Chit-Chat Sejenak Bersama 3 Mamah Master Tantangan MGN 2021

Salah satu event rutin bulanan Mamah Gajah Ngeblog yang seru abezz adalah Tantangan Blogging, di mana Mamah diminta untuk membuat artikel berdasarkan tema yang ditentukan oleh para Mamah admin.

Ketika temanya: tidak disukai; dirasa sulit; bukan bidangnya; tidak relatable; membosankan; dan lain sebagainya, sudah pasti menjadi SANGAT MENANTANG ya. Ehehe. Wah maka dari itu patut diapresiasi dan diberi tepuk tangan yang meriah untuk semua Mamah yang sudah ikut serta.

Nah selama tahun 2021, ada 3 Mamah yang mendapatkan predikat sebagai MAMAH MASTER TANTANGAN karena selalu mendapat juara 5 besar sebanyak lebih dari 3 kali. Ketiga Mamah keren tersebut adalah:

  1. Shanty Arifin (www.ceritashanty.com), masuk juara 5 besar sebanyak 5 kali
  2. Andina Rezki (www.sunglowmama.my.id), masuk juara 5 besar sebanyak 4 kali
  3. Restu Eka Pratiwi (www.restuekapratiwi.com), masuk juara 5 besar sebanyak 4 kali

Ruarr biasa! Selamat ya Mamahs!

Penasaran endak sih Mah dengan mereka yang berhasil meraih pencapaian tersebut? Kalau saya sih YES, Mah! Yuk kita kepoin profil para Mamah Master Tantangan MGN 2021 melalui chit-chat berikut.

1. Mamah Shanty

Sebagai pemegang TOP 5 sebanyak 5 kali:

  1. Juara 1 Tantangan Blogging MGN Maret 2021
  2. Juara 5 Tantangan Blogging MGN Mei 2021
  3. Juara 4 Tantangan Blogging MGN Agustus 2021
  4. Juara 1 Tantangan Blogging MGN September 2021
  5. Juara 4 Tantangan Blogging MGN Oktober 2021

Mamah Shanty sedang di rumah sakit menunggu ayahanda tercinta menjalankan hemodialisis rutinnya, ketika diwawancarai via WA. Alumni Teknik Arsitektur ITB angkatan 1993 ini bilang bahwa fase menunggu tersebut adalah jam santainya di sela kesibukannya sebagai seorang Ibu Rumah Tangga.

Dibuat dengan CANVA

Mamah Shanty, kenalan dong. Apa saja keseharian saat ini, Mah?

“Aku itu kerja sebagai arsitek di konsultan perencana hanya dari lulus tahun 1999 sampai tahun 2007 saja. Setelah anak pertama lahir tahun 2007 sampai sekarang, hanya asyik main dan bobo siang cantik sama anak-anak aja.”

“Sekarang nggak kerja kantoran -yang berpenghasilan segenggam berlian- sih. Aku saat ini masih lagi kerja keras buat bisa menyediakan waktu 2-3 jam sehari buat menulis di sela-sela kesibukan buka media sosial, menonton film, dan baca buku aja.”

Walaupun sudah bukan lagi wanita kantoran, aktivitasnya tetap padat ya Mah. Lalu, bagaimana dengan kisah awal ngeblognya? Ceritain dong, Mah.

“Aku baru mulai mau belajar menulis serius sejak tahun 2014. Saat bergabung dengan Akademi Menulis 5 Menara-nya Bang Ahmad Fuadi. Kelas menulis gratis 12 kali pertemuan di Jakarta.
Dari situ baru mencoba berani buat blog pertama yang mana tentu saja nggak dengan perencanaan matang.”

“Blog pertama itu niatnya cuma jadi catatan online untuk materi kelas menulis. Dibuat privat hanya untuk teman-teman tertentu yang diberi akses dengan email mereka. Baru setelah beberapa bulan, berani dipublikasikan terbuka.”

“Blog kedua, nyoba di wordpress.com. Wah langsung jatuh cinta. Hanya dalam beberapa bulan, upgrade ke WordPress.org. Ini blog kedua yang sudah lumayan terarah, yang akhirnya membuatku kenal dunia blogger.”

“Baru setelah itu, sampai ke www.ceritashanty.com yang eksis sejak akhir September 2017. Dibuat setelah karena blog sebelumnya shantystory.com di wordpress rada error dan tagihannya bikin nangis. Sebuah keputusan yang diambil dengan cepat. Ceritanya ada di sini
https://www.ceritashanty.com/2017/09/perlunya-akun-media-sosial.html?m=1″

“Sekarang fokus sama 1 blog ini saja. Ohya, blog yang pertama tahun 2014-2015 masih bisa dibaca di www.shantybelajarmenulis.blogspot.com.”

Wah, sudah cukup lama ya Mah. Btw, apa sih yang membuat Mamah Shanty termotivasi ngeblog sampai sekarang? Per hari ini sudah menulis lebih dari 350 artikel, wow!

“Karena feedback positif teman-teman. Ini penting banget buat pemula. Bagaimana tulisan kita diapresiasi teman. Jadi awalnya waktu buat tulisan materi kelas itu hanya untuk kebutuhan sendiri saja. Selanjutnya saat itu aku tuh suka hadir ke acara parenting. Trus acaranya kutulis di blog.”

Nah ternyata banyak teman yang suka. Karena merasa tulisannya ada yang butuh, menulis itu jadi semakin semangat.”

“Setelah sekian tahun, kayanya ingin fokus ke urusan kepenulisan. Tips menulis, review buku dan film, sosok penulis, dan berbagi pengalaman sehari-hari aja. Blog buat emak-emak teman-teman se-circle aja dulu.”

Konten blognya penuh manfaat, Mah. Salut! Ummm, boleh tahu alasan memakai nama ‘ceritashanty’? Pokoknya serba ada Shanty-nya, nama diri. Sungguh menggambarkan sosok wanita yang fearless dan bold.

“Mau branding diri aja. Aku tuh nggak punya kemampuan spesifik yang bisa dijual saat ini.”

“Sebenarnya lebih bagus kalau kita bisa fokus pada satu bidang tertentu. Cuma sebagai blogger pemula, yang bisa dijual adalah proses belajar seorang Shanty dulu aja. Makanya diambil keputusan pakai nama aja. Target market blognya ya masih seputaran teman-teman yang kenal aku saja. Jadi pakai domain simple aja. Shantystory.com karena berima. Ganti jadi ceritashanty karena pengen bahasa Indonesia aja.”

Oo begitu ya, Mah. Terus, ingin tahu nih, seorang Mamah Shanty tuh pernah malas atau ga semangat ngeblog?

“Semangat menulis ini sempat kendor saat mulai banyak dapat postingan yang dibayar. Nah ini menulisnya entah kenapa nggak nikmat banget. Mulai deh malas-malasan.”

“Sekarang makanya pengen menulis sesuai kebutuhan sendiri lagi. Menulis tulisan yang setidaknya pengen kubaca sendiri. Tulisan yang kubutuhkan. Kalau ada orang lain yang butuh dan bisa dapat manfaat juga, alhamdulillah banget.”

Jadi, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui ya, Mah. Kemudian, bagaimana perasaannya menjadi Mamah Master Tantangan MGN 2021, Mah?

“Baru tau ada predikat Mamah Master Tantangan MGN.”

“Perasaannya adalah MALU. Karena hampir sebagian besar tantangan dikerjakan sebagai deadliner garis keras. Mana pake nyusahin Mamahs lain minta tolong masukin ke form lagi. 😂”

Nggak lagi-lagi. Itu bukan contoh Mamah Master MGN yang baik. Semoga tahun depan Mamah Master bisa dari penyetor awal. Bisa nulis bagus tapi cepat! Nggak kelamaan mikir dan suka menunda-nunda kaya mamah yang ini. 🤣”

Ehehe, deadliner saja juara ya. Aamiin, terima kasih atas harapannya ya, Mah. Kalau blogger idola, Mamah Shanty punya endak?

“Sekarang ini blogger idolaku blog-blog para Mamah MGN yang membagi pengalamannya yang seru-seru dengan jujur. Enak banget bacanya!”

“Kalau blogger luar, aku kagum sama mereka yang memulai buku internasional bestseller mereka dari ngeblog. Seperti Austin Kleon penulis Steal Like an Artist; Gretchen Rubin penulis Better than Before; James Clear penulis Atomic Habits; Mark Manson penulis Seni Bersikap Masa Bodo, Mason Curry penulis Daily Ritual; dan Laura Vanderkamp penulis 168 Hours. Mereka ini ngeblognya konsisten banget selama bertahun-tahun.”

Ohya, Mamah Shanty, bagi tips dong!

“Menurutku untuk memulai jangan banyak teori. Harus mulai aja dulu. Nanti belajar dan memperbaikinya sambil jalan. Kalau kebanyakan teori, jadinya malah banyak takutnya. Padahal kesalahan dalam ngeblog akan bikin kita belajar hal yang benar-benar penting buat kita.”

“Ilmu ngeblog dan menulis itu luas banget. Kalau nggak langsung nyemplung, nggak akan tahu mana yang benar-benar kita perlukan.”

Wuihh, terima kasih banyak atas tipsnya ya Mamah Shanty.


2. Mamah Andina

Sebagai pemegang TOP 5 sebanyak 4 kali:

  1. Juara 2 Tantangan Blogging MGN Maret 2021
  2. Juara 2 Tantangan Blogging MGN Mei 2021
  3. Juara 3 Tantangan Blogging MGN September 2021
  4. Juara 5 Tantangan Blogging MGN Oktober 2021

Hello, assalammualaikum Mah. Ingin tahu dong, siapa sih Mamah Andina alumni DKV ITB 2002 ini dan juga seorang founding father MGN yang tak pernah lelah memotivasi semua anggota komunitasnya?

Wa’alaikumsalam, saya seorang ibu rumah tangga dengan satu anak berusia 5 tahun yang merangkap working mom sebagai blogger dan freelance. Saat ini saya tinggal di Depok. Kesibukan sehari-hari mengurus keluarga dan rumah, mengurus blog dan komunitas. Sesekali ada pekerjaan lepas sambil dikerjakan.”

Dibuat dengan CANVA

Ceritakan tentang nama blognya dong, Mah, sekaligus alasan memilih nama tersebut. 🙂

“Nama blog saya adalah sunglowmama.my.id karena dari warna kuning. Jadi dulu sengaja browsing ke Wikipedia dalam rangka mencari nama blog. Cari nama warna, mungkin ada yang unik. Awalnya cari warna tosca karena merupakan warna favorit. Tetapi nggak ketemu, dan malah beralih ke kuning. Lalu, ketemu deh kata SUNGLOW. Lucu, warna kuningnya juga bagus. Eh blog saya malah gak pakai warna kuning, melainkan mix pastel, tosca dan orange.”

Mamah Andina sudah blogging sejak tahun 2010, wah, sudah 12 tahun yang lalu. Bagaimana Mah kisahnya?

“Awal serius blogging itu karena ingin menulis kesan menonton film yang bagus dan dapat penghargaan. Kemudian, motivasinya merambat bisa ditambahkan ads dan mendapat penghasilan.”

“Di blog lama, berkesan interaksi dengan blogger lain. Kalau menghasilkan, alhamdulillah. Cuma banyak scam juga.”

“Akhirnya berhenti, bikin lagi niche parenting tetapi belum TLD (–top level domain–). TLD-nya baru tahun 2020. Berhenti karena perpaduan jenuh, sibuk, dan berubah value.”

Nah, untuk saat ini, alasannya untuk me time dan melepas penat. Kalau ada sponsored post yang cocok dikerjakan.”

Tunggu, tunggu, Mah. Waduh, SCAM?? Seperti apa wujudnya, Mah?

“Ya ada yang ujungnya tidak menguntungkan, atau bayar dulu. Beberapa kali ditawari pasang iklan judi online, besar juga bayarannya, tetapi saya gak mau.”

Duh, ada-ada saja ya Mah. Ohya, menurut saya, Mamah Andina ini termasuk mamah yang highly motivated. Kok bisa begitu sih, Mah? Mantabb.

Wah apa ya. Mungkin karena suka. Dulu jaman belum ngeblog, suka menulis fiksi. Dibilang teman, produktif. Mungkin karena kebanyakan ide, tetapi yang ke-eksekusi gak semua tentunya ahaha.”

Begitu ya Mah, memang kalau sudah suka, pasti enjoy ya, Mah. Selanjutnya, bagaimana perasaan menjadi Mamah Master Tantangan, Mamah Andina?

Senaang. Tetapi pengennya Mamah-mamah lain juga jadi juara. Kalau ada nama-nama baru itu juga senang. Semoga saja, karena MGN, tulisan para Mamahs membaik atau lebih produktif. Itu juga sebenarnya sudah membuat happy.”

“Ada yang pernah bilang ‘yang menang itu-itu lagi’, sebenarnya yang pemenang sudah menerapkan ilmu atau ketemu ‘nadinya’. Setiap penjurian, kan selalu ada kesan pesan dari Mamah Juri, itu bisa dijadikan sebagai kisi-kisi.”

‘Kisi-kisi’, terakhir mendengar istilah ini adalah saat menjelang ujian masuk PTN dulu, ehehe. Mah, bagi tips agar bisa jadi Mamah Master, dong.

“Tipsnya adalah konsisten menulis agar makin mahir. Self-editing juga sebelum setor dan perhatikan kenyamanan pembaca. Yang penting jadi diri sendiri, karena biasanya yang unik malah menonjol dari yang lain.”

Siap, ‘KONSISTEN & BE YOURSELF‘, noted! Lalu, quote favorit dalam ber-blogging ria apa, Mah?

“Dari buku berjudul Show Your Work karya Austin Kleon. Begini bunyinya, ‘Bayangkan bila atasanmu (yang) berikutnya tidak perlu membaca riwayat hidupmu karena sudah membaca blog-mu’… “

Wah betul juga ya Mah. You are what you write, ehehe. Pertanyaan terakhir nih, blogger favoritnya siapa, Mah?

“Aku kayanya ga punya blogger favorit. Tapi aku suka lihat blog di Pinterest itu cakep-cakep banget, dari look sampai isinya. Udah cantik dilihat, ilmunya juga banyak.”

Terima kasih banyak ya Mamah Andina sudah berbagi. 🙂


3. Mamah Restu

Sebagai pemegang TOP 5 sebanyak 4 kali:

  1. Juara 5 Tantangan Blogging MGN Maret 2021
  2. Juara 1 Tantangan Blogging MGN Mei 2021
  3. Juara 2 Tantangan Blogging MGN Juli 2021
  4. Juara 2 Tantangan Blogging MGN Oktober 2021

Halo Mamah Restu, ceritakan tentang dirimu dong.

“Nama saya Restu Eka Pratiwi. Lahir di Bandung, 36 tahun lalu. Sampai SMA menetap di Semarang, hingga akhirnya kembali ke Bandung lagi untuk kuliah, berkeluarga, dan bekerja. Saat ini status saya adalah isteri, ibu dengan dua anak, serta Staf Tata Usaha di tempat saya kuliah dulu, Teknik Industri ITB.”

“Saya mulai menulis blog di tingkat 4 kuliah, sekitar tahun 2008. Topik yang saya sering tulis adalah pengalaman hidup, pemikiran, atau pendapat. Sempat rajin ngeblog beberapa tahun, lalu vacuum saat punya anak pertama. Setelah bertemu Mamah Gajah Ngeblog, alhamdulillah setahun kemarin jadi lumayan rajin menulis lagi.”

Dibuat dengan CANVA

Wah asyik, bergabung dengan MGN banyak hikmahnya ya Mah. Ngomong-ngomong apa sih Mah, alasan nama blognya berupa nama diri secara lengkap?

“Alasan pemilihan nama blog saya, www.restuekapratiwi.com, tidak ada yang khusus sih. Simply karena jaman dulu tidak terpikir yang lain haha. Lalu sekarang malas ganti. Tidak kepikiran juga nama blog yang catchy atau dirasa cocok.”

Atas nama sebuah kepraktisan dan kesederhanaan ya Mah. Sedangkan asal mula ngeblog-nya beserta alasannya, bagaimana, Mah?

“Alasan membuat blog, awalnya karena ikut-ikutan adek yang sempat keranjingan ngeblog. Tapi lama-lama ternyata jadi ikut hobi juga. Saya ini orangnya suka memperhatikan sesuatu dan berpikir. Memikirkan berbagai sisi pengalaman hidup yang saya alami atau orang yang saya amati. Bukan mikir-mikir yang serius sih. Cuma kenapa begini, kenapa begitu.”

Nah kadang saya ingin orang lain tau pemikiran saya, yang saya anggap menarik. Hehe. Media yang gampang, adalah sosial media dan blog. Saya tidak begitu suka media sosial karena terlalu ramai. Plus saya mikirnya jarang orang memikirkan terlalu serius hal yang ditulis di medsos. Sementara di blog pembacanya lebih fokus.”

Ah, betul sekali, Mah! Setuju, medsos terlalu ‘berisik’ ya, terutama untuk orang yang mengutamakan ‘serenity‘. Lalu, motivasi blogging-nya apa, Mah?

“Ingin terkenal. Haha. Nggak lah, cuma ingin menulis untuk menuangkan pikiran dan pendapat saja. Saya ini ibu-ibu biasa, dengan rutinitas yang itu-itu saja, dan tidak pernah punya prestasi apa-apa. Kalau di dunia nyata sering merasa pemikiran dan pendapat saya diabaikan atau dianggap tidak penting. Di lingkup sosial ya maksudnya. Kalau di keluarga sih I’m the Boss. Haha.”

“(Selain itu) saat blogging bisa menuangkan pikiran sendiri itu rasanya melegakan sekali. Apalagi kalau ada yang baca dan bisa terhibur atau mengambil manfaat dari tulisan yang saya buat. Suatu pencapaian tersendiri buat saya. Mungkin sejenis aktualisasi diri ya. Hehe.”

Duh ingin rasanya saya memberi ‘LIKE’, tetapi tidak ada button-nya, ehehe. Perasaan menjadi Mamah Master gimana, Mah?

“Cukup terkejut pastinya, bisa beberapa kali menang tantangan sampai jadi master :)) Prestasi kecil yang cukup membanggakan. Hehe. Tapi sebetulnya yang lebih bikin happy bukan gelarnya sih, tapi karena tulisan saya ternyata cukup bisa diterima dan disukai. Paling tidak oleh mamah-mamah :)”

You truly deserved it, Mah! Speaking of, quote favorit yang mampu nge-boost seorang Mamah Restu untuk enjoy dan konsisten blogging, apa sih Mah?

“JUST DO IT!

Wow, singkat, padat, dan membuat saya tergerak untuk segera menyelesaikan Tantangan Blogging MGN bulan Januari 2022 ini. Ehehe. Terima kasih, Mamah Restu.


Gimana, Mah? Sudah siap menjadi MAMAH MASTER TANTANGAN 2022? Optimis bisa, kan rahasianya sudah dibocorkan oleh para Mamah Master Tantangan 2021. Ehehe.

Sekali lagi terima kasih ya Mamah Shanty, Mamah Andina, dan Mamah Restu, sudah mau bercerita mengenai kisah blogging-nya serta membagikan tips yang bermanfaat dan motivasi untuk kita semua.


Sri Nurilla
Sri Nurilla

Wanita Indonesia

Articles: 15

4 Comments

  1. Aku tuh bingung mau komen dari mana dulu, tapi biar singkatnya aku pilih quote favorit dari mamah restu: Just Do It!

    Yuk yuk just do it ngisi blog, nggak usah pake banyak pertimbangan, tambah sering nulis biasanya makin terlatih kan buat ngisi blog.

    Makasih mamah Uril udah menuliskan wawancara virtual ini, serasa aku menonton acara live tanya jawabnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.