Air Fryer Actifry

Air Fryer, ActiFry, dan Tips Sebelum Membeli Alat Menggoreng Dengan Sedikit Minyak

Apakah Mamah sedang berusaha mengurangi makan makanan yang digoreng? Air Fryer dan Actifry bisa menggoreng dengan sedikit bahkan tanpa minyak. Berikut hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum membeli. Baca yuk!

Sekitar tahun 2013, di saat minyak goreng belum semahal sekarang, saya melihat ActiFry dari Tefal didemokan. Saat itu, ada 2 jenis alat masak yang tidak memerlukan minyak banyak untuk menggoreng yaitu ActiFry dari Tefal dan Air Fryer dari Phillips. Pada dasarnya, kedua alat ini menggunakan teknologi yang sama untuk menggoreng dengan sedikit minyak, yaitu dengan udara yang sangat panas dan udaranya dibuat berputar di dalam mesinnya.

Saat didemokan, tentu saja yang paling menarik perhatian adalah kentang goreng alias french fries dan ayam goreng bagian sayap. Biasanya 2 menu itu adalah menu yang sering dimasak di rumah, karena anak-anak menyukainya.

Sekilas, alat masak ActiFry dan Air Fryer ini cara kerjanya mirip oven. Perbedaannya terkait dengan bentuk dan ukuran yang lebih kecil dari oven, membuat alat ini memungkinkan untuk memasak kentang goreng yang biasanya butuh digoreng dengan minyak banyak, hanya membutuhkan sedikit minyak.

Selain untuk menggoreng, alat masak dengan teknik Air Fryer ini bisa juga memasak berbagai makanan yang biasanya dimasak di oven. Jadi bisa juga untuk masak steak, masak kue, dan bahkan memanaskan atau memasak makanan beku dari freezer. Tentunya dengan catatan, ukuran wadah makanan cukup kecil untuk masuk ke dalam tempat memasaknya.

Perbedaan ActiFry dan Air Fryer

Untuk yang di Indonesia, mungkin ada yang baru mendengar tentang ActiFry dan lebih sering mendengar Air Fryer. Perbedaan utama dari benda ini adalah teknik memasaknya. Walaupun sama-sama menggunakan suhu panas untuk memasak makanan, tapi ActiFry mempunyai bagian yang berputar ditengahnya untuk membalik-balik makanannya supaya mendapatkan panas yang merata. Kalau memasak dengan Air Fryer, kita perlu mengeluarkannya dan meratakan panasnya, dengan ActiFry tidak perlu lagi menggoyangnya karena ada pengaduknya.

Bentuk actifry yang tengahnya bolong ini membuat tidak memungkinan untuk memasak sesuatu di pinggan yang besar seperti memasak di oven ataupun Air Fryer.

Benarkan Bisa Menggoreng Dengan Sedikit Minyak?

Menggoreng ayam tanpa minyak sama sekali

Kebanyakan orang yang ingin makan enak (makan gorengan) tapi tidak ingin makan minyak banyak tentu saja antara percaya tidak percaya dengan teknologi ini. Saya sudah membuktikan kalau memang kita bisa menggoreng french fries dengan cukup 1 sendok minyak goreng. Bahkan untuk beberapa bahan makanan yang memiliki lemak seperti ayam atau daging, kita bisa menggorengnya tanpa menambahkan minyak sama sekali.

Tapi jangan lupa, untuk potongan yang terlalu besar, mungkin akan butuh waktu lama untuk memasaknya, Untuk potongan seperti bagian sayap, kita perlu memarinasi atau membumbui ayam terlebih dahulu beberapa menit sebelum menggorengnya supaya bumbunya meresap rasanya ke ayam gorengnya.

Menggoreng bala-bala dengan sedikit minyak

Saya sudah mencoba menggoreng berbagai hal termasuk ikan dan bakwan alias bala-bala dengan menggunakan ActiFry. Untuk menggoreng makanan tertentu, saya mencabut bagian pemutar dan menggunakannya seperti oven saja dan perlu membalik sendiri untuk meratakan panasnya.

Seperti kebanyakan mamah yang suka bala-bala alias bakwan, saya juga bertanya-tanya apakah bisa menggoreng bakwan denan sedikit minyak. Jawabannya bisa, tapi rasanya berbeda dan lebih enak bala-bala yang digoreng dengan minyak hehehe.

Memang bisa jadi seperti bakwan, akan tetapi rasanya jadi seperti kue dibandingkan bakwan, hehehe. Kalau bakwannya terlalu tebal juga akan butuh waktu lebih lama untuk menggorengnya.

Saat ini kesimpulan saya, untuk menggoreng bakwan dan beberapa jenis makanan tertentu, masih lebih cepat menggoreng dengan minyak dan pastinya lebih enak. Kalau memang ingin sehat, sekalian nggak usah makan bakwan daripada memaksakan diri menggunakan airfyer untuk memasak bakwan, hehehe… Air Fryer masih lebih terasa gunanya kalau kita suka makan kentang goreng, ataupun berbagai jenis nugget.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Air Fryer atau ActiFry

Sejak tahun saya membeli, teknologi ActiFry dari Tefal maupun Air Fryer yang dulunya dimulai oleh Philips sudah sangat berkembang. Saat ini ada berbagai jenis Air Fryer yang dijual. Bahkan Phillips maupun Tefal sudah mengeluarkan berbagai aksesori dan variasi ukuran dari alat memasak yang dipromosikan bisa memasak dengan konsumsi minyak yang sangat sedikit.

Masing-masing jenis alat masak Air Fryer ini tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi apa sih yang perlu diperhatikan ketika akan membeli alat masak ini terutama terkait dengan anggaran yang harus disediakan untuk membeli.

Daya Listrik Yang Digunakan

Banyak yang bertanya-tanya apakah Air Fyer menggunakan daya listrik yang besar? Dan apakah menggunakan airfryer ini akan mengakibatkan membayar listrik menjadi mahal? Jawabannya tentu saja karena alat ini menggunakan listrik untuk memanaskan, sudah pasti butuh diperhatikan daya yang dibutuhkan untuk menggunakannya.

Perhatikan saja spesifikasi pemakaian daya dari alat ini sebelum membeli, dan pastikan kalau listrik di rumah kita cukup besar. Semakin besar daya yang dibutuhkan sebenarnya akan semakin cepat untuk memanaskan, artinya juga akan semakin cepat proses memasak.

Ada jenis Air Fryer tertentu yang dayanya bisa diatur, hal ini mirip dengan Microwave yang bisa diatur tingkat panasnya. Jadi ya pastikan saja rumah kita mampu menjalankan tambahan gadget dapur kita ini.

Apakah harga listrik akan lebih mahal dibandingkan membeli minyak goreng yang harganya naik? Ya jangan membandingkan seperti itu, ingatlah kalau menggunakan lebih sedikit minyak, ini demi kesehatan juga. Kesehatan itu mahal harganya loh

Kenaikan tagihan listrik bisa jadi agak terasa kalau sering menggunakannya. Sama saja seperti ketika kita membeli oven listrik atau peralatan listrik lainnya yang sering digunakan. Tapi ya tentunya ini kan demi sehat kan, Mah!

Kapasitas Alat Masak Berbanding Jumlah Anggota Keluarga

Seperti saya sebutkan, ukuran dari Air Fryer umumnya lebih kecil dari oven. Dari merk yang sama juga mempunya berbagai ukuran kapasitas memasak. Kapasitas memasak ini juga mempengaruhi harga alatnya. Kebanyakan sih kalau yang murah kapasitasnya kecil.

Kalau keluarga kita hanya terdiri dari 2 sampai 4 orang, masih cukuplah menggunakan Air Fryer untuk menggoreng. Tapi kalau anggota keluarga kita lebih dari 4, rasanya tidak praktis kalau menggunakan Air Fryer. Mungkin lebih baik mempertimbangkan memasak menggunakan oven saja atau ya digoreng dengan penggorengan biasa saja.

Menu masakan yang kita sering masak

Tidak semua jenis masakan bisa dimasak di Air Fryer. Sebelum membeli, lebh baik mencari resep masakan yang memang bisa dimasak di Air Fryer dan tanyakan apakah kita memang sering memasak makanan seperti itu di rumah? Cari tahu juga apakah jenis masakan yang sering kita masak tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk memasaknya dengan menggunakan Air Fryer ini?

Pastikan saja kita membeli model yang ada timernya sehingga kita bisa merasa aman meninggalkannya dan alat masak akan mati sendiri seperti microwave ataupun oven listrik.

Tempatnya di dapur

Bagian ini juga penting, karena benda ini butuh tempat juga. Kalau bagian dapur kita sudah penuh semua dan tidak ada lagi tempat meletakkannya, kemungkinan besar tandanya tidak boleh nambah gadget di dapur. Karena akan sangat repot kalau kita harus memindah-mindahkannya ketika alat ini butuh untuk dipakai. Atau solusi lain ya, harus ada yang dihilangkan dari meja dapur supaya Air Fryernya bisa selalu tersedia untuk digunakan.

Oh ya, untuk yang mempertimbangkan membeli ActiFry atau AirFyer, perlu diketahui kalau ActiFry yang bentuknya lebih melebar akan butuh tempat lebih luas. Sedangkan airfyer bentuknya meninggi ke atas. Tapi kembali lagi, ukuran ini akan tergantung dari kapasitas alat masak yang kita pilih.

air fryer
Contoh menu makanan yang dimasak menggunakan Air Fryer

Penutup

Perlu diingat, teknik menggoreng dengan Air Fryer ini berusaha meratakan minyak dengan udara panas, tentu saja berbeda rasanya dengan makanan yang memang direndam dalam minyak panas. Karena dari itu, tidak semua jenis makanan akan menghasilkan citarasa yang sama ketika digoreng dengan Air Fryer seperti digoreng dalam minyak.

Kalau Mamah memang ingin menghindari makan terlalu banyak minyak, mungkin bisa melupakan jenis makanan yang biasanya digoreng dan mengganti pola hidup sehat lainnya. Tapi bisa juga mempertimbangkan membeli alat ini untuk anggota keluarga lainnya yang mungkin sangat menyukai makanan yang digoreng. Dengan menggunakan Air Fryer, tentunya konsumsi minyak goreng bisa dikurangi.

Apakah Mamah sudah memiliki Air Fryer di rumah? Atau Mamah pernah mempertimbangkan untuk membelinnya tapi merasa belum perlu? Ada yang ingin berbagi tips dan resep tentang penggunaan Air Fryer? Kalau Mamah punya banyak resep dan atau ceritanya agak panjang, Mamah boleh juga kok mengirimkan tulisannya sebagai tulisan untuk situs Mamah Gajah Ngeblog ini.

Risna
Risna

WordPress Blogger, tinggal di Chiang Mai Thailand. Sedang hobi desain Canva dan Kinemaster selain menonton Film dan drama Korea.

Articles: 21

One comment

  1. Akhirnya aku nyobain teh. Berkah batuk juga mungkin, kalau makan gorengan apalagi yang refry itu batuk kambuh lagi. Tapi aku suka karena minim lengket minyak goreng dan ringkas. Thanks to tulisan ini juga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.