Streamyard MGN

StreamYard, Mudahnya Siaran Langsung Tanpa Instal Aplikasi

Halo Mamah!

Siapa yang suka siaran langsung alias livestream untuk bikin vlog di YouTube ataupun Facebook? Siapa tahu kan ada Mamah beauty vlogger yang membaca tulisan ini. Dan siapa tahu ada yang sedang mencari layanan untuk siaran langsung, tapi enggak punya banyak waktu untuk belajar aplikasi siaran. Sini saya beritahu tentang StreamYard.

Atau siapa nih yang sudah sering livestream dari Zoom untuk memberikan presentasi daring/ webinar? Buat yang suka livestream, perlu tahu layanan StreamYard yang gampang dipakai tanpa menginstal aplikasi tambahan ini. Semuanya cukup dari browser Chrome saja.

Masa pandemi membuat semua kegiatan berlangsung secara online, dan kebutuhan buat berbagi informasi melalui livestream menjadi hal yang perlu dipelajari. Apalagi saya yang jauh di negeri orang ini.

Kalau menunggu saya mudik, entah kapan bisa berbagi dan kolaborasi dengan komunitas yang saya ikuti. Apalagi komunitas saya umumnya ya seperti komunitas mamah gajah ngeblog ini, sebagian besar lokasinya di Indonesia, sebagian lain tersebar di berbagai penjuru mata angin.

Disclaimer: Saya bukan sedang iklan dan tidak dibayar untuk menuliskan ini, hanya ingin berbagi karena sudah merasakan manfaatnya terutama untuk kolaborasi di masa pandemi ini.

StreamYard untuk Livestream (Siaran Langsung)

Saya berkenalan dengan StreamYard ketika ikut tampil di acara salah satu komunitas menulis yang saya ikuti, Kegiatan berbagi seputar menulis tersebut disiarkan secara langsung ke Facebook Group melalui layanan StreamYard ini. 

Pssst.. yang tampil ini sesama mamah gajah juga loh!

contoh tampilan streamyard di kegiatan KLIP
Siaran di FB Group KLIP menggunakan StreamYard (Sumber: FBG KLIP)

Saya sempat heran, kenapa tidak menggunakan Zoom Meeting saja. Sebelumnya saya hanya tahu cara livestream ke Youtube atau FB menggunakan Zoom Meeting.

Kebetulan, saya memang sedang butuh belajar broadcast menggunakan aplikasi OBS (Open Broadcaster Software). Tapi setelah mencoba OBS, saya merasa kewalahan melihat banyak banget menunya. Lalu, saya mencoba StreamYard yang ternyata mudah sekali digunakan.

Walau Zoom Meeting  bisa digunakan untuk siaran langsung juga, tapi Zoom lebih seperti GoogleMeet dan Meet Now on Skype yang buat berkumpul ramai-ramai. StreamYard lebih tepat untuk yang ingin menyiarkan acara ngobrol bareng atau talk show.

Dengan menggunakan StreamYard, kita bisa siaran sendirian ataupun bareng dengan teman -teman yang berada pada lokasi yang berbeda-beda (melalui internet). Untuk saat ini, jumlah orang yang bisa masuk bersama ke studio StreamYard itu sampai dengan 6 orang (untuk layanan gratisnya).

Sederhananya StreamYard ini seperti panggung siaran, sedangkan Zoom Meeting itu seperti ruang kelas yang ada banyak murid, lalu ruang kelasnya disiarkan juga ke murid yang menonton di aula.

Kalau mau tahu lebih banyak tentang perbedaan antara StreamYard dan Zoom Meeting, bisa dibaca di blog saya, supaya saya tidak berulang menuliskannya.

Kemudahan yang diberikan StreamYard

Ada beberapa kemudahan yang saya rasakan untuk kebutuhan siaran yang diberikan StreamYard. Saya akan sekalian menuliskan bagaimana cara mencoba langsung StreamYard untuk siaran.

Cukup Menggunakan Browser Chrome

Seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, Untuk menggunakan StreamYard, kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Semuanya cukup dari browser (sebaiknya Chrome). 

Jadi, kalau kita punya kegiatan talk show dan ingin mengundang bintang tamu, kita bisa langsung memberi alamat tautan untuk yang diundang.

Kita tidak perlu khawatir kalau tamu yang diundang bingung dengan cara pemakaian, karena semua kendali ada di pengundang.

Tamu undangan bisa langsung membuka tautan untuk masuk ke studio StreamYard. Asumsi saya, semua gawai sudah punya browser Chrome ya.

Sedikit catatan, sebagai pengundang kita harus memiliki akun dan menggunakan komputer untuk lebih leluasa melakukan pengaturan di studio StreamYard. Akan tetapi, tamu undangan tidak wajib memiliki akun StreamYard.

Mereka juga bisa masuk ke layanan StreamYard dari ponsel, tablet ataupun komputer yang memiliki browser Chrome.

Jadi ketika mengundang orang untuk kolaborasi, kita tidak membuat tamu kita merasa harus menambahkan aplikasi ke gawainya yang mungkin hanya sekali itu saja dipakai.

Mendaftar dengan Email, dan Tidak Perlu Kata Sandi

Siapa yang sering lupa kata sandi karena terlalu banyak punya akun di berbagai aplikasi? Saya salah satu yang sering lupa nama pengguna dan kata sandi.

Makanya saya senang banget waktu mengetahui kalau saya tidak perlu menambah daftar kata sandi untuk diingat. Untuk masuk ke StreamYard kita cukup menggunakan akun email alias surel saja.

Cara Mendaftar dan Memulai StreamYard

  1. Masuk ke www.streamyard.com, Masukkan alamat email dan pilih Get Started

Mendaftar cukup dengan alamat email. Lalu setiap kali kita ingin masuk ke StreamYard kita juga bisa login menggunakan alamat email saja. Kita akan menerima kode yang dikirimkan oleh StreamYard ke email yang kita daftarkan untuk masuk ke layanan StreamYard.

mendaftar streamyard
Get Started!

Jadi tidak perlu khawatir juga studio broadcast kita disusupi orang lain, karena tetap ada kunci gemboknya kok.  

  1. Masukkan 6 angka yang kita terima ke alamat email yang kita daftarkan. Lalu pilih Log in
Streamyard Email sent
Masukkan kode yang diterima di email dan Log in deh
  1. Kita akan menerima konfirmasi kalau pembuatan akun berhasil.
Welcome to Streamyard
Selamat datang di StreamYard! On ward!

Dari sini tentu saja kita hanya punya satu pilihan: Onward!

  1. Selanjutnya kita diminta untuk menentukan destinasi untuk siaran. Destinasi siaran ini bisa diisi belakangan.

Untuk langkah menentukan destinasi siaran ini, tentu saja akan diminta memasukkan informasi login dari akun tujuan tersebut. Langkahnya tinggal diikuti saja, cukup gampang kok. 

Tahap ini hanya perlu dilakukan sekali saja dan tersimpan di akun StreamYard kita. Selanjutnya ketika kita ingin melakukan siaran, kita bisa melakukan login dengan memasukkan alamat email, lalu kita akan dikirimi 6 digit angka ke alamat email kita seperti pada langkah pendaftaran.

Berbagai Pilihan Platform untuk Livestream

StreamYard ini seperti panggung siaran secara online. Jadi yang masuk ke StreamYard biasanya orang yang akan ngobrol bareng dan nantinya obrolannya bisa disiarkan ke FB, Youtube, LinkedIn ataupun tujuan lainnya. Bisa dilihat daftarnya pada gambar destinasi siaran berikut ini. 

Destinasi siaran Streamyard
Pilih mau di mana siaran ditayangkan

Sebagai catatan, saat ini StreamYard tidak bisa disiarkan ke Instagram. Katanya bisa saja, tapi butuh usaha lebih.

Saya sudah pernah mencoba untuk livestream ke YouTube, FB Profil dan Fb group. Kalau untuk live di Instagram, ya pakai Instagram live saja ya.

Jangan lupa untuk bisa menyiarkan sesuatu ke Youtube secara langsung, akun tersebut harus sudah diatur bisa melakukan livestream sebelumnya.

Memulai Siaran Langsung atau Merekam

Menu pengaturan untuk siaran cukup sederhana. Semuanya cukup dijelaskan dengan bahasa yang singkat dan mudah dimengerti.

Untuk mulai siaran, setelah memilih destinasi siaran, kita langsung saja pilih Create a broadcast

create a broadcast di StreamYard
Yuk mulai Create a Broadcast

Atau untuk mencoba-coba, kita bisa memiilih record only atau merekam untuk akun yang baru dibuat dan tidak ingin menyiarkannya ke platform manapun.

Test rekam siaran diberikan gratis untuk yang baru daftar

Fitur StreamYard yang tidak ada di Zoom Meeting

Fitur dari layanan StreamYard ini lengkapnya bisa dibaca di halaman bantuan StreamYard. Tapi beberapa yang berbeda dan tidak ada di Zoom Meeting adalah sebagai berikut:

Interaksi Dengan Penonton Langsung dari Halaman Broadcast

Salah satu fitur yang menyenangkan dari StreamYard ini, kita tidak perlu membuka platform destinasi siaran langsung-nya untuk melihat pertanyaan yang masuk.

Sebagai yang membuka ruang studio, kita akan melihat pertanyaan yang masuk langsung dari halaman pengaturan kita.

Pertanyaan tersebut bisa dengan mudah kita tampilkan ke layar percakapan untuk dibaca bersama, dan membuat obrolan jadi terasa lebih profesional.

Bisa Menambahkan Banner dan Tulisan Berjalan Dengan Mudah

Pasti sering lihat seperti di TV kalau setiap siaran itu ada nama pembicara atau teks berjalan. Nah, ini semua bisa ditambahkan dengan mudah oleh pengundang siaran. Ada beberapa pilihan jenis banner dan warna yang bisa dipilih.

Kalau lihat gambar contoh yang saya sertakan di atas, nah itu ada tulisan berjalan. Jadi selain bisa menambahkan nama, berbagi layar presentasi, kita juga bisa menambahkan teks berisi informasi judul kegiatan ataupun penyelenggaran kegiatan sebagai banner atau teks berjalan.

Tidak Ada Gangguan Suara dari Penonton

Fitur yang ini penting banget! Saya sering terganggu kalau misalnya dalam kegiatan presentasi yang disiarkan langsung dari Zoom, tiba-tiba ada suara keributan dari peserta lain. Suara pembicara jadi tidak terdengar baik.

Karena jumlah orang yang masuk ke studio StreamYard terbatas, dan yang suaranya terdengar hanya orang yang sedang terlihat di layar, maka gangguan seperti ini bisa dihindari.

Oh ya, StreamYard juga menggunakan sistem pengaturan di mana tidak semua orang yang hadir di studio bisa langsung naik panggung langsung. Semuanya diatur oleh pengundang/operator.

Jadi benar-benar seperti studio siaran profesional ya, karena tidak sembarang orang bisa naik panggung atau bikin berisik.

Gratisan Cukup, Bayar Kalau Mau Lebih Keren

Ini informasi paling penting. Mungkin dari tadi sudah ada yang bertanya-tanya apakah layanan StreamYard ini gratis atau bayar.

Seperti halnya layanan lain, StreamYard ini ada versi gratis dan bayar. Kalau mau mendapatkan fasilitas lebih, tentu saja kita perlu membayar. Tapi untuk kebutuhan amatir seperti saya sih, sekarang ini fitur gratisan buat saya sudah lebih dari cukup.

Kalau ingin menyiarkan kegiatan di Zoom Meeting, kita harus memakai akun berbayar, nah untuk StreamYard kita bisa siaran dengan akun gratis.

Beberapa fitur yang bisa didapat dengan membayar antara lain:

  • streaming ke beberapa platform sekaligus
  • mengganti logo dengan logo sendiri
  • bisa mengganti gambar background studio
  • lebih banyak peserta yang bisa hadir di studio
  • fasilitas rekaman tidak terbatas
  • jumlah jam siaran juga bisa lebih banyak daripada yang gratis.

Saya tidak akan memberi tabel perbandingan antara fitur gratis dan bayarnya, karena menurut saya kalau ingin mencoba, cukup dengan yang gratis saja saat ini.

Penutup

Setelah membaca ini, kira-kira Mamah mau mencoba memakai StreamYard ini tidak untuk kegiatan livestream di komunitas yang diikuti?

Atau Mamah punya rekomendasi layanan livestream lain yang jadi favorit dan gampang dipelajari?

Kalau ada yang punya pertanyaan atau ingin berbagai pengalaman silakan tulis di komentar ya, Mah!

Default image
Risna
WordPress Blogger, tinggal di Chiang Mai Thailand. Sedang hobi desain Canva dan Kinemaster selain menonton Film dan drama Korea.
Articles: 7

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: