Meet Now on Skype

Meet Now on Skype, Alternatif Bertemu Keluarga Besar

Halo Mamah,

Masih ada yang ingat dengan Skype? Jauh sebelum ada ZOOM meeting, Google Meet atau panggilan video di WhatsApp, aplikasi untuk panggilan suara ataupun video melalui internet itu ya Skype.

Kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang fitur baru dari Skype (bukan iklan loh). Buat para mamah yang tidak bisa mudik dan ingin berkumpul bersama keluarga besar, perlu tahu nih kalau Skype juga bisa jadi alternatif untuk bertatap muka dengan keluarga besar (sampai dengan 100 orang). Pertemuannya bisa direkam juga buat jadi kenang-kenangan.

Skype Dulu dan Sekarang

Skype berkantor pusat di Luxemburg dan mulai ada sejak tahun 2003. Aplikasi Skype sempat sangat populer sekitar tahun 2005 karena bisa untuk melakukan panggilan suara gratis lewat internet. Lalu, tahun 2011 Skype menjadi bagian dari Microsoft.

Setelah hampir lenyap dikalahkan oleh aplikasi pesan instan lainnya, perlahan-lahan Skype ternyata mulai menambahkan fiturnya.

Skype Dulu: Voice over IP (VOIP)

Saya masih ingat, waktu paman saya yang tinggal di Jerman datang ke Indonesia (sekitar tahun 2005-an). Paman saya mencari koneksi internet untuk bisa melakukan panggilan video melalui Skype dengan istri dan anaknya yang tidak ikut ke Indonesia. Pada masa itu, untuk bisa menggunakan internet, saya masih menggunakan dial up dan pilihan utama ya telkomnet instan.

Saya juga masih ingat, sejak saya tinggal merantau di Chiang Mai, saya memakai Skype berbayar supaya  bisa menghemat biaya komunikasi menelpon ke Indonesia. Biaya mengirinkam pesan singkat dari nomor Thailand ke Indonesia juga terasa mahal. Jadi, sesekali ya saya telepon ke rumah menggunakan fitur voice over IP (VOIP) Skype.

Saya sempat berusaha mengajarkan orang tua saya memakai Skype, supaya bisa melakukan panggilan Skype to Skype yang gratis. Tapi, apa daya, tahun 2007 koneksi internet di Indonesia belum seperti sekarang ditambah lagi belum dikenal adanya ponsel pintar seperti sekarang.

Mulai dari mengajarkan koneksi dial-up nya, sampai harus buka aplikasi Skype dan melakukan panggilan, pada masa itu tidak mudah sama sekali. Terkadang, setelah terkoneksi dari Skype ke Skype, eh koneksi internetnya jelek, akhirnya ya bubar ga bisa ngobrol dengan enak.

Sampai anak pertama lahir di tahun 2010, saya ingat kalau Skype masih pilhan pertama untuk bisa ngobrol dengan keluarga yang di Indonesia tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Sejak semua orang memakai WhatsApp, saya tidak lagi menggunakan Skype. WhatsApp sudah menjadi aplikasi untuk berkomunikasi dengan keluarga besar. Selain untuk berkomunikasi melalui pesan tulisan, saya juga bisa melakukan panggilan suara atau panggilan video melalui WhatsApp.

Baca juga: Cara mengamankan akun WhatsApp dari Pembajak

Sekarang: Meet Now on Skype

Beberapa waktu lalu, seorang teman di komunitas yang saya ikuti bertanya apakah komunitas kami mempunyai user id Skype. Saya yang hampir lupa dengan nama itu agak heran dan bertanya-tanya untuk apakah user Skype. Dalam hati dilanjutkan, “emangnya masih ada yang pakai Skype ya?”

Ternyata, salah satu media yang sedang kami jajaki untuk bekerjasama mengajak bertemu melalui panggilan video Skype. Karena sistem mereka hanya menggunakan Skype untuk komunikasi, mau tak mau kami harus mengikuti menggunakan Skype untuk berkomunikasi dengan mereka. 

Dengan masih bertanya-tanya, saya masuk ke situs Skype untuk membuat user id komunitas kami. Lalu, saya baru menyadari kalau Skype yang sekarang sudah berbeda dengan Skype yang saya ingat. 

Selama ini yang saya tahu beberapa aplikasi untuk panggilan video itu ya  WhatsApp Video Call untuk komunikasi yang sifatnya tidak lebih dari 8 orang. Pilihan lainnya menggunakan Zoom Meeting dan Google Meet gratisan untuk pertemuan sampai dengan 100 orang.

Sekarang saya jadi tahu ternyata Skype juga punya fitur bertemu sampai dengan 100 orang secara gratis yang namanya Meet Now on Skype.

Antara Zoom Meeting, Google Meet dan Meet Now on Skype

Mungkin akan ada yang sudah punya Zoom pro dan merasa cukup dengan itu, atau ada yang mencukupkan diri dengan Google Meet. Tapi buat saya mengetahui alternatif lain itu menyenangkan. Alasannya terutama kalau sebuah layanan terlalu banyak yang memakai, seringkali saya terpental keluar dari ruang pertemuan.

Sudah seringkali ketika mengikuti pertemuan Zoom di akhir pekan, walaupun koneksi internet saya baik-baik saja, saya terpental keluar dari ruang pertemuan. Beberapa teman saya malah tidak bisa masuk ke ruang pertemuan. Makanya nih saya senang sekali ketika mengetahui adanya fitur Meet Now on Skype ini.

Fitur Zoom dan Google Meet versi Gratis

Sebelum saya menjelaskan fitur yang dimiliki Skype Meet Now, saya akan tuliskan dulu fitur Zoom dan Google Meet versi gratis.

Zoom versi gratis itu dibatasi percakapan setiap 40 menit akan terputus. Kita bisa merekam secara lokal, tapi tidak bisa menyiarkan secara langsung. Fungsi Zoom memang untuk berkumpul dalam 1 ruangan.

Untuk versi berbayarnya, Zoom menambahkan fitur supaya ruang rapatnya bisa disiarkan secara langsung ke Youtube atau Facebook. Selain itu Zoom berbayar bisa untuk kegiatan berbentuk webminar juga. Kalau namanya sudah berbayar, tentu saja ada banyak layanan lebihnya ya, jadi pembahasan yang berbayarnya dicukupkan dulu, hehehe.

Google Meet versi gratis tidak ada batasan waktu, akan tetapi saya tidak menemukan fitur untuk merekam atau menyiarkan secara langsung. Kalau tujuannya untuk sekedar ngobrol dengan anggota keluarga, Google Meet memang sudah cukup.

Fitur Meet Now on Skype

Ada beberapa fitur Meet Now on Skype yang menarik sekali buat saya. Sayangnya saya belum bisa mencoba semua fitur dengan lengkap. Saya akan sebutkan apa yang sudah saya coba dan apa yang belum ya.

  1. Ruang meeting bisa menampung 100 orang. Wow banget kan bisa menggunakan fitur gratisan sampai 100 orang. Ya Google Meet juga bisa segini, tapi ada yang dimiliki Skype Meet Now yang tidak dimiliki Goggle Meet, yaitu fitur ke-2.
  2. Ruang meeting bisa direkam. Meet Now on Skype ini memang jadi kombinasi Zoom dan Google Meet gratis jadi satu. Kalau Zoom free dibatasi 40 menit tapi bisa direkam, sedangkan Google Meet tidak dibatasi waktu tapi tidak bisa direkam. Meet Now on Skype tidak dibatasi waktu dan percakapan bisa direkam. Saya membutuhkan fitur rekam karena terkadang saya butuh memutar ulang percakapan untuk kenang-kenangan. Fitur merekam percakapan ini juga bisa digunakan untuk podcast-an bareng teman-teman di komunitas saya.
  3. Mudah mengganti background tanpa green screen. Fitur ini hanya bisa dilakukan kalau kita menggunakan aplikasi Skype nya dan bukan dari browser. Hasilnya lebih keren lah dibandingkan Zoom yang biasanya butuh dinding polos atau green screen supaya bisa pakai gambar latar belakang.
  4. Ada fasilitas subtitle secara live. Nah fitur ini sebenarnya belum terlalu sempurna untuk bahasa selain Inggris. Tapi, kalau misalnya nih, kita butuh berkomunikasi dengan English speaker, kan lumayan banget tuh kalau ada fitur subtitle-nya.
  5. Seperti halnya Zoom, Meet Now on Skype ini juga bisa untuk screen sharing (untuk mempresentasikan sesuatu).

Nah, lumayan banget kan fitur-fitur Meet Now on Skype versi gratis ini.

Oh ya, Skype versi sekarang tetap memiliki fitur lamanya yang bisa bertukar pesan instan maupun menelpon ke nomor telepon biasa. Untuk negara-negara tertentu, kita juga bisa memiliki nomor Skype untuk dihubungi dari telepon biasa. Sayangnya fitur ini tidak tersedia untuk Thailand ataupun Indonesia.

Cara Menggunakan Meet Now on Skype

Cara menggunakan untuk melakukan pertemuan dengan banyak orang mudah sekali, kita bisa menggunakan di ponsel ataupun di komputer. Syarat terpenting itu koneksi internet. Intinya sih kita hanya perlu memberikan alamat url yang bisa diklik oleh orang yang kita undang untuk bergabung dalam ruang pertemuan yang kita ciptakan.

Untuk penggunaan di ponsel, kita bisa buka url Skype melalui browser. Biasanya kalau di ponsel kita belum ada aplikasi Skype, browser akan mengarahkan kita untuk mengunduh aplikasi Skype dan login menggunakan alamat email kita.

Meet Now on Skype
Halaman depan Skype.com

Kalau kita tidak ingin membuat user id Skype, kita bisa memakai browser di komputer saja. Dari halaman depan, kita bisa pilih untuk membuat panggilan video gratis.

Langkah membuat panggilan video gratis di Skype:

Langkah melakukan panggilan video di Skype
Langkah – langkah untuk melakukan panggilan video gratis di Skype
  1. Isi nama ruang pertemuan kita dan klik untuk menciptakan alamat undangan ke ruang pertemuan.
  2. Salin alamat undangan yang tercipta.
  3. Ada beberapa pilihan untuk mengirimkan alamat undangan ruang pertemuan. Setelah kita kirimkan undangan, kita bisa pilih untuk memulai panggilan (Start Call).
  4. Ketika menggunakan di komputer, kita bisa bergabung sebagai Guest (tanpa user id), tapi untuk yang menerima undangan bergabung, jika mereka menggunakan ponsel, biasanya mereka akan diarahkan mengunduh, instal dan menciptakan user id sebelum bisa masuk ke ruang pertemuan.
  5. Di komputer, kalau kita memilih bergabung sebagai tamu tanpa user id, kita bisa masukkan saja nama kita dan klik tombol Join.
  6. Langkah selanjutnya, kita bisa memulai pertemuan dengan mengklik Start Meeting.
  7. Jangan lupa memberi akses ke mikrofon dan kamera supaya suara kita terdengar dan video kita bisa ditampilkan.
start meeting di skype
Kalau sudah terhubung ya bisa langsung ngobrol

Setelah itu, kita tinggal menunggu yang lain untuk bergabung. Kalau semua sudah bergabung ya udah langsung ngobrol deh, kita bisa pilih rekam atau tidak (sesuai kebutuhan).

Cara untuk bergabung Meet Now on Skype lebih mudah lagi, mereka hanya perlu membuka alamat undangan ke ruang pertemuan (login ke Skype masing-masing), dan langsung bisa ngobrol deh.

Penutup

Semoga informasi ini berguna ya buat alternatif mamah gajah yang belum bisa pulang di hari lebaran gara-gara pandemi ini. 

Saya bersyukur kalau perkembangan teknologi internet bisa membuat kita yang jauh ini tetap bersilaturahmi, walaupun hanya lewat layar saja.

Semoga pandemi segera berlalu, supaya kita semua bisa bertemu dengan keluarga besar kita yang jauh di mata namun dekat di hati. Apalagi seperti kami yang tidak bisa pulang ke tanah air.

Default image
Risna
Blogger, tinggal di Chiang Mai Thailand. Sedang hobi desain Canva dan Kinemaster selain menonton drama Korea.
Articles: 5

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: