pikmin bloom

Main Pikmin Bloom, Jadi Semakin Rajin Jalan Kaki

Siapa tahu ada yang seperti saya, butuh motivasi dan mencari sesuatu yang membuat lebih bersemangat jalan kaki. Coba main game Pikmin Bloom yuk.

Halo mamah, tahun baru punya resolusi apa nih? Ada yang punya keinginan untuk lebih banyak bergerak setiap hari? Sejak pandemi, kebanyakan kita di rumah saja ya, tapi nggak ada alasan untuk tidak bergerak. Saya termasuk yang tau apa yang baik, tapi masih sering malas bergerak.

Supaya tetap sehat di saat menyongsong rembang senja, kita perlu memperhatikan kesehatan dengan lebih rajin berolahraga. Olahraga yang paling gampang buat saya tentu saja berjalan kaki.

Belakangan ini, saya mulai agak rajin. Bukan saya saja, tapi anak-anak juga. Kami sudah beberapa bulan rutin jalan pagi setiap hari, sambil main game Pikmin Bloom. Gara-gara main game ini, saya bisa jalan lebih dari 10 ribu langkah loh! Walaupun ini tidak terjadi setiap hari, tapi ya rata-rata saya lebih banyak berjalan sejak main game ini.

Pikmin Bloom merupakan game keluaran Nianticlabs dari Nintedo. Mungkin ada mamah yang bermain Pokemon Go keluaran Nianticlabs juga. Game Pikmin Bloom ini lebih sederhana dibandingkan Pokemon Go. Tujuan game ini adalah menumbuhkan pikmin (sejenis mahluk kecil yang bisa berbunga), membuat bunga mekar dan menyimpan kenangan harian hanya dengan berjalan.

Memanfaatkan Ponsel untuk Menghitung Langkah

Ponsel jaman sekarang ini ada banyak sekali fiturnya, namanya juga smartphone alias ponsel pintar ya. Tapi, tidak banyak yang menyadari kalau hampir semua ponsel jaman sekarang ini, selain bisa dipakai untuk berselancar di internet dan media sosial, bisa juga untuk menghitung jumlah langkah kaki,

Dengan adanya sensor accelerometers dalam ponsel, langkah kaki kita bisa dihitung berdasarkan pergerakan percepatan dari posisinya. Fitur penghitung langkah dan koneksi internet merupakan 2 hal utama yang dibutuhkan untuk bisa main Pikmin Bloom di ponsel.

Sebenarnya kalau mau olahraga jalan kaki, bisa saja kita memakai pedometer biasa untuk menghitung jumlah langkah. Aplikasi lainnya untuk penghitung langkah yang diaktifkan di ponsel juga ada banyak. Akan tetapi, setelah main game Pikmin Bloom inilah, jumlah langkah kaki saya setiap harinya semakin banyak.

Jalan Kaki Jadi Lebih Menyenangkan

Nah, siapa tahu mamah seperti saya, butuh mainan untuk membuat lebih semangat jalan. Mungkin bisa dicoba main game Pikmin Bloom juga. Mainnya gampang banget kok. Kita hanya diminta jalan kaki yang banyak dan sedikit mengelola koleksi Pikmin yang ada.

Sebelum saya bercerita lebih lanjut, bisa dilihat di video singkat ini tentang cara bermain Pikmin Bloom ya mah.

Overview bagaimana cara bermain Pikmin Bloom

Setiap Langkah Jadi Berarti

Kalau dulu biasanya langkah kaki saya rata-rata tidak lebih dari 3.000 langkah, sekarang ini rata-rata harian bisa 5.000 langkah. Prestasi terbanyak sekitar 10.306 langkah yang tercatat di Pikmin Bloom, tapi sebenarnya karena ada beberapa kali ponselnya tidak saya bawa bergerak, total pada hari itu di smartband saya menunjukkan hari itu saya berjalan sekitar 12.000 langkah.

Ceritanya waktu itu ada Pikmin Bloom Community Day. Pada hari tersebut, jika berhasil berjalan 10.000 langkah akan mendapat bonus. Maka tentu saja, saya meniatkan harus mendapatkan bonusnya. Saya tidak harus berjalan jauh, tapi berstrategi dengan membagi kegiatan berjalan menjadi beberapa tahap dalam sehari.

Di pagi hari kami berjalan mengitari komplek rumah, lalu kami jalan ke taman di sore hari. Ketika selesai makan malam dan masih ada target 2.000 langkah lagi, saya jalan di halaman rumah dan keliling rumah, hehehe. Jadi kalau diniatkan, ternyata bisa juga jalan banyak dalam 1 hari.

Contoh lainnya, hari ini saya membutuhkan sekitar 4 ribu langkah lebih untuk naik level. Selain jalan pagi, saya jalan keliling rumah setelah makan siang. Lalu saya lanjutkan berjalan lagi sehabis makan malam. Hasilnya saya bisa mendapatkan target berjalan lebih dari yang dibutuhkan.

Sebenarnya, di smartband yang saya pakai, menunjukkan kalau saya berjalan lebih dari 5.000 langkah loh. Tetapi karena saya tidak membawa ponsel saya setiap saat, yang terhitung di ponsel hanya sekitar 4.333 langkah.

Setiap misi membutuhkan jumlah langkah kaki (dok. pribadi)

Sambil berjalan, kita bisa menanam seedling – sejenis bibit. Setiap bibit ini akan menjadi pikmin. Pikmin itu sebutan untuk mahluk lucu yang tidak terlihat yang akan membantu kita dalam bermain.

Ada berbagai jenis bibit yang menghasilkan berbagai jenis pikmin, tapi bagian ini kita tidak perlu tahu masing-masing jenisnya. Kita cukup tahu kalau paling sedikit kita harus berjalan 1.000 langkah untuk menghasilkan 1 pikmin. Jenis bibit lain ada yang membutuhkan 3.000, 5.000 bahkan 10.000 langkah.

Bermain Bersama Keluarga

Mungkin akan ada mamah yang langsung tidak sepakat untuk menggunakan ponsel untuk alasan berolahraga. Tapi game yang satu ini sebenarnya tidak perlu terlalu lama menatap layar. Jadi, kalaupun menerapkan hari-hari tanpa layar, game ini masih bisa dimainkan bersama. Tentunya mamah hanya memberikan ponsel ke anak-anak untuk dikantongi atau dalam tas saja. Langkah kaki anak-anak jumlahnya lebih banyak loh daripada langkah kaki kita orang dewasa.

Kita bisa menyalakan gamenya, lalu mengantongi ponsel ketika berjalan. Nantinya pikmin yang kita punya akan mengumpulkan apapun yang bisa dikumpulkan yang diperlukan untuk mendapatkan pikmin berikutnya. Selain seedling, kita juga akan mendapatkan buah-buahan yang akan menjadi nectar untuk membuat bunga bermekaran.

Jadi biasanya, ketika mulai berjalan saya akan mulai menanam seedling. Lalu ketika sudah sampai rumah, saya memeriksa ada berapa pikmin yang dihasilkan.

Pikminnya bisa diberi nama, anak saya yang kecil suka sekali memberi nama untuk setiap pikmin yang baru selesai mencapai target langkahnya. Pemberian nama pikmin bisa sekalian untuk latihan mengeja loh, karena anak saya suka memberi nama yang lucu-lucu. Dia memberi nama berdasarkan apa saja yang dia ingat. Misalnya saja dia memberi nama yang panjang: “Pikmin Dengan Stiker di Kepala”, atau terkadang dia memberi nama pendek seperti: “Pikmin Baru”.

Bagian yang tidak kalah menyenangkan adalah, di akhir hari saya bisa menyimpan kenangan tentang hari tersebut dengan jumlah langkah dilengkapi foto yang diambil. Kita bisa memberikan emoticon untuk mengingat perasaan tentang hari tersebut. Tentu saja setiap hari menjadi hari yang menyenangkan sejak bermain game ini.

Pencapaian tanggal 10 Januari 2022 (dok. pribadi)

Oh ya, game ini tidak harus dimainkan setiap hari, jadi ya saya juga memainkannya seingatnya saja. Tentu saja kita jangan sampai lupa dengan pekerjaan utama karena mainan ya mah!

Penutup

Yuk mah, mulai rajin berjalan setiap hari untuk kesehatan kita. Kalau tidak mau jalan dengan game Pikmin Bloom juga tidak apa-apa. Saya merasa lebih termotivasi berjalan dengan adanya target yang ingin dicapai dalam game Pikmin Bloom. Mamah bisa mencari cara lain supaya tetap termotivasi bergerak.

Jangan lupa buat para mamah yang sudah tergabung di komunitas Mamah Gajah Ngeblog, selesaikan tantangan menulis tentang dirimu sebelum deadlinenya ya mah.

Kalau mamah punya rekomendasi game lain yang membuat kita bergerak, boleh berbagi dengan saya dan mamah lainnya di komentar ya mah.

(Disunting oleh : Restu)

Default image
Risna
WordPress Blogger, tinggal di Chiang Mai Thailand. Sedang hobi desain Canva dan Kinemaster selain menonton Film dan drama Korea.
Articles: 12

3 Comments

  1. Ada aja ide game developer supaya orang mau bergerak. Hehe. Aku ga pernah tertarik main game, tapi kalau ada efek samping positif apalagi yang menyehatkan, aku jadi pengen coba juga. Eh, tapi baru inget di luar dingin. Brb nyoba pas udah hangat aja 😝.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: