Mendidik Anak Di Rumah Bersama Islamic Home Based Education

Menjalani peran sebagai seorang ibu adalah hal yang menakjubkan. Bisa menyaksikan anak bertumbuh setiap hari bahagia sekali ya mah. Layaknya dua sisi koin, peran ibu juga ada sisi sedihnya misal kesepian saat mendidik anak di rumah.

(Foto : Markus Wrinkler – Unsplash)

Alhamdulillah manfaat kemajuan teknologi sekarang memudahkan kita mencari solusi dari rasa sepi ini yaitu tetap terhubung dengan keluarga dan sahabat serta menemukan teman baru dalam komunitas. Pada tulisan ini saya ingin bercerita tentang komunitas para ibu muslimah yang sudah saya ikuti sejak beberapa bulan ini.

Mengenal Islamic Home Based Education

Islamic Home Based Education disingkat IHBE adalah sebuah grup berbasis Whatsapp yang bertujuan sebagai sarana agar para ibu istiqomah mendidik anak dengan Fokus Pendidikan Anak yang ditentukan oleh masing-masing ibu. Kegiatannya adalah laporan harian para ibu yang telah memenuhi check list planner stimulasi anak mereka. IHBE bukan hanya menjadi wadah kegiatan, grup ini menjadi sumber support para ibu agar tidak lagi merasa kebingungan dalam mendidik anaknya, merasa sendirian, bahkan insecure di tengah era media sosial yang penuh postingan tentang ilmu parenting dan ide bermain.

Manfaat Peserta

Saya sendiri sudah mengikuti IHBE sejak batch 5 dan merasakan benefitnya yang terus bertambah. Menjadi bagian dari IHBE membuat saya bertemu dengan para peserta yang terdiri dari para ibu anak homeschooling maupun sekolah formal. Kali ini IHBE akan memulai batch 14 dengan keuntungan menjadi anggota grup ini adalah:

  1. Mendapat rekap laporan otomatis setiap hari.
  2. Modul dan lembar kerja bertema cabang iman.
  3. Checklist Perkembangan Anak sesuai Kurikulum Diknas.
  4. Kuliah Whatsapp pekanan sebanyak 4 kali.
  5. Weekly Planner Challenge.
  6. Portfolio Challenge.
Contoh sharing di grup IHBE

Kurikulum Dalam IHBE

Setiap batch IHBE akan berbeda tema kurikulumnya, sumber diambil dari Kitab 70 Cabang Iman. Sub tema dibedakan setiap pekan, panitia akan pilihkan ayat Al Qur’an yang sesuai sub tema lalu menjadi dasar pemilihan ide stimulasi pekan tersebut sesuai usia anak. Naskah tema akan dibagikan setiap akhir pekan untuk jadi pegangan para ibu merancang jadwal stimulasi pekanan. 

Mamah diajak konsisten susun planner pekanan

Setiap batch akan dibuka dengan perkenalan oleh founder IHBE yaitu Teh Sirin Zahra sekaligus ajang tanya jawab para peserta. Masa percobaan 3 hari memudahkan peserta baru untuk uji coba sistem pelaporan dengan rekap otomatis. Pada akhir kegiatan akan ada pengumuman peserta lulus yaitu mamah yang istiqomah stimulasi dan absen. Satu peserta yang memenuhi kriteria tertentu akan dipilih sebagai peserta terbaik. Mirip seperti Tantangan Bulanan MGN ya mah.

Pengumuman peserta lulus

Sejak mengikuti kegiatan ini saya merasakan adanya suntikan semangat lebih untuk mendidik anak di rumah. Apalagi di grup sering ada yang berbagi cerita di rumah jadi para ibu bisa saling menyemangati. Pokoknya no julid julid club deh. Walaupun berbeda kurikulum yang digunakan, anggota grup tidak ada yang merasa paling baik dan tidak saling cela, adem deh pokoknya. Ya karena memang pada akhirnya tujuan mendidik anak adalah untuk kebaikan, hanya berbeda metode dan prosesnya saja.

Pembukaan Batch 14

Masa kegiatan IHBE per batch adalah 1 bulan. Kali ini batch 14 akan diadakan dari 13 Desember 2022 – 8 Januari 2023. Berikut timeline detailnya:

Timeline IHBE Batch 14

Peserta setiap batch IHBE boleh mengikuti batch berikutnya tanpa terkecuali. Sepengalaman saya rata-rata para mamah mau ikut daftar ulang, alhamdulillah banyak yang sudah merasakan manfaatnya.

Syarat Ikut IHBE Batch 14

Sampai sini sudah penasaran mah syarat bisa mengikuti IHBE ini? Yuk disimak:

  1. Muslimah yang telah memiliki anak.
  2. Follow akun IG @islamichomebasededucation
  3. Share poster IHBE batch 14 ke status WA dan/atau story IG
  4. Share poster ke minimal 1 grup WA atau tag 3 teman di postingan poster batch 14 di akun IG IHBE.
  5. Transfer infaq min. 50k/ortu ke rekening yang telah ditentukan.

Live IHBE Bersama ITBMH

Tertarik ingin tahu lebih lanjut mah? Silakan tonton live ITBMH bersama Islamic Homebased Education 28 Oktober 2022 berjudul Istiqomah Mendidik Anak Setiap Hari Bersama IHBE berikut :

Gimana nih mah setelah mendengar penjelasannya, tertarik ikut? Pendaftaran batch 14 akan ditutup besok 7 Desember 2022 lho mah. Langsung aja klik link pendaftaran ini atau ke Instagram Islamic Home Based Education. Mendidik anak adalah amanah yang indah, semoga IHBE bisa jadi alat bantu untuk mamah dan support system positif yang dibutuhkan. See you there mah!

Patricia Herdita
Patricia Herdita
Articles: 2

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: