Tantangan Blogging MGN Mei 2024 “Perbandingan (Versus)”

Setelah keriaan liburan di bulan lalu, yang membuat banyak Mamah menjadi deadliners, kita masuk ke tema tantangan baru di bulan Mei ini. Silahkan disimak penjelasan mengenai tema tantangan blogging MGN bulan Mei langsung oleh Mamah Host Jade yang biasa menulis di www.jsplife.wordpress.com.

Every individual matters.
Every individual has a role to play.
Every individual makes a difference.


-Jane Goodall –

Sejatinya manusia lahir, hidup dan membuat catatan riwayat akhir dalam keadaan berbeda.

Karenanya perbedaan adalah sebuah keniscayaan yang perlu kita rayakan alih-alih mendatangkan perisakan yang membuat perbedaan dan keunikan seolah cela.

Di tantangan bulan Mei 2024 ini, yang juga bulan kebangkitan, Mamahs diminta membagikan cerita tentang perbandingan (versus). Boleh dalam tataran filosofi, maupun praktik hidup. Dalam skala makro maupun skala mikro. Bisa dari manusia maupun makhluk lain pendukung kehidupan.

Karena Mamahs pasti bisa membayangkan betapa gak asiknya kalau kita semua punya tontonan, hobi, ketertarikan dan pola hidup yang sama. Akan sangat membosankan dan menjemukan.

Di bulan ini, kita akan sama-sama merayakan perbedaan. Bukan untuk saling berseteru di ujung-ujung kutub yang berbeda. Tetapi untuk merangkul perbedaan-perbedaan itu.

Untuk akhirnya kita bisa saling belajar dari pengalaman masing-masing dalam menghadapi dan merangkul perbedaan. Yaa karena Mamah-mamah kan biasanya gak mau rugi ya, segala yang bisa ditarik benang merahnya, di situ jadi jendela belajar 😂, buat diri sendiri dan buat kehidupan di sekitar kita. Sambil mengingat dan mengenang bulan ini kita juga merayakan hari pendidikan.

Yaa paling gampang sih, sisa cerita libur lebaran kemarin lah ya, saat Mamah bisa ketemu dengan bentang alam, sosial dan budaya yang bisa jadi jauh dari tempat kita hidup, atau malah dekat dengan sudut pandang yang berbeda.

Mamah juga bisa mengelaborasi tempat-tempat pernah Mamah singgahi baik di dunia nyata, maya maupun dunia literasi. Bisa perjalanan fisik jarak pendek-panjang, perjalanan studi, bahkan perjalanan ruhani dan spiritual. Mengambil hal yang bukan hanya terlihat baik-buruk, hitam-putih, tetapi mengintip lebih jauh ke root case-nya sehingga tulisan yang Mamah sajikan, lengkap dengan konteks, bukan sebuah penghakiman, tetapi sebuah pengamatan akan perbedaan. Tanpa penilaian.

Bisa pengalaman Mamah jadi yang paling beda dari sekitar atau cara pandang Mamah terhadap yang berbeda. Mungkin dalam konteks keluarga, pertemanan, kenegaraan atau yaaa sebagai titik dari kehidupan yang lebih besar lagi.

Hanya berbeda.

Seperti pengalaman seorang teman dalam sebuah kereta Commuter Line. Saat ia naik, ada dua orang anak kecil yang sibuk membuat atraksi di dalam kereta. Dua anak ini berkejaran tak berketentuan.

Semua orang dalam kereta rasanya punya sebuah niatan yang sama, menegur seorang bapak yang tertidur, yang sepertinya adalah bapak kedua anak ini. Saat salah seorang penumpang menegurnya, “Pak tolong ini dari tadi kedua anak bapak membuat kegaduhan di kereta!”

Bapak tersebut langsung terbangun dengan kaget dan campuran rasa tidak enak, “Mohon maaf ya, Pak, Ibu kedua anak ini baru saja meninggal.”

Deg! Ternyata “gaduh” adalah ekpresi kesedihan anak-anak itu.

Penumpang kereta yang tadinya mau ngamuk, berubah menjadi penuh empati pada bapak dan kedua anaknya ini.

Beda tempat, beda konteks, beda cerita di belakangnya, bisa berbeda juga cara pandangnya.

Balik lagi ke tantangan ya, Mah. Jangan lupa ingat ketentuan tantangan blogging dibawah ini yaa:

Ketentuan Umum Tantangan Blogging MGN

  • Peserta telah menjadi anggota Mamah Gajah Ngeblog dan mengisi formulir pendaftaran member
  • Tulisan minimal berjumlah 520 kata dan maksimal 1520 kata (tidak termasuk caption foto)
  • Peserta menulis tulisan blog sesuai dengan tema Tantangan Blogging bulanan MGN yang telah ditentukan
  • Peserta hanya bisa menyetor 1 link tulisan yang berisi ketentuan lengkap Tantangan MGN
  • Periode menulis dari tanggal 1 hingga 20 Mei 2024.
  • Memberikan link ke halaman ini di anchor text ‘Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog’
  • Menaruh banner Tantangan Blogging MGN 2024 dalam artikel. Download banner di sini.
  • Mengisi formulir setoran Tantangan Blogging MGN. Jika terkendala mengisi form di bawah, bisa mengisi melalui link ini.
  • Peserta mengutamakan mengisi formulis setoran, kemudian mengisi list blogwalking di dalam grup Telegram Mamah Gajah Ngeblog
  • Tanggal 21 hingga tanggal 25 Mei periode voting 4 kategori (relatable/penyesuaiannya, unik, enak dibaca dan populer)
  • Juara favorit dihitung dari total 3 kategori (relatable/penyesuaiannya, unik, dan enak dibaca)
  • Juara favorit pilihan Mamah Host, sesuai dengan penamaannya, tulisan yang dipilih khusus secara independen oleh Mamah Host
  • Peserta dipersilahkan membagikan/mengkampanyekan pada umum untuk memilih tulisannya dalam form voting agar terpilih sebagai tulisan populer. Tulisan populer akan dihitung setiap tiga bulan sekali.

Hadiah Tantangan Blogging

  • 5 Penyetor Tercepat mendapatkan badge menarik
  • 10 Penyetor Tercepat mendapat tambahan poin, maksimal pengumpulan adalah 7 hari. Lima penyetor pertama akan memperoleh poin setara 3 votes dan 5 penyetor kedua memperoleh poin setara 2 votes
  • 10 Juara Favorit yang terpilih mendapatkan badge menarik
  • 5 Mamah juara lainnya mendapatkan badge masing-masing sesuai kategorinya
  • Konsisten menyetor artikel Tantangan Blogging MGN per bulan mendapatkan E-certificate setahun
  • Mamah Host yang rajin mendapatkan badge menarik

Penutup

Demikian penjelasan tantangan bulan ini, MahMin menunggu tulisan Mamah semua ya. Tiada kesan tanpa kehadiran tulisanmu, Mahs 😁

Restu Eka Pratiwi
Restu Eka Pratiwi
Articles: 33

6 Comments

  1. […] sudah menebak bahwa saya menulis versus antara tinggal di Indonesia dengan di Kazakhstan untuk tema Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan Mei? Kalau ada, brati Mamah knows me so well ehehe, karenanya saya tersanjung dan terima […]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *