itbmothehood pulang kampus 2023

Oleh-oleh dari ITB Motherhood Goes To Pulang Kampus 2023

Sudah beberapa hari berlalu dari perhelatan akbar ITB Pulang Kampus yang diadakan Sabtu, 10 Juni 2023 lalu. Tapi kok ya sampai hari ini saya masih belum bisa move on dari acara itu. Timeline Facebook dan IG, masih ramai aja dipenuhi seliweran foto teman-teman mengabadikan keriuhan acara tersebut.

Gimana nggak heboh coba. Yang mendaftar resmi melalui whatsapp mencapai 18 ribu orang. Diperkirakan pada hari H, yang hadir mencapai 21 ribu orang. Mencakup alumni dan para keluarganya.

  • event itb pulang kampus

Awalnya saya sendiri sebenarnya tidak terlalu antusias sih untuk menghadiri acara ini. Kebayangnya acara temu alumni besar-besaran akan terlalu hiruk pikuk. Teman saya di kampus ITB rasanya nggak jauh-jauh dari teman-teman seangkatan sejurusan saja. Ditambah lagi kami angkatan 93 akan mengadakan reuni perak 30 tahun pada 8 Juli 2023. “Ntar aja deh sekalian,” pikir saya.

Sampai Andina, inisiator Mamah Gajah Ngeblog menawari kami di grup telegram untuk mewakili Mamah Gajah Ngeblog sebagai sub unit ITB Motherhood saat acara ITB Pulang Kampus 2023. Sebagai orang Bandung, rasanya nggak tega juga kalau grup kesayangan ini nggak ada yang mewakili.

Sempat bingung juga membayangkan bagaimana caranya untuk mengatur waktu kegiatan yang begitu banyak seharian. Mulai dari acara ITB Motherhood, acara jurusan, acara angkatan, dan pengen seneng-seneng jalan sendiri menikmati kuliner juga. Capek nggak ya?

Wah ternyata seru abis!!! Beneran nggak nyesel deh hadir di acara reuni besar kaya gini.

Gimana nggak besar coba. Selain dihadiri begitu banyak alumni, kegiatan yang diadakan mencapai lebih dari 100 program acara. Didukung oleh 100 booth kuliner, 40 booth UMKM, dan 17 booth sponsor di sekitaran gedung Fisika, Campus Center, Teknik Lingkungan, Labtek V dan VIII.

Juga ada panggung yang menampilkan hiburan band angkatan dan alumni yang keren-keren dari pagi hingga ditutup pk 11 malam dengan penampilan dari Fariz RM. What a day!

Keseruan Ngumpulnya Para Mamah ITB Motherhood

Rangkaian acara pulang kampung ini sebenarnya dimulai sejak pk 6.30 pagi dengan acara lari pagi oleh teman-teman runner. Dari Mamah Gajah Berlari sebagai sub unit ITB Motherhood, mamah-mamah cantik bertutu pastel dengan balonnya sudah turut mendukung acara dengan berlari di sekitaran kampus ITB.

mamah gajah berlari
Kegiatan Mamah Gajah Berlari mendukung pulang kampus 2023. (foto: dok. itbmh oleh @yuse_photography_bandungshoot)

Saya sendiri baru bergabung untuk ikutan mendukung acara arak-arakan. Begitu tiba di gerbang utama kampus Ganesha pk 8.30 pagi, kita akan disambut dengan kemeriahan para peserta arak-arakan dengan kostum yang unik dan tabuhan musik yang bikin semangat.
Entah kenapa, rasanya semangat kebersamaan sebagai sesama alumni begitu terasa dan membawa kita kembali ke masa-masa penuh perjuangan darah dan air mata selama kuliah di kampus ITB. Maafkan kalau rada lebay….

Tapi sayang nggak boleh lama-lama keasyikan nonton persiapan arak-arakan di gerbang utama. Kami perlu latihan arak-arakan juga di lapangan aula barat bersama teman-teman dari ITB Motherhood.

Bersama Teh Lintang Wahyu FA08 dari ITBMh TV, saya bergabung dengan mamah-mamah lain yang sudah cantik-cantik dengan kostum hitam-pastel lengkap dengan kacamata hitam dan tentu saja putra-putri yang bahagia berlarian di lapangan rumput Aula Barat. Memang ITB Motherhood ini adalah komunitas alumni ITB yang anggotanya mayoritas angkatan 2000-an. Jadi masih banyak yang punya anak-anak kecil.

Kami pun latihan tipis-tipis arak-arakan yang dimotori oleh Teh Sarah dari Mamah Gajah Berlari. Ada 10 sub unit ITB Motherhood yang akan mendukung arak-arakan ini.

Di sini saya akhirnya ketemu pertama kali dengan Mbak Dewi Laily AR89 dan Mutiara Sidharta BI03 dari Mamah Gajah Ngeblog. Padahal sudah segitu intensnya kami berhubungan di grup Telegram, baru berkesempatan ketemu sekarang ini aja. Sayang sekali anggota Mamah Gajah Ngeblog yang lain nggak sempat ketemuan walau hadir di acara yang sama.

Arak-arakannya sebenarnya melalui rute pendek aja sih. Hanya di dalam kampus dari gerbang utama belok kiri ke arah gedung sipil dan fisika. Lalu langsung belok ke kanan di depan campus center. Tepat di bagian tengah kampus center, ada penampilan khusus dan pembacaan puisi. Anak-anak para mamah yang hadir ikut dilibatkan untuk membawa bendera sub unit. Seneng dong anak-anak diajak terlibat seperti itu.

Setelah arak-arakan, kami pun berfoto bersama di Labtek VIII dan Kolam Indonesia Tenggelam. Asyik deh, ITBMotherhood punya tukang foto profesional untuk mengabadikan acara. Jadi bisa dijamin, foto kami bagus-bagus di acara ini.

itbmotherhood pulang kampus
Berfoto bersama dulu setelah arak-arakan di Labtek VIII. (foto: dok. itbmh oleh @yuse_photography_bandungshoot)

Catat ya, kalau bikin acara, ada baiknya punya fotografer profesional. Biar nggak repot setelah event, bingung nyari foto kita yang entah ada di kamera ponsel siapa karena tadi asal jeprat-jeprat seharian dengan yang lain. Curhat pribadi ini.

10 Sub Unit ITB Motherhood Ngumpul

Acara utama ITB Motherhood diadakan di Gedung Teknik Industri Labtek III Mathias Aroef lantai 5 pk 11.00. Molor 1 jam dari jadwal.

Acara dibuka oleh MC Teh Thya Maknyes dan sambutan dari Bu Ketua Teh Patra (Yuria Cleopatra SI96). Pertemuan hari ini adalah untuk melepas kangen setelah terakhir kali Homecoming ITBMh 2017.

Dilanjutkan dengan kabaret oleh anak-anak untuk mengenalkan 10 sub unit di ITB Motherhood. Berikut ke-10 sub unit yang hadir:

sub uni itbmotherhood
10 sub unit ITBMotherhood yang hadir di acara ITB Pulang Kampus 2023. (image: ITBMh TV)

#1 ITB Homeschooling

Sub grup ini berdiri karena cukup banyak mamah yang memilih homeschooling untuk pendidikan putra putrinya. Sejak Mei 2020, ITB homeschooling aktif mengadakan diskusi, workshop, seminar dan playdate.

#2 Gajah Mader

Di sini tempatnya ngumpulnya mamah-mamah pengusaha. Kegiatannya berbagi mengenai usaha dan jualan, seminar online tentang topik kewirausahaan, dan acara kumpul-kumpul offline. Keseruan acara pulang kampus kali ini pun ditaburi oleh begitu banyak hadiah dari Gajah Mader.

#3 ITBMh TV

Sejak Maret 2021, ITBMh TV ternyata telah menghasilkan 103 video dengan subscriber mencapai 1.8K. Bangga deh pernah tampil bersama ITBMh TV untuk berbagi ilmu mengenai blogging untuk pemula tahun lalu. Buat kamu yang perlu ilmu-ilmu asyik seputar motherhood, penting untuk kepoin channel yang satu ini.

#4 Mamah Gajah Memasak

Kalau buat mamah yang ingin meningkatkan kemampuan memasak dan mencari inspirasi, kayanya pas banget gabung dengan sub unit yang telah berdiri sejak 2020 ini. Kegiatannya seperti cooking/baking challenge, bahas teknik masak dan masak bareng.

#5 Mamah Gajah Berlari

Sub unit yang satu ini sudah eksis sejak 2019. Dengan tagline pace receh tapi keceh, para mamah yang suka lari-lari cantik ini sangat percaya bahwa healthy mamah leads to healthy family. Setuju Mah?

Sambutan dari Teh Patra dan MC asyik Teh Thya Maknyes. (foto: dok. itbmh oleh @yuse_photography_bandungshoot)

#6 ITBMH Special Needs

Setiap anak adalah special adalah pegangan para mamah di sub grup ini. Di sini para mamah berbagi mengenai pengasuhan anak-anak yang memiliki berbagai macam kebutuhan khusus.

#7 Mamarmy

Grup yang baru berdiri Februari 2023 ini cukup mencuri perhatian para mamah yang hadir dengan kaos gajah kuningnya yang manis banget. Sebuah grup yang cinta Bangtan dan cinta damai.

#8 Mamager (ITB Magerhood)

Kata siapa mager (malas gerak) itu sebuah kegiatan yang haram dan hina. Para Mamah di Mamager percaya kalau istirahat dan nyantai dapat menghasilkan ketenangan pikiran yang bisa membantu untuk lebih kreatif, inovatif, dan efisien. Nggak percaya? Mungkin kita perlu gabung sub unit yang satu ini untuk membuktikannya sendiri.

#9 Mamah Gajah Bercerita (MaGaTa)

Berat untuk berpisah setelah menelurkan buku antologi Jejak Kenangan pada Januari 2021, sejumlah Mamah yang suka menulis ini pun mendirikan sub unit Magata. Kegiatannya seperti membuat Tantangan Menulis, mengulas tulisan, dan bagi-bagi hadiah buat yang rajin menulis tentunya.

#10 Mamah Gajah Ngeblog

Dan tentu saja last but not least grup kami tercinta ini, Mamah Gajah Ngeblog yang telah berdiri sejak 2 Januari 2021. Sedikit berbeda dengan mamah yang suka bercerita di Magata, kami mengkhususkan diri untuk menggunakan platform blog sebagai media menulis.

Kegiatan rutin seperti challenge bulanan yang mengangkat tema keseharian yang menarik, berbagi ilmu ngeblog, sampai ke berbagi blog post terbaru di blog masing-masing.

itb pulang kampus mgn
Bareng Ketua ITBMotherhood Teh Patra dan teman-teman MGN. (foto: dok. teh Dewi Laily)

Selain sub unit yang mewakili hobi, ada juga loh yang mewakili wilayah seperti ITBMh Jaktangsel (Jakarta dan Tangerang Selatan) dan ITBMh Batim (Bandung Timur).
Menarik-menarik banget kan sub unit di ITBMotherhood. Buat yang kepo, langsung aja mampir ke instagram masing-masing sub grup. Bagi para alumni ITB, kami sangat terbuka untuk menyambut teman-teman bergabung.

Acaranya Anak-anak & Para Mamah

Bisa dibilang acara ITB Motherhood hari ini adalah acaranya anak-anak. Ya ia lah ya, namanya juga para mamah yang selalu diikuti krucil-krucil. Mereka adalah yang utama dan para mamah adalah pelengkap penderita yang berbahagia karena bisa sambil ngobrol sana-sini dan foto-foto dengan teman-teman lama dan baru yang kebetulan bisa ketemuan.

Selain kabaret, anak-anak dihibur dengan sulap dari Planet Sains. Ada juga games anak-anak dandanin mamahnya. Kalau untuk para mamah, ada games tebak gambar, tebak lagu dan Quiz.

Tentu saja ada berbagai hadiah menarik buat anak-anak dan para mamah dari para sponsor. Kalau anak happy, mamah pun ikut happy tentunya.

itb pulang kampus itbmotherhood
Anak-anak yang asyik menyimak sulap science dan mendandani mamahnya. (foto: shanty)

Perlunya Let’s Connect The Dots

Acara ITBMotherhood ditutup sekitar pukul 1 siang. Saya sendiri sayangnya tidak bisa menyaksikan hingga akhir karena harus menghadiri acara di jurusan. Itu pun hanya sempat separuh acara saja.

Ini nih repotnya reuni dengan 100 event. Membuat kita harus membelah diri mengikuti acara di berbagai event yang seru-seru. Sedikit di sini, sedikit di sana. Tapi tak apa-apalah. Keseruan yang jarang-jarang terulang kembali.

Cocok banget kalau Ikatan Alumni ITB mengangkat tema Let’s connect the dots untuk acara Homecoming ini. Waktunya menyambung silahturahmi.

Kayanya seru juga ada event besar seperti ini setiap 5 atau 10 tahun sekali selain event kumpul jurusan, angkatan, atau unit kegiatan. Makin guyub dan bisa menjadi motivasi untuk bisa berkarya dengan lebih baik lagi. Aamiin.

Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin
Articles: 5

4 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *