Chicken Rice Singapore (sumber: wikipedia)

5 Makanan Serupa tapi Tak Sama di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand

Ada banyak makanan yang serupa tapi tak sama di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Tulisan ini membahas 5 di antaranya. Baca sampai habis yuk

Waktu liburan lebaran kemarin, saya dan keluarga berkesempatan untuk berjalan-jalan ke Johor Baru, Malaysia dan sekalian mampir di Singapura. Ketika memilih makanan, saya jadi menyadari memang antara Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand, negara tempat kami tinggal, mempunyai banyak kesamaan dalam hal makanan. Namanya tidak selalu sama, rasanya juga tidak selalu sama, cara mengolah dan rempahnya juga bisa jadi berbeda-beda, tetapi ada kemiripan dari 4 negara yang bertetangga tersebut.

Yuk langsung saja, supaya kalau lagi jalan-jalan dan kangen masakan tanah air, bisa mencari makanan sejenis dan ketahui namanya dari tulisan ini.

Nasi Goreng

Siapa yang tidak tahu nasi goreng atau sering disebut fried rice? Di Indonesia saja, yang namanya nasi goreng tidak selalu sama resepnya. Ada begitu banyak variasi nasi goreng seperti yang bisa dilihat di Wikipedia. Yang perlu diketahui kalau di Indonesia kita selalu bisa memesan nasi goreng spesial pakai tambahan telur.

Berbagai varian nasi goreng (sumber: Wikipedia)

Kalau dulu masa kuliah ada yang tinggal di sekitar Pasar Simpang Dago, mungkin pernah ingat ada yang namanya nasi goreng Bangkok. Jangan salah, itu bukan berarti nasi goreng ala Bangkok, tetapi maksudnya porsi besar saja. Nasi goreng Bangkok tidak ada di Bangkok.

Nasi goreng di Thailand yang dikenal dengan sebutan Khao Pad itu sangat berbeda dengan di Indonesia, terutama kecap yang digunakan. Kalau di Indonesia, umumnya menggunakan kecap manis selain kecap asin, warnanya juga agak gelap, selain itu nasi goreng di Indonesia bisa terasa pedas, tergantung siapa yang masak, karena kita bisa memasukkan cabai ke dalamnya. Di Thailand, nasi goreng itu biasanya hanya menggunakan kecap asin dan fish sauce. Ketika disajikan biasanya ada cabe potong dihidangkan terpisah, dan ada sejenis daun bawang selain irisan jeruk nipis. Orang Thailand memang suka makanan agak asam.

Nasi goreng di Thailand, disajikan dengan daun bawang dan jeruk nipis

Saya tidak sempat merasakan nasi goreng di Malaysia dan Singapura, tetapi saya bisa melihat menu nasi goreng juga ada di sana. Sepertinya tidak ada resep yang saklek untuk nasi goreng. Bahkan ketika saya di rumah memasak nasi goreng, saya bisa asal mencampurkan saja apa yang tersedia di rumah, dan anak-anak tetap suka, hahaha.

Nasi Hainan/ Hainan Chicken Rice

Masih menu nasi, saya melihat menu chicken rice di Malaysia dan Singapura. Saya jadi teringat juga dengan Khao Man Gai di Thailand yang intinya juga nasi dimasak dengan kaldu ayam. Demikian juga saya ingat pernah makan nasi hainan atau beberapa menyebutnya nasi hainam di Indonesia. Biasanya nasinya jadi agak pedas, kalau ada rasa jahenya. Tetapi umumnya nasi hainan ini diberikan saus terpisah kalau ingin rasa pedas.

  • Chicken Rice Singapore (sumber: wikipedia)
  • khao man gai dari Thailand (sumber: wikipedia)

Nasi Hainan aslinya dibawa oleh imigran dari Hainan, Cina Selatan. Biasanya dihidangkan dengan ayam rebus ataupun ayam goreng yang tidak ada tulangnya dan diberikan kuah sup yang kalau beruntung di dalamnya ada potongan lobaknya. Menu nasi hainan ini jadi pilihan untuk makanan anak yang cuma suka makan nasi dan susah makan lauk. Setidaknya kalau dia makan nasinya saja, sudah ada proteinnya karena nasinya dimasak dengan kaldu ayam.

Menurut saya, walaupun saya belum pernah masak sendiri dan lebih sering beli, rasa nasi hainan di Thailand, Indonesia, Malaysia dan Singapura cukup mirip. Yang paling terasa tentu saja kaldu dan jahe.

Kari/ Gulai

Menu yang saya perhatikan ada di Malaysia dan Singapura itu Nasi dengan Kari Ayam. Di indonesia, sudah pasti ada Kari. Kalau di Thailand, sebutannya berbeda, untuk yang kuning disebut panang atau phanaeng, untuk kari yang hijau disebut geng khiao wan. Makanan yang asli dari India ini cocok untuk yang suka makanan kuah bersantan dan berbumbu kunyit.

  • Geng Khiao Wan (Kari Hijau dari Thailand) (sumber: wikipedia)
  • Yellow Curry mirip dengan Gulai (sumber: wikipedia)
  • Butter Chicken, Curry ala india (sumber: Wikipedia)
  • Gulai dari Indonesia (sumber wikipedia)

Saya bukan orang yang sering masak, sekilas buat saya kari ataupun gulai mirip penampakannya, tetapi tentunya bumbu yang digunakan berbeda. Masakan gulai sering disebut juga kari dari Indonesia.

Karena popularitas makanan kari ayam, bumbu kari yang digunakan juga kadang sudah berbentuk tepung, dan bukan lagi bumbu yang fresh.

Ah, jangankan pakai bumbu kari lengkap, Indomie Kari Ayam saja rasanya selalu membuat kangen dengan Indonesia. Eh kok malah ngelantur.

Baca juga tulisan ini kalau mau tau tentang curry India

Sate/ Satay

Satay di Satay by the Bay Singapore (sumber: Tripadvisor.com)

Di Indonesia, kita kenal namanya sate, tetapi di Thailand, Malaysia dan Singapura biasanya disebut jadi Satay. Intinya sih tetap sama, daging yang sudah dimarinade lalu ditusuk dan dibakar dengan bara api dan disajikan dengan berbagai saus.

Dagingnya bisa daging kambing, ayam, sapi, telur, dan daging dari hewan laut. Bumbunya juga macam-macam ada kecap, kacang, ataupun sambal.

Berbagai jenis sate dari Indonesia (sumber: Wikipedia)

Kalau biasanya satay itu warnanya agak kecoklatan, di Thailand entah kenapa sataynya berwarna kekuningan. Padahal proses bikinnya ya sama-sama dibakar di atas api. Mungkin bumbu marinadenya yang berbeda dan dipanggangnya tidak sampai gosong supaya tidak hitam.

Sate ayam di Thailand dengan saus kacang (sumber: Hungryinthailand.com)

Nasi Bersantan

Nasi yang dimasak dengan rendaman air santan ini beda-beda sebutannya. Di Indonesia saja ada nasi uduk dan nasi liwet. Kalau nasi uduk dari Jakarta, nasi liwet dari daerah Solo. Di Malaysia dan Singapura disebut nasi lemak.

Makanan yang satu ini, tidak ada di Thailand, karena kalau di Thailand yang dimasak dengan santan itu bukan nasi biasa, tetapi nasi ketan dan rasanya manis karena dimasak untuk teman makan mangga manis.

  • Nasi Lemak dari Malaysia dan Singapura (sumber: wikipedia)
  • Nasi Uduk dari jakarta (sumber: wikipedia)
  • Nasi Liwet dari Solo (sumber: wikipedia)

Walau sebutan berbeda, nasi lemak, nasi uduk, dan nasi liwet ini rasanya menurut saya ada kemiripan. Aslinya baik nasi lemak, nasi uduk, dan nasi liwet, jenis nasi ini disajikan dibungkus dengan daun pisang, sehingga menambah aroma dari nasinya.

Rempah yang digunakan untuk memasak nasinya juga tidak sama. Selain rempahnya, lauk untuk teman makan nasinya juga berbeda. Ada yang sekedar pakai telur dan ikan teri kacang plus sambal, ada juga yang pakai berbagai lauk termasuk ayam goreng maupun rendang.

Untuk yang punya anak susah makan seperti anak saya, memilih nasi yang dimasak dengan santan ini juga bisa cukup membantu. Seperti halnya nasi hainan, andai anaknya makan nasi saja, sudah ada kandungan protein dari santannya.

Di Malaysia, jenis makanan nasi lemak ini tersedia sebagai makanan beku. Salah satu maskapai penerbangan murah juga menyediakan menu nasi lemak yang selalu jadi pilihan kami kalau lagi berperjalanan.

Yang Mana Favoritmu?

Dari makanan yang serupa tapi tak sama ini, kira-kira jenis makanan mana yang akan menjadi pilihan mamah kalau jalan-jalan ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand?

Kalau saya sih sudah jelas, nasi lemak dan nasi hainan merupakan pilihan teratas. Karena biasanya nasinya sudah pasti lebih enak daripada nasi putih biasa, lalu lauknya bisa ditambah dengan yang lain kalau kurang banyak, hehehe.

Risna
Risna

WordPress Blogger, tinggal di Chiang Mai Thailand. Sedang hobi desain Canva dan Kinemaster selain menonton Film dan drama Korea.

Articles: 28

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *