waktunya tiba, kita harus menayangkan siaran dengan memilih tombol Go Live. Selama tidak memilih Go Live, di sana hanya akan ada hitung mundur berapa lama lagi siaran sebaiknya dimulai dan tidak akan ada tayangan di kanal YouTubenya.

Penutup

Setelah rencana siaran dijadwalkan di StreamYard, kita bisa mengirimkan alamat undangan menonton siaran langsung di YouTube. Calon penonton bisa melihat gambar thumbnail acara dan dari sana bisa mengaktifkan pengingat di YouTube supaya tidak ketinggalan ketika siaran dimulai.

Jika ingin mengirimkan komentar atau pertanyaan sebelum acara dimulai juga sudah bisa langsung di kolom komentar YouTube.

Oh ya, mamah sudah tahu kan kalau kegiatan live sharing MGN: Ngeblog untuk pemula beberapa waktu lalu, MGN bekerjasama dengan ITBMHTV yang juga menggunakan StreamYard untuk siarannya. Mamah ada yang belum pernah coba siaran langsung di YouTube menggunakan StreamYard? Ayo dicoba saja, supaya makin mudah kalau ingin berbagi cerita.

Selamat siaran!

Default image
Risna
WordPress Blogger, tinggal di Chiang Mai Thailand. Sedang hobi desain Canva dan Kinemaster selain menonton Film dan drama Korea.
Articles: 11

2 Comments

  1. Untuk urusan teknologi, apps, mamah Risna paling bisa diandalkan. Ilmunya ‘mahal’, sangat bermanfaat buat menambah wawasan dan pengetahuan saya yang bisa dikategorikan gagap teknologi. Ehehe.

    Mana neranginnya, rapih dan terstruktur pula step by step-nya. Makasiiiy Risna. 🙂

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: