ide menulis

Mencari Ide Menulis Blog

Sumber gagasan tulisan tidak terbatas, tapi kenapa sering merasa tidak punya ide menulis? Bagaimana dan kemana mencari ide menulis? Baca sampai habis yuk!

Halo Mamah, gimana kabarnya setelah libur lebaran usai? Berapa banyak cerita yang ingin dituliskan? Atau jangan-jangan karena masih terbawa hawa liburan, jadi belum kembali nih semangat menulisnya? Atau ada yang memang sedang tidak punya ide sama sekali untuk menulis?

Sebagai blogger, kita sering lama tidak menulis di blog karena merasa tidak punya ide. Lalu, ketika ada ide, kita tidak punya waktu menulis. Lingkaran antara tidak ada ide dan tidak ada waktu menulis ini akhirnya membuat blog kita lama terbengkalai. Setelah lama tidak menulis, kita juga makin tidak tahu harus mulai lagi dari mana. Padahal, mulai saja dari apapun yang ingin dituliskan.

Waktu liburan kemarin, kalau sempat foto-foto berbagai suguhan makanan khas kota tersebut, bisa jadi ide dituliskan untuk mengikuti Tantangan Blogging MGN bulan Mei 2022 ini loh Mah! Masih ada waktu untuk mengikuti tantangannya sampai tanggal 20 Mei 2022.

Untuk Mamah yang sedang punya banyak ide tapi belum sempat menulis dengan tenang, langsung dicatat saja topik-topiknya, kumpulan topik ini akan sangat berguna untuk mengisi blog beberapa waktu ke depan. Jadi, langkah pertama adalah: pastikan kita memiliki kumpulan daftar topik untuk dituliskan. Setiap kali ada waktu untuk menulis tapi merasa tidak ada ide menulis, kita bisa membaca kembali daftar topik tersebut.

Sumber Gagasan Tulisan Tidak Terbatas

Sebenarnya sumber gagasan menulis ini tidak terbatas, asal kita mau melemaskan jari sedikit untuk mulai menulis. Setiap kali memiliki pertanyaan, atau mendapatkan pertanyaan tentang sesuatu kita bisa langsung tambahkan ke dalam daftar topik yang ingin kita tuliskan. Hal-hal yang kita tanyakan, seperti pertanyaan: mau nulis apa hari ini? bisa menjadi hal yang kita tuliskan juga.

Karena tidak semua blogger sama, saya akan mencoba membagi pencarian idenya berdasarkan 3 kelompok besar: blogger curcol (seperti saya), blogger dengan niche/fokus tertentu dan blogger professional.

Ide untuk blogger curcol

Blogger curcol (curhat colongan) sebenarnya paling gampang mendapatkan ide, karena setiap hari pasti ada yang ingin diceritakan. Tapi tentunya kita juga tetap perlu ingat, tidak semua hal bisa dituliskan Jangan juga menuliskan hal-hal yang tmi alias too much information. Jangan lupa, semua yang dituliskan di internet itu ada jejaknya. Sebagai blogger curcol harus tetap ingat kalau semua yang dituliskan adalah hal yang memang boleh diketahui orang lain.

Berikut ini hal-hal yang biasanya menjadi tempat saya mencari ide untuk dituliskan di blog saya:

  • Matikan ponsel dalam perjalanan dan lihatlah sekeliling, kalau tidak sendirian dalam perjalanan mengobrol dengan teman seperjalanan.
  • Dari obrolan daring maupun luring, semua obrolan di grup chat/ komunitas ataupun ngobrol dengan pasangan atau temans seperjalanan pasti akan ada ketemu topik menarik untuk dituliskan.
  • Mengambil foto setiap hari. A picture is worth a thousand words, melihat album foto di ponsel merupakan salah satu jurus jitu untuk menemukan ide tulisan. Pastikan mengambil foto setiap hari, tidak harus foto diri, bisa saja foto benda atau kejadian yang kita lihat di sekitar kita.
  • Ingat selalu peribahasa: “Jauh berjalan banyak dilihat, lama hidup banyak dirasakan”. Kalau kita artikan secara literal untuk menjadi ide menulis: semua yang dilihat dan dirasakan, bisa banget dibagikan ke orang lain sebagai tulisan blog.
  • Kalau suka menonton ataupun membaca cerita fiksi, bisa saja ada hal-hal yang membuat kita ingin berkomentar kenapa begini atau begitu jalan ceritanya. Hal-hal seperti itu bisa jadi bahan tulisan juga. Lebih baik menceritakan tokoh karakter fiksi daripada menceritakan orang lain kan, hehehe.
  • Menceritakan hal keseharian, misalnya saja kapan terakhir makan es krim atau sedang ingin makan sesuatu.
  • Membantu anak mengerjakan tugas sekolah atau memperhatikan banyaknya tugas sekolah jaman sekarang juga bisa menjadi bahan tulisan.
  • Menulis free writing setiap hari menjadi tempat untuk menuangkan ide-ide sebelum ditulis ulang menjadi tulisan blog.
  • Blogwalking ke tulisan teman-teman atau bahkan ke tulisan lama, bisa menjadi salah satu sumber ide tulisan.
  • Siapa yang setiap tidur masih bermimpi? Mimpi memang bunga tidur, tapi bisa jadi ide tulisan juga.
  • Mengikuti topik menulis bareng dalam komunitas Mamah Gajah Ngeblog juga bisa banget jadi ide menulis. Kalau Mamah ikutan tantangan dan menulis kompakan, paling tidak dalam sebulan, blog akan memiliki 2 tulisan baru.

Blogger curcol ini tidak akan kehabisan ide. Ada banyak tantangan menulis yang memberikan daftar topik menulis 30 hari atau bahkan 365 hari. Kita bisa mencoba mencari kata writing prompts di google, dan dari sekian banyak daftar yang ada, cobalah bikin sendiri daftar yang kira-kira menarik untuk dituliskan. Salah satu contoh writing prompts yang merupakan sumber gagasan menulis bisa dilihat di situs New York Times.

Ide untuk blogger dengan niche tertentu

ilustrasi ide blog (dari Canva)

Ada banyak blogger yang memilih hanya menuliskan topik tertentu, misalnya topik pengasuhan anak, topik memasak, seputar dunia hiburan, seputar dunia Korea, pengalaman jalan-jalan, atau blogger yang menuliskan seputar dunia blogging.

Untuk blogger dengan niche tertentu ini, tentunya isinya akan mengupas tuntas setiap pertanyaan yang mungkin muncul di dalam topik yng dia fokuskan. Yang perlu diingat juga adalah, blogger dengan niche tertentu ini perlu untuk mempunyai rencana pengembangan sebuah topik.

Tulisan berseri

Contoh tulisan berseri, misalkan seseorang memilih niche seputar dunia menulis dan blog, maka idenya bisa mulai dari memulai ngeblog, detail tentang hosting, setting blog dan perbedaan dari berbagai layanan blog yang ada. Sampai kemudian menuliskan hal-hal yang sering ditanyakan tentang setiap layanan tersebut.

Blogger dengan niche tertentu pastinya perlu mengeksplorasi nichenya dengan cara membuat tulisan berseri yang terbit secara rutin (misalnya seminggu sekali).

Menerima tulisan tamu atau menjadi penulis tamu

Untuk memberi variasi dalam tulisan di blog, sesama blogger dengan niche yang sama bisa jadi menerima tulisan dari blogger lain. Menjadi penulis tamu di blog lain bisa berguna juga untuk membuat blog kita dikunjungi oleh pembaca setia blog tempat kita menjadi tamu.

Jadi, selain menerima tulisan tamu, kita bisa juga menjadi penulis tamu di blog lain yang memiliki niche yang hampir sama dengan blog kita.

Mengikuti lomba atau tantangan menulis

Salah satu cara untuk mencari ide menulis adalah dengan mengikuti berbagai perlombaan menulis blog yang topiknya sesuai dengan niche blog kita. Misalnya saja kalau blog kita biasa membahas berbagai gawai, dan ada perlombaan menulis tentang gawati tertentu, nah bisa deh kita ikuti. Tapi jangan sampai mengikuti lomba menulis artikel memasak, karena itu sudah beda niche, Mah!

Untuk blogger profesional

Istilah blogger profesional ini biasanya untuk blogger yang juga menerima penulisan artikel yang dibayar alias ngeblog cuan. Untuk blogger profesional ini perlu memiliki blog planner alias rencana menulis selama sebulan ke depan. Perencanaan ini selain supaya tidak kelewat tenggat waktu. Karena ketika ngeblog ada bayarannya tentunya kita perlu melakukan riset untuk hal yang ingin dipromosikan.

Untuk mendapatkan topik tulisan, blogger profesional biasanya akan tergabung dalam komunitas yang memang banyak mencari blogger untuk mempromosikan produknya. 

Saya bukan blogger profesional, tapi saya pernah dengar kalau tulisan di blog yang isinya iklan semua membuat blog tidak menarik. Jadi, selain menuliskan artikel pesanan, blogger profesional perlu menulis konten organik (istilah untuk konten yang bukan iklan). Untuk kontan organik ini, bisa dari topik yang kira-kira sifatnya menarik banyak orang dan tidak kadaluarsa dimakan jaman.

Blogger profesional perlu mencari topik yang evergreen. Apa saja topik evergreen itu? Misalnya saja nih: manfaat olahraga untuk kebugaran tubuh, belajar bahasa, tips menulis. Topik ini dikembalikan lagi dengan niche blog masing-masing. Blogger profesional jarang menulis curcol di blog nya, tapi biasanya juga memiliki niche tertentu. Semua ide tulisan untuk blogger curcol dan blogger dengan niche tertentu, bisa dimodifikasi menjadi tulisan mempromosikan produk yang sifatnya personal.

Untuk semua blogger

Kalau kamu tidak merasa sebagai salah satu kelompok blogger yang disebutkan, masih bisa tetap mencoba mengadaptasi apa yang dilakukan dari 3 jenis blogger di atas. Yang tidak kalah penting, kita perlu banyak membaca dan membaca. Dari membaca biasanya kita dapat inspirasi untuk menuliskan sesuatu. Selain memiliki kumpulan topik ide menulis, idealnya kita juga perlu memiliki rencana menulis. 

Ada beberapa hal yang sering saya tuliskan kalau lagi rajin:

  • Review: pada dasarnya semua hal bisa kita review. Mulai dari produk, tempat, tontonan, bacaan, sampai dengan pengalaman. Menjadi reviewer ini ada yang dibayar juga loh.
  • Tutorial: hal yang juga banyak dicari orang adalah cara menggunakan sesuatu. Bisa berupa tutorial memasang sesuatu, atau memakai aplikasi.
  • Catatan belajar: saya suka mencatat apa yang sedang saya pelajari. Membaca petunjuk manual lengkap dari sesuatu mungkin akan memberi jawaban lengkap, tapi ketika kita membutuhkan sesuatu yang spesifik, membaca pengalaman belajar orang lain bisa membuat kita lebih cepat belajar.
  • Melihat-lihat pertanyaan di google, misalnya dari jawaban pertanyaan, kita bisa melihat hal lain yang juga ditanyakan orang lain.

Waktunya Menulis

Ide sudah ada banyak, mulai dari kumpulan topik yang kita tuliskan, sampai dengan writing prompt yang ada banyak di internet. Sekarang waktunya untuk mulai menulis.

Masih bingung bagaimana cara mengembangkan sebuah topik menjadi tulisan di blog? Mamah bisa baca lagi berbagai topik blogging di situs MamahGajahNgeblog.com ini. Pastikan saja tulisan Mamah memiliki 7 Elemen dasar yang harus ada dalam artikel blog.

Mamah masih punya ide lain selain yang dituliskan di atas? Atau ada pengalaman yang sama dengan saya dalam mencari ide menulis blog? Yuk berbagi di komentar.

Risna
Risna

WordPress Blogger, tinggal di Chiang Mai Thailand. Sedang hobi desain Canva dan Kinemaster selain menonton Film dan drama Korea.

Articles: 27

10 Comments

    • Iya teh, cobain deh liat foto yang ada di album ponsel, biasanya jadi kepikiran sesuatu dan malah jadi tulisan. Aku lumayan sering begini nemu idenya hehe

  1. Ha! Terima kasih sudah mengingatkan buat sering-sering mengambil foto. Kadang merasa nggak perlu. Padahal ide menulis suka datang belakangan. Sayang kalau tak disertai foto buat mengilustrasinya… 😉

  2. Wah aku engga kepikiran nulis dari foto sehari-hari. Biasanya tulisan dari foto tuh kaya pengalaman perjalanan doang.

    Oh iya selain cari ide, paling susah menurutku adalah mulai, apalagi kalau habis liburan gini. Padahal kalau udah mulai nulis dan dapet momentumnya bisa sangat produktif.

  3. Lengkaap, Risna. Makasiiy ya Risna sudah memberi informasi ini, membuat saya termotivasi untuk segera menulis. Ahahaha. Saya type yang blogger curcol, malah rasa-rasanya blog saya kok jadi kayak diary ya ehehe. Free writing sih jadi nulis tentang yang dialami atau yang ada di depan mata.

    Ide Risna untuk mematikan ponsel (airplane mode ON) mau saya ikuti ah. Notifikasi yang muncul bisa menimbulkan distraksi, malah gak jadi menikmati sekeliling ya.

  4. Pas bangett sama yang aku butuhkan!

    Terima kasih tipsnya kak. Tentang matikan notifikasi HP itu emang penting banget karena kumpulin fokus setelah terdriksasi bukanlah hal mudah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *