refleksi 2023 mgn

Refleksi Kegiatan Mamah Gajah Ngeblog Tahun 2023

Oleh karena itu, sangat menyenangkan memilki teman-teman "senasib" di Mamah Gajah Ngeblog. Komunitas yang sudah berjalan 4 tahun ini, perlahan menjadi wadah bagi para Mamah Gajah untuk berekspresi dan saling menyemangati, utamanya terkait blogging.

Notes: artikel ini ditulis berdasarkan hasil kuisioner “Semua Tentang MGN 2023“.

Membuat komunitas yang isinya Ibu-Ibu tidaklah mudah. Pasalnya Ibu-Ibu adalah makhluk paling sibuk di dunia.Melebihi CEO perusahaan manapun. Selama 24 jam dalam sehari pikirannya pasti penuh. Mulai dari urusan rumah, keluarga, pasangan, anak-anak, pekerjaan, dan kewajiban lainnya. Tidur saja kadang mikir Mah!

Ditengah segala kesibukan dan keriweuhannya, sungguh tidak mudah bagi para Ibu untuk konsisten melakukan suatu hal yang disukai. Menulis adalah salah satu contohnya. Kegiatan yang tenang tapi memerlukan kapasitas dan energi otak yang tidak sedikit.

Maka mencuri waktu untuk menulis menjadi istilah yang tepat digunakan. Karena benar-benar harus diam-diam dan penuh perencanaan. Itu juga tak jarang, saat waktu telah tersedia, malah bablas ketiduran karena kelelahan. Hingga draft menumpuk tanpa pernah terselesaikan.

Oleh karena itu, sangat menyenangkan memilki teman-teman “senasib” di Mamah Gajah Ngeblog. Komunitas yang sudah berjalan 4 tahun ini, perlahan menjadi wadah bagi para Mamah Gajah untuk berekspresi dan saling menyemangati, utamanya terkait blogging.

Tapi seiring berjalannya waktu dan bertambah dekatnya hubungan para Mamah anggota, pembahasan di MGN tak lagi melulu soal blogging. Topik lainnya, bahkan yang “berat” juga seringkali muncul dan ditanggapi dengan ramai. Mamah-mamah cerdas memang perlu tempat untuk berekspresi. Semoga seterusnya MGN bisa jadi tempat diskusi yang menyenangkan ya Mah!

Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog adalah highlight kegiatan bulanan yang alhamdulillah cukup konsisten dijalankan sampai dengan akhir tahun 2023. Sebanyak 75% Mamah yang pernah mengikuti kegiatan ini menyatakan kalau Tantangan Blogging MGN adalah salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu. Alasan utamanya karena kegiatan ini mendorong Mamah untuk menulis. Walaupun sekedar mengikuti topik yang diberikan. Lumayan supaya blog tidak teronggok berdebu.

Karena mampu dan mau setor tulisan adalah sebuah kemenangan bagi Mamah.

Topik-topik yang diangkat di Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog merupakan topik usulan dari para anggota. Di tahun 2023, banyak topik bertema personal yang muncul. Topik-topik tersebut tak jarang menimbulkan rasa nano-nano dalam diri para Mamah. Mungkin karena harus menuliskan kenangan-kenangan yang mungkin sudah atau sengaja terlupakan. Barangkali hal ini juga yang membuat beberapa Mamah memilih tidak ikut tantangan. Karena lebih suka menuliskan hal-hal lain diluar kehidupan pribadi.

Tidak ada konsensus mengenai tema tantangan yang paling disukai oleh Mamah peserta. Hampir semua tema tantangan, terpilih secara rata. Mungkin preferensi Mamah memang berbeda-beda untuk setiap tantangan. Ada yang menggebu di satu tantangan, tapi malas di tantangan yang lain. Wajar, karena begitulah hidup, kadang ada masa naik, kadang ada masa turun. Tak apa, yang penting tetap berusaha memenuhi tantangan yang ada. Walaupun kadang sampai di ambang deadline.

Ngomong-ngomong soal deadline, jumlah Mamah deadliners rasanya semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Beberapa Mamah sampai dijuluki deadliners garis keras, karena tangannya belum tergerak untuk menulis sampai detik penghabisan. Mungkin kesibukan Mamah memang semakin menjadi seiring dengan pergantian bulan. Awal tahun masih santai, tengah dan akhir sudah sangat sibuk.

Tapi tentu saja, seperti halnya 2 sisi mata koin, di balik Mamah deadliners ada juga Mamah tangguh langganan setor tercepat. Tadinya hanya mengejar hal materil: badge cantik dan poin tambahan. Tapi lama-lama sisi ambisiusnya juga ikut terpacu. Harus duluan! Mamah Gajah gitu lho!

Inovasi baru yang cukup berhasil di tahun 2023 adalah adanya host di setiap tantangan. Host merupakan orang yang memberikan ide untuk topik tantangan di bulan itu. Tantangan bertema Makanan Favorit (Mamah May Sari) dan Tentang Daerah Asal (Mamah Alfi) menjadi dua topik dengan host terbaik pilihan Mamah peserta. Totalitas kedua Mamah host ketika bertugas memang jempolan. Memberikan semangat di setiap tikungan dan belokan, saat Mamah-Mamah mulai berpikir untuk menyerah.

Overall, sebagian besar Mamah anggota MGN menyatakan masih semangat mengikuti tantangan blogging MGN di tahun 2024. Sebagian kecil malah sudah bersiap menghadapi tema tantangan pertama. Sisanya ada yang berharap bisa punya performa lebih baik dari tahun sebelumnya. Setor lebih konsisten. Semoga nanti tema-tema yang dipilih bisa membangkitkan semangat Mamah. Menyala sampai akhir tahun yaa.

Oh ya Mah, selain tantangan blogging bulanan, akan ada beberapa proyek baru yang rencananya akan dilaksanakan di tahun 2024, seperti pembuatan e-book dan podcast. Kegiatan-kegiatan ini sangat terbuka bagi para Mamah untuk berpartisipasi. Lumayan loh Mah, buat tambah-tambah pengalaman.

Akhir kata, saya, Mah Restu, mewakili Mamah Admin Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog, Mah Andina dan Mah Uril, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Mamah yang telah bersemangat meramaikan tantangan di tahun 2023. Semoga tantangan Blogging 2024 juga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Nantikan pembukaan dan pengumuman tema-tema tantangan blogging Mamah Gajah tahun 2024 ya Mah. Semoga selalu sehat dan bahagia selalu semuanya.

Restu Eka Pratiwi
Restu Eka Pratiwi
Articles: 30

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *