tantangan-mgn-2023.jpg

Siap Mah? Ini Dia Ketentuan Tantangan Blogging MGN 2023

Akhirnya salah satu kegiatan utama Mamah Gajah Ngeblog akan dimulai lagi nih Mah! Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog tahun 2023!

Siapakah yang sudah tak sabar menunggu? Pengumuman topik yang bikin deg-degan, perebutan 5 posisi penyetor tercepat yang mencengangkan, deadline yang bikin begadang, voting yang membuka mata tentang betapa berbakatnya para Mamah penakluk tantangan, dan pengumuman pemenang yang mendebarkan. Pastinya semua pada kangen keseruannya ya ๐Ÿ™‚

Di tahun ketiga ini Mamah Admin mencoba membenahi prosedur dan alur tantangan. Tentu saja tujuannya supaya tantangan tahun ini bisa jadi semakin seru dan menarik untuk Mamah semua. Selain itu, sesuai dengan curhatan salah satu Mamah Admin tersayang kita, tantangan tahun ini dicoba untuk disesuaikan dengan tujuan mengurangi sedikit beban Mamah Admin dan meningkatkan keterlibatan para Mamah anggota. Supaya komunitas kita ini bisa jadi komunitas yang bermanfaat. Sedikit oase penyaluran ambisi hobi yang hangat di tengah segala kesibukan Mamah ๐Ÿ™‚

Yuk kita simak apa saja yang baru di tantangan tahun 2023 ini.

Ketentuan Tantangan Blogging MGN 2023

1. Tema tantangan perbulan dipilih berdasarkan tema aspirasi dari Mamah Anggota.

Salah satu kepusingan yang Mamah Admin putuskan untuk hilangkan adalah memilih tema setiap bulan. Walaupun Mamah Admin punya kreatifitas tanpa batas, tapi pusing juga setiap bulan menentukan tema-tema untuk divoting oleh para Mamah. Kadang saking pusingnya ide tema yang keluar jadi luar biasa nyelenehnya. Melibatkan alien, teori-teori konspirasi, dan juga khayalan tingkat tinggi. Haha.

Jadi agar tema tantangan tetap membumi dan relate dengan Mamah semua, diputuskan agar tema-tema tantangan tahun ini murni diambil dari aspirasi tema yang diajukan oleh Mamah di awal tahun.

2. Sepuluh tema tahun 2023 akan diumumkan secara serentak dan dipilih secara acak setiap bulan untuk ditetapkan sebagi tema tantangan bulan tersebut.

Aspirasi tema dari para Mamah yang masuk digodok menjadi 10 tema yang akan diumumkan secara langsung di pembukaan tantangan. Iyes. Semua tema sudah diketahui dari awal ya Mamah. No secret secret! Tidak ada masalah kalau Mamah mau curi start lebih dahulu menulis draft tulisan, yang penting diposting di bulan yang tepat. Karena yang diinginkan adalah lebih banyak Mamah yang ikut serta. Diharapkan karena semuanya sudah gamblang di awal, tidak ada lagi Mamah yang ragu-ragu untuk menaklukan tantangan.

Nah, karena tema-temanya sudah diketahui dari awal, tentu saja tak seru kalau urutan pengeluaran tema tersebut hanya dijembrengkan begitu saja. Maka agar tetap ada sedikit elemen kejutan, setiap bulan akan ada penentuan tema menggunakan metode kocokan, yang tentu saja terinspirasi dari kegiatan favorit Ibu-Ibu se Indonesia raya: Arisan,

Akan tetapi walaupun inspirasinya dari kegiatan arisan, tentu saja pengocokan tema yang dilakukan tidak menggunakan kertas digulung-gulung dalam toples atau kaleng khong guan. Karena kita tidak hidup di tahun 90-an. Pengocokan tema tentu saja akan dilakukan menggunakan tumblr starbucks tools digital. Rekaman hasil pemilihan akan disampaikan ke Mamah semua setiap bulan sebelum postingan tantangan. Mohon maaf karena tools yang digunakan mode gratisan jadi suka ada iklan ikutan nampang๐Ÿ˜†

3. Mamah Anggota yang temanya terpilih, diangkat sebagai host tantangan bulan tersebut.

Sejujurnya, kesulitan lain yang dialami Mamah Admin setiap bulan adalah mengajak, mengingatkan, dan menyemangati Mamah untuk menyelesaikan tantangan. Alasan pertama, karena semua Mamah Admin ternyata introvert kelas berat. Haha. Alasan kedua, karena Mamah Admin sepakat bahwa tantangan blogging bulanan sejatinya adalah kegiatan komunitas, bukan event yang hanya diselenggarakan oleh Mamah Admin saja. Jadi akan lebih baik jika mamah lainnya ikut merasa memiliki dengan terlibat dalam pelaksanaannya.

Berdasarkan hal tersebut diputuskan di tahun 2023 akan ada host di setiap tantangan. Host adalah Mamah yang aspirasi temanya terpilih menjadi tema bulan tersebut. Pengumuman host setiap tema akan dilaksanakan berbarengan dengan pengumuman daftar tema tantangan tahun 2023.

Mamah yang menjadi host akan punya keuntungan:

  1. Disebutkan sebagai pengusul ide tema tantangan dan mendapat backlink ke blog pribadinya dalam postingan tantangan di website MGN.
  2. Mendapatkan badge host tema bulanan.
  3. Punya priviledge untuk menentukan kategori surprise reward.

Sesuai dengan jumlah bulan tantangan, akan ada 10 host tantangan di tahun 2023. Ada yang sendiri ada yang berdua. Berdua karena ada ide-ide tema yang mirip dan dianggap bisa dikolaborasikan, jadi digabungkan.

Eits, tenang Mah, jangan keburu pusing duluan memikirkan beban tugas sebagai host. Tugas host benar-benar hanya sebatas mengajak, mengingatkan, dan menyemangati Mamah lain di grup telegram MGN untuk menaklukkan tantangan bulan tersebut. Tidak seperti arisan betulan dimana tuan rumah pasti sibuk mempersiapkan jamuan, host tidak perlu memikirkan teknis tantangan. Karena menyiapkan teknis tantangan itu berat, biar Mamah Admin saja.

Semoga dengan adanya kerjasama antara Mamah Admin dan Mamah Host, tantangan bisa berlangsung lancar, menyenangkan, dan bisa menarik minat lebih banyak Mamah anggota untuk ikutan.

4. Periode tantangan tanggal 1-20, periode voting tanggal 21-25.
Karena satu dan sejuta hal, diputuskan bahwa kegiatan nulis kompakan ditiadakan di tahun 2023. Oleh karena itu periode tantangan blogging bisa jadi lebih panjang, yaitu selama 20 hari. Mulai tanggal 1 hingga 20 setiap bulannya. Lumayan kan, buat deadliners garis keras, ada tambahan 5 hari untuk menunda-nunda dan pacu adrenalin lebih kencang di detik-detik terakhir. Semoga dengan periode penulisan yang lebih panjang, akan ada lebih banyak mamah yang ikut setiap bulan.

6. Tambahan skor kuantitatif penyetor tercepat dalam perhitungan juara

Berita menarik bagi Mamah-Mamah yang hobi mengejar predikat penyetor tercepat. Sekarang selain mendapatkan badge tercepat, sepuluh Mamah penyetor tercepat juga akan mendapatkan poin tambahan dalam perhitungan poin akhir (penyetor tercepat 1-5: tambahan 3 poin, penyetor 5-10: tambahan 2 poin). Nah, akan tetapi, supaya tambah semangat dan seru, ada limit waktu setor yang harus dipenuhi oleh penyetor tercepat supaya bisa dapat poin ya. Kapan limitnya? akan ditentukan setiap bulan. Seru kan?!!

Yuk lah, semangat jadi penyetor tercepat!!

7. Pemenang hanya sah jika telah mengikuti voting penentuan pemenang

Mamah Admin perhatikan, semakin lama semakin sedikit Mamah anggota yang ikut voting penentuan pemenang. Walaupun tidak terlalu berpengaruh pada proses perhitungan, tapi Mamah Admin khawatir akan semakin sedikit yang memberi perhatian pada proses yang jadi salah satu poin menarik dari tantangan blogging MGN ini. Oleh karena itu, dengan semangat meningkatkan keterlibatan Mamah anggota dalam pelaksanaan tantangan, maka di tahun 2023 ini disepakati bahwa “Mamah pemenang hanya akan sah ditetapkan, jika yang bersangkutan telah ikut serta dalam voting penentuan pemenang“.

Harapannya tentu saja agar Mamah yang ikut tantangan tidak sekedar hanya setor tulisan tapi juga berpartisipasi aktif dalam “penjurian”. Jadi jangan sampai lupa voting ya Mah!

Tema Tantangan MGN 2023 dan Mamah Host Tema

Setelah ketentuan tantangan, kita langsung masuk ke 10 tema yang terpilih untuk menjadi tema tantangan sepanjang tahun 2023 beserta para host yang bertugas di masing-masing tantangan tersebut.

  1. Mamah Risna dan Mamah Ilma Purnomo: Keinginan Mamah yang Masih Ingin Dicapai (Cita-Cita/Impian yang Ingin Diraih atau Tantangan yang Ingin Ditaklukkan).
  2. Mamah Sari : Buku Bacaan yang Berpengaruh.
  3. Mamah Dewi Laily dan Mamah Mutiara: Kegiatan Favorit Bersama Keluarga (piknik, kumpul-kumpul, etc).
  4. Mamah May : Makanan Favorit.
  5. Mamah Shanty dan Mamah Sienta: Pengalaman Menghadapi Tantangan Hidup Terbesar (Rohani dan atau Jasmani).
  6. Mamah Sistha dan Mamah Dea: Hal Berkesan di Masa Kecil ( dan atau Masa Sekolah).
  7. Mamah Aiti: Landmark Kota (Dalam dan Luar Negeri) yang Ingin atau Sudah Dikunjungi
  8. Mamah Dini: Investasi yang Dilakukan
  9. Mamah Anggun dan Mamah Echa: Life Hack (Produk atau Metode) yang Mempermudah Hidup.
  10. Mamah Alfi: Tentang Daerah Asal

Penutup

Demikian penjelasan mengenai ketentuan serta tema tantangan dan host yang bertugas setiap bulannya di tahun 2023. Tema tantangan bulan pertama akan diumumkan tepat tanggal 1 Februari 2023! Jangan sampai ketinggalan. Semoga kita semua diberikan rezeki kesehatan, niat, dan keluangan, untuk menaklukkan tantangan setiap bulannya yaa.

Semangat Mamah!!

Restu Eka Pratiwi
Restu Eka Pratiwi
Articles: 20

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: