5 Film Mamah Penuh Aksi, dari Mamah untuk Mamah

Kasih ibu, kepada beta… Tak terhingga, sepanjang masa… Hanya memberi… Tak harap kembali… Bagai sang surya… Menyinari dunia…. (“Kasih Ibu” ciptaan Mochtar Embut)

Lagu dengan lirik singkat dan padat makna ini mungkin sudah dikenal sejak Mamah duduk di bangku Taman Kanak-kanak. Pastinya sekarang, ketika sudah menjadi seorang Ibu, terasa lebih related dan terharu saat mendengarkannya. Mamah bisa membayangkan sebesar apakah pengorbanan Ibunda untuk kita. To infinity and beyond, they said.

Yuk, Mah, mumpung momennya tepat, kita sempatkan mengungkapkan rasa cinta yang dirangkai dalam kalimat yang indah untuk Ibu kita.

Tak lupa, Selamat Hari Ibu juga untukmu, Mah! Mamah semua pantas mendapat pujian karena menjalani salah satu pekerjaan terberat di dunia. Hebat, Mah!

Tidak hanya pujian, semoga Pak Suami pun mau diajak bekerja sama untuk memberi dispensasi buat Mamah di Hari Ibu ini ya, Mah, ehehe. Beberapa jam saja juga cukup kok untuk sedikit melonggarkan diri dari tugas sehari-hari. Seperti menemani anak potty training, nyuapin anak, beresin mainan yang berserakan di ruang tamu, mengajak anak ke playground; …; daftarnya sangat panjang, Mah!

Netflixing bisa menjadi salah satu me time nih, Mah! Terutama karena planet kita masih belum sembuh dari pandemi dan membuat kita harus menghindari keramaian. Selain itu, bisa sangat menghemat juga, Mah. Hanya perlu beli makanan kudapan melalui GoFood.

Berikut 5 rekomendasi film bergenre action yang ada di Netflix dan tepat dinikmati di Hari Ibu. Kelima film berikut menggambarkan definisi the power of emak-emak. Tidak hanya bapak-bapak saja yang bisa badass lho! Seorang ibu juga mampu menyandang gelar badass!

1. Enough (2002)

Sumber: App Netflix Indonesia (dibuat dengan CANVA)

Film klasik yang dibintangi oleh Jennifer Lopez a.k.a J.Lo ini penuh adrenalin rush dan membuat geregetan dengan perilaku laki-laki patriarkal yang merasa bisa berbuat seenaknya terhadap sang istri. Meskipun alurnya bisa ditebak tetapi tetap menghibur kok. Kita pun akan dibuat terbengong-bengong dengan kemampuan bela diri J.Lo yang luar biasa. Ternyata beliau tidak hanya jago menari di tiang (pole dance).

Beberapa tahun mengenal suami ‘sempurna’nya, Slim Hiller menyadari bahwa pria yang selama ini dia cintai dan banggakan bukanlah pribadi yang sesungguhnya. Saat sang putri kecil hadir ke dunia untuk menjadi pelipur laranya, suaminya, Mitch Hiller, makin memperlihatkan perilaku abusive-nya.

Berulang kali upayanya untuk menjauh, gagal. Akhirnya di satu titik, Slim menguatkan tekad dan meneguhkan pendirian demi melindungi putrinya dengan ‘menghentikan’ suaminya. Sadis!

2. Panic Room (2002)

Sumber: App Netflix Indonesia (dibuat dengan CANVA)

Ada Liam Neeson yang selalu juara dalam berperan sebagai seorang ayah. Sedangkan peran seorang ibu, piala nomor 1 dipegang oleh Jodie Foster. Dalam film ini kita juga bisa melihat kemampuan akting Bella Swan (Kristen Stewart) ketika masih kecil.

Hari itu adalah hari pertama Meg Altman dan putrinya, Sarah, pindah ke rumah brownstone megah di New York. Di hari tersebut pula mereka harus menghadapi kejadian menakutkan dalam hidupnya, ada beberapa perampok bersenjata memasuki rumahnya.

Untungnya rumah tersebut dilengkapi dengan sebuah panic room, ruang yang digunakan dalam kondisi gawat darurat, seperti: bencana alam, serangan teror, dan berbagai keadaan berbahaya lainnya. Ruangan tersebut dibuat sedemikian rupa untuk keamanan, pintu dan dindingnya terbuat dari baja, dan di dalamnya sudah tersedia kebutuhan dasar serta peralatan canggih.

Sayangnya keberadaan Meg dan putrinya di tempat super-aman itu tidak mulus. Sarah yang memiliki penyakit diabetes membutuhkan suntikan insulin yang kebetulan ada di luar panic room. Mau tidak mau, Meg harus mengambilnya. Adegan kejar-kejaran dan sembunyi-sembunyiannya menambah keseruan film thriller menegangkan ini.

Singkatnya, tidak perlu khawatir ketika ada penjahat masuk rumah kalau punya panic room dan mamah badass seperti Jodie Foster.

3. Obsessed (2009)

Sumber: App Netflix Indonesia (dibuat dengan CANVA)

Tampaknya keluar dari zona nyaman tidak berlaku untuk semua orang. Setidaknya itulah opini pribadi saat melihat Beyonce bermain peran di film Obsessed. Untungnya tertolong dengan kemampuan akting lawan mainnya, Idris Elba dan Ali Larter, serta alur cerita yang menarik.

Lisa Sheridan adalah wanita yang ngefans berat dengan bosnya yang gagah, tampan, sukses, dan mempesona, Derek, yang diperankan oleh Idris Elba. Tentunya mengagumi bukanlah hal yang dilarang. Tetapi harus dikendalikan ketika sudah mencapai level terobsesi. Kemungkinan besar wanita seperti Lisa ini bisa ‘habis’ dimaki dan dijambak oleh emak-emak, ehehe.

Sharon, istri Derek, tentu tidak mau tinggal diam dengan kelakuan Lisa yang melampaui batas, terutama saat Lisa mulai ‘mengutak-ngatik’ keselamatan putranya yang berusia 2 tahun, Kyle.

Seorang ibu yang lembut bisa menjadi supergarang kalau ada yang berbuat macam-macam terhadap anaknya. Jangan coba-coba!

4. Bird Box (2018)

Sumber: App Netflix Indonesia (dibuat dengan CANVA)

Bird Box memiliki nuansa yang mirip dengan film A Quiet Place, ‘berbau’ apocalypse. Situasi penduduk bumi yang berada di ambang kepunahan karena hadirnya makhluk aneh dan peran seorang ibu dalam melindungi anak-anaknya dalam bertahan hidup.

Film ini diperankan oleh Sandra Bullock yang kemampuan aktingnya tidak diragukan lagi. Beliau bisa bermain di beragam genre: komedi; drama (Crash); romantis (While You Were Sleeping); action (sebagai sopir bus bersama Keanu Reeves); dan thriller seperti film Bird Box.

Manusia banyak yang mati bunuh diri yang dilakukan tanpa sadar setelah melihat kehadiran makhluk aneh yang entah dari mana datangnya. Satu-satunya cara bertahan hidup adalah dengan merem atau mengenakan kain penutup mata (blindfold). Dengan kondisi yang penuh keterbatasan dan mencekam, Malorie Hayes harus menjaga dan melindungi kedua anaknya yang masih bayi.

Terbayang bagaimana susahnya ya, untuk menjaga diri sendiri saja sangat sulit, apalagi harus menjaga, membimbing, dan mengajarkan kedua anaknya untuk menjalani kesehariannya.

Tapi tenang, kedua anak tersebut berada di tangan mamah badass yang benar. Setelah lebih dari 5 tahun berkelana, mereka akhirnya selamat mencapai tujuan tempat berkumpulnya para survivors.

5. Peppermint (2018)

Sumber: App Netflix Indonesia (dibuat dengan CANVA)

Jennifer Garner adalah salah satu aktris favorit yang juga mahir memainkan beragam peran. Siapa yang tidak ingat karakternya sebagai Sydney Bristow, seorang agen CIA di serial Alias, atau Jenna Rink, seorang remaja 13 tahun yang berubah menjadi seorang wanita dewasa 30 tahun dalam semalam di film 13 Going On 30.

Es krim rasa coklat peppermint menjadi simbol bagi Riley North untuk memberinya ‘kekuatan’ dalam membalas dendam kematian dua manusia yang sangat dicintainya.

Adanya suatu kesalahpahaman yang melibatkan suaminya, membuat geng gembong narkoba marah. Malam itu di saat keluarga North (ayah, ibu, dan putrinya) jalan-jalan di suatu carnival dalam rangka merayakan ulang tahun ke-10 sang putri, beberapa orang menembaki mereka bertiga. Dalam peristiwa tersebut, hanya sang ibu, Riley, yang masih hidup.

Lima tahun kemudian, Riley dengan gaya ala la femme fatale menghabisi satu per satu nyawa para penjahat yang bertanggung jawab atas kematian tragis keluarganya. Riley tidak puas dengan sistem yang menurutnya tidak memberikan hukuman yang sepadan dengan perbuatan yang para penjahat tersebut lakukan.

Kabarnya, Jennifer Garner berlatih bertarung menggunakan pisau selama berbulan-bulan demi menjalankan peran ini. Suatu totalitas yang pantas diteladani ya, Mah.

Penutup

Semoga 5 film pilihan yang intens dan bertabur bintang kenamaan ini bisa menghibur ya, Mah. Meskipun sudah jadul, film Enough dan Panic Room tidak pernah gagal membuat saya terpukau meskipun sudah 3 kali menontonnya sejak pertama kali kemunculannya.

Mamah bisa berbagi di kolom komentar jika ada film lain yang recommended yang berbeda genre dari list di atas.

Sekali lagi, Selamat Hari Ibu, Mah!

Default image
Sri Nurilla

Wanita Indonesia

Articles: 10

4 Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: