Saya Senang Ngeblog Karena…

Sudah nyaris 2 tahun saya kembali ngeblog. Kalau bicara kapan pertama kali mulai, sudah kira-kira 10 tahun lalu. Namun, paska menikah dan punya anak, blogging jadi susah cari waktunya. Maklum, disini momen dimana ada banyak sekali perubahan dalam hidup, jadi butuh waktu untuk settle down.

Sebelumnya mulai lagi, saya ngeblog kalau bisa, kalau mau atau kalau sempat. Kadang, malas suka datang. Ternyata, blogging butuh niat. Seringnya saya lebih lega menyempatkan diri menulis blog daripada tidak.

Nggak menampik alasan bahwa terus menulis sedikit dipecut dengan sudah bayar domain, hosting dan mencari pemasukan. Tapi kalau saya tidak suka, pastinya saya sudah berhenti bertahun-tahun lalu.

Apa mamah baru mulai ngeblog? Nggak masalah. Intip sharing dari Mamah Shanty Arifin disini:

Sharing Blogging Untuk Pemula di channel Youtube ITBMH TV

Alasan Suka Ngeblog

Lantas, kenapa suka ngeblog? Pertanyaan ini saya lontarkan di grup Whatsapp Mamah Gajah Ngeblog di hari blogger 27 Oktober 2021. Di luar dugaan, jawaban para Mamah member menarik sekali. Ada yang karena bisa curcol, bisa bertemu teman baru, bisa dapat rejeki mendadak dan lain-lain.

Bagaimana dengan saya sendiri? Nah, ini jawaban saya:

Blog Bisa Gabungkan Banyak Media Dalam 1 Tempat

Mungkin karena saya suka buat konten, dan dari dulu memang saya tertarik dengan multimedia. Blog bisa menggabungkan banyak media dalam 1 tempat: tulisan, foto, video, podcast ataupun script.

Memang tulisan adalah pemersatu semuanya dan adalah yang paling esensial, tapi makin banyak platform dan media untuk satu tulisan semakin kaya isi artikel. Rasanya tidak ada media lain yang bisa begini.

Blog Bisa Dokumentasikan Pikiran dan Momen

Seperti alasan banyak bloger lain, saya suka blogging karena bisa mendokumentasikan pikiran dan momen pada suatu waktu. Lain hari dan tahun, kita bisa telusuri kembali tulisan kita. Mungkin kita bisa terkagum-kagum dan amazed dengan tulisan lama kita. Bisa juga mewariskan tulisan untuk dibaca ke anak cucu.

Pastikan menulis hal atau topik yang memorable atau positif juga ya, Mah.

Blogging Bisa Membuat Kita Terhubung Dengan Orang Lain

Tulisan kita, terutama tulisan yang jujur dan ditulis dengan hati, bisa memberikan efek terhubung dan terkoneksi dengan berbagai orang. Orang-orang ini tidak pandang umur, lokasi atau profesi. Siapa saja bisa klik dan kena dengan tulisan kita.

Bagi saya, poin ini ‘megah’ sekali. Bayangkan, ada orang yang benar-benar asing bisa terhubung dengan tulisan kita. Ajaib, itu mungkin yang bisa menjabarkan momen begini.

Bisa Melakukan Hobby Sekaligus Mencari Pemasukan

Melakukan hobby lalu mendapat pendapatan, menurut saya double joy. Kita bisa membuat blog, rutin menulis, lalu mendapatkan pemasukan.

Hingga kini, blog dianggap metode marketing yang efektif. Blog yang selalu dirawat, sering update juga banyak pengunjungnya akan mudah dilirik brand.

Untuk poin ini, memang butuh usaha dan konsistensi. Tapi ketika sudah memulai, pastikan selalu ingat menulis tulisan organik.

Kesimpulan

Blogging adalah kegiatan menulis di blog yang kita bisa isi sesuka kita, dengan berbagai media yang kita mau. Tulisan blog bisa memiliki banyak fungsi hingga menyentuh hati orang lain, bahkan di belahan dunia lain. Blog juga dapat memberikan pemasukan.

Dengan sederet alasan ini, pastikan kita selalu menulis dengan jujur dan kesungguhan. Semua juga berpulang ke niat ya, Mah. Semoga tulisan ini bermanfaat!

Default image
Andina Rezki
Articles: 6

9 Comments

  1. Bener juga ya, semua keahlian di berbagai media bisa dituangkan di blog… Jadi sebenarnya blogger tuh segala bisa, hehehe… Ya nulis, bikin infografis, bikin foto, bikin video…

  2. Dulu pas jaman malas ngeblog ada teman ngingetin, minimal nulis untuk anak cucu biar ada yang bisa di ingat.

    Semoga semua Mamah Gajah tetap semangat

  3. Aku suka ngeblog karena aslinya suka menuangkan pemikiran dan analisis (tidak ilmiah) tanpa terbatas tempat. Tapi masih harus belajar lebih konsisten nih. Supaya blognya makin rajin diisi.

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: